10 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website Terbaik

Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website Terbaik – SEO On Page adalah bagian dari seluruh proses Search Engine Optimization yang harus anda lakukan untuk blog.

Untuk SEO On Page ini sebenarnya memfokuskan optimasi pada artikel yang sudah kita terbitkan atau yang ingin kita terbitkan. Dengan begitu, artikel tersebut memiliki kemungkinan untuk bersaing dengan artikel lainnya.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa proses Search Engine Optimization On Page yang harus anda lakukan pada konten anda agar bisa tampil pada pencarian teratas. Apa saja proses tersebut?, simak artikel berikut!.

Optimasi SEO On Page Yang Baik dan Benar

1. Konten Dengan Kualitas Terbaik

Konten adalah hal utama yang membuat sebuah website hidup. Semenarik apapunmenariknya website, apabila memiliki konten yang tidak berkualitas, sama saja tidak ada artinya. Konten memegang peranan terbesar pada SEO.

Konten dengan kualitas terbaik memang tidak harus panjang, namun memuat seluruh hal yang pengunjung cari, artinya solutif. Sudah kita ketahui semua bahwa minat baca orang indonesia sangat kecil, jadi anda bisa membuat artikel yang jelas, singkat, dan padat namun solutif.

Fakta di lapangan menyebutkan bahwa kebanyakan blogger, selain membuat artikel human friendly, juga membuat artikel yang google’s friendly, artinya artikel tersebut disukai oleh google. Intinya bagaimana google suka dengan konten kita dan menempatkannya pada hasil pencarian teratas

2. Judul Yang Menarik

clickbait

Orang-orang suka hal yang menarik, untuk pencarian di internet, judul dengan metode clickbait memang kebanyakan disukai daripada judul artikel yang simpel. Namun tetap saya sarankan, gunakan clickbait yang masih ada kaitannya dengan isi artikel.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat judul artikel yang menarik, seperti pemberian angka, clickbait, hingga ajakan. Berikut contoh judul halaman yang menarik dan tidak menarik.

  • Tidak Menarik :
    • Tips Mendapatkan Pengunjung Blog
    • Tutorial Mendapatkan Banyak Klik Pada Pencarian
  • Menarik :
    • 10 Tips Mendatangkan Trafik Blog Paling Akurat, Coba Dari Sekarang!
    • 25 Trik Mendapatkan Banyak Klik Pada Pencarian, Mudah Banget!

3. Gambar Yang Menarik

Gambar yang menarik memiliki banyak konteks, seperti gambar yang relevan dengan artikel, thumbnail clickbait, penggunaan ALT teks yang benar.

Fakta di lapangan memang menyebutkan bahwa konten berisikan gambar memang lebih menarik daripada konten yang hanya berisikan kata-kata saja.

Anda bisa membuat gambar sendiri, dan bisa mendapatkannya dari pencarian google. Saran saya, untuk thumbnail sebaiknya anda membuat gambar sendiri yang sudah anda beri watermark.

4. Kecepatan Loading Website

Cepat lambatnya suatu website juga menjadi patokan apakah suatu website layak berada pada peringkat atas atau tidak. Biasanya website yang memiliki kecepatan bagus akan berada di halaman atas.

Karena sekarang google sangat memperhatikan kenyamanan pengguna, dimana pengguna biasanya akan meninggalkan sebuah website yang memiliki kecepatan loading lambat.

Untuk meningkatkan kecepatan website, Ada beberapa hal yang mempengaruhinya, seperti :

  • Kualitas Hosting Yang Baik
  • Banyaknya file javascript, css, html, dan lainnya.
  • Kualitas dan Banyaknya gambar.
  • Skrip Jquery.
  • Redirect atau Pengalihan Website.
  • Cache Expires Blog.

Banyak Situs Penyedia Layanan Speed Test yang bisa anda gunakan untuk mengetahui Kecepatan Website Anda. Yang Terbaik Diantaranya adalah Google PageSpeed Insight dan GTMetrix. Hanya Dengan Memasukkan URL Website, kecepatan website anda akan terlihat.

5. Template Website yang Responsif

Untuk template website, saya sarankan agar anda beli saja. Karena kualitas template gratisan dan berbayar sangat berbeda, baik untuk blogspot maupun wordpress. Dengan template premium, anda tidak perlu repot mengedit dan membuat template responsif.

Ada banyak sekali situs penyedia template responsif yang bisa anda kunjungi untuk melihat-lihat kumpulan tema web, seperti themeforest, elegantthemes, dan masih banyak lagi.

6. Penempatan Kata Kunci yang Tepat

Untuk penempatan kata kunci yang tepat, anda bisa menempatkan kata kunci pada bagian-bagian penting artikel, seperti di dalam artikel, dalam judul, dan dalam meta deskripsi.

