Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar

Optimasi Seo On Page –  Bagi anda Pemilik Blog tentunya sangatlah penting untuk mempelajari SEO ON-Page. SEO On-Page Merupakan Potongan Dari Seluruh Proses SEO. Semua Pemilik blog tentunya ingin kontennya mendapatkan peringkat terbaik di SERP / Mesin Pencari khususnya Mesin Pencari Google. Maka Dari itu Optimasi SEO On-Page ini Sangatlah penting untuk memperkuat Konten dan Blog anda agar Dapat Meningkatkan Traffic Blog dan Memperbaiki Pagerank Blog Anda.
Selain itu, Optimasi SEO On-Page memiliki tujuan agar mesin pencari mengetahui apakah Konten dan Situs anda Relevan Serta Benar-benar memiliki kualitas Terbaik.

Optimasi seo on page Mempunyai Inti Bahwa Anda Harus mengoptimalkan situs anda agar:

  • Situs anda memiliki manfaat yang baik bagi pengunjung
  • Mempunyai Pandangan yang baik dari mesin pencari
  • Pengunjung benar-benar betah dan ingin berkunjung kembali
  • Memudahkan pembaca mendapatkan informasi yang Tepat tanpa merasa kesulitan
  • Mendapatkan traffic yang bagus dan Pagerank tinggi 
Kenapa Saya harus Repot Mengoptimasi Konten dan Website Saya? Itu Sangatlah Menyita Waktu dan Hasilnya akan sama saja. Lebih baik saya mengoptimasi nya otomatis Melewati jasa pihak Ketiga.

Jawaban dari pertanyaan anda yakni….

 Mesin pencari bisa mengetahui kepuasan pengunjung dari situs yang mereka kunjungi.
Apabila ada pengunjung yang merasa bosan dan tidak puas dengan Halaman yang mereka kunjungi karena merasa bahwa situs mempunyai tampilan yang tidak sedap dipandang mata, Artikelnya kurang pas, dan mereka merasa kesulitan Mendapatkan informasi maka mereka akan meninggalkan situs itu dan mencari situs lain yang lebih baik. Betul betul betul?  Hehehe Pasti betul.
Maka dari itu Konten dan Situs yang ter optimasi SEO On Page dengan baik dan benar cenderung memiliki traffic blog, dan Pagerank yang tinggi daripada situs yang belum teroptimasi SEO On-Page dengan baik dikarenakan Mesin pencari ingin menampilkan situs-situs Berkualitas terbaik dari tampilan, Konten, dan Navigasi yang Memuaskan Pengunjung.
Dan Jangan Coba-coba mengoptimasi dengan Otomatis melalui jasa pihak ketiga, Karena Semua yang Otomatis Mengarah Kepada SPAM, dan SPAM Sangat tidak disukai oleh mesin pencari khususnya Google, Bisa bisa anda nanti akan di Hukum Oleh Google. Lebih baik mengoptimasi secara manual dan natural karena itu lebih baik.

Banyak Faktor optimasi seo on page  yang mempengaruhi Kepuasan pengunjung dari Halaman Website, Yakni:

  • Konten
  • Judul
  • Gambar
  • Kecepatan Website
  • Template Website
  • Kata Kunci/Keyword
  • URL
  • Meta Description
  • Outbound Link
  • Inbound Link
  • Social Sharing

1. Konten Dengan Kualitas Terbaik 

Optimasi seo on page yang pertama yakni Konten – Konten adalah hal utama yang membuat sebuah website Hidup, Semenarik menariknya website, apabila Memiliki Konten yang tidak berkualitas, Sama saja Gayanya 1000 Tapi isinya 1. Hehehe gak ada gunanya. Konten memegang Peranan Terbesar bagi Perkembangan Website dan juga Optimasi SEO On-Page.
Ada banyak blog yang mempunyai artikel lebih dari ratusan tapi mereka tidak bisa mendapatkan peringkat teratas, kenapa? Karena Konten Mereka tidak Berkualitas. Dan kadang ada blog yang hanya memiliki puluhan artikel tapi bisa mendapatkan peringkat terbaik di SERP, Kenapa