Jangan menempatkan kata kunci terlalu banyak karena bisa dianggap spam oleh google.

Baca Juga :

7. Permalink Singkat dan Deskriptif

URL singkat ini bisa anda sisipi dengan kata kunci dalam sebuah artikel. Berikut contoh penggunaan permalink yang baik dan benar :

  • Contoh Permalink yang tidak baik :
    • dewailmu.id/cara-internetan-gratis/
    • dewailmu.id/sepatu/sepatu-bola/
  • Contoh Permalink yang tidak baik :
    • Riskiaktovan.blogspot.com/?m1
    • Riskiaktovan.blogspot.com/?p=94

8. Meta Deskripsi yang Tepat

Meta Deskripsi adalah Beberapa Kata yang muncul pada halaman pencarian. Terkadang kata-kata tersebut bercetak tebal dan merupakan kata yang dicari pengunjung pada kolom pencarian.

Agar SEO On Page lebih kuat, anda bisa menggunakan meta deskripsi yang berhubungan dengan isi artikel, kata kunci, dan hal yang berhubungan.

9. Link Ke Website Lain

Sebenarnya untuk poin yang satu ini berhubungan dengan SEO Off Page, namun tidak ada salahnya saya membahasnya disini. Karena memang artikel yang baik ini juga memberikan referensi ke website lain.

Misalnya anda membuat artikel tentang tutorial SEO lengkap, saya sarankan agar anda memberikan link rujukan ke website lain yang membahas artikel sama.

Dengan begitu, anda memiliki peluang untuk mendapatkan rujukan balik dari situs yang anda rujuk. Jika tidak mendapatkan rujukan balik, anda tetap akan mendapatkan manfaat dengan menjalin hubungan dengan pemilik website lain.

10. Link Internal yang Relevan

Link internal yang relevan disini maksudnya adalah, link yang anda sisipkan sebaiknya masih satu topik dengan inti artikel. Atau masih ada keterkaitan antara artikel dengan link yang anda buat.

Contoh, jika artikel anda membahas cara memperbaiki wifi error di laptop. Anda bisa menyisipi link driver wifi terbaru, atau penyebab wifi error di laptop.

Dengan begini, peluang untuk mendapatkan peringkat tertinggi bisa anda dapatkan.

11. Bisa Dibagikan Di Media Sosial

Dengan membagikan artikel ke media sosial, peluang untuk mempromosikan website anda menjadi lebih besar. Karena sekarang kebanyakan masyarakat menggunakan sosial media, seperti facebook, instagram, twitter, telegram, dan lainnya.

Strategi ini sangat cocok digunakan oleh blogger pemula, yang mana website mereka belum terkenal. Lakukan secara rutin dan jangan sampai spam.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari hal ini adalah, google akan merekomendasikan artikel anda, karena artikel anda sangat populer di media sosial, mungkin saja ya.

12. Memanfaatkan Heading dan Subheading

Dalam pembuatan artikel, baik di blogspot maupun di wordpress terdapat penajukan atau heading. Dengan adanya hal ini, pembaca akan lebih mudah memahami poin-poin penting di dalam website.

Selain itu, dengan adanya heading, ini akan memudahkan mesin pencari untuk crawling konten dan menemukan topik bahasan dalam sebuah artikel.

Biasanya terdapat heading 1 – 6, anda bisa menggunakan setiap heading yang ada untuk menuliskan kata kunci atau pokok-pokok dalam sebuah artikel.

13. Menggunakan LSI Keyword

lsi keyword

LSI keyword adalah kata kunci yang masih memiliki keterkaitan dengan kata kunci utama. Dengan adanya hal ini, meskipun kata kunci utama anda tidak terlalu banyak, google akan tetap menganggap artikel anda relevan dengan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

Manfaat yang anda dapatkan dari hal ini adalah, website anda bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari dengan kata kunci yang berbeda-beda.

Itulah artikel sekilas tenteang Optimasi SEO On Page yang baik dan benar yang bisa anda lakukan sejak saat ini. Lakukan semuanya dengan sabar, karena dampak SEO akan terasa lama, mungkin saja artikel anda tidak mendapatkan peringkat bagus minggu ini, atau bulan ini, namun bulan depan.

Jangan lakukan hal-hal yang sekiranya SPAM, karena google sangat tidak menyukai SPAM. Sekian, semoga bermanfaat, jika ada hal yang ingin anda tanyakan, tulis di kolom komentar ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 komentar

  1. Pastinya bang Taufik.. Tingkatkan skor SEO biar artikel nongol di Halaman Pertama. Makasih atas kunjungannya

  2. Step by step alias jangan terburu-buru. Setelah membaca postingan ini yang detail ternyata seo website tidak sesulit yang dibayangkan. Tks gan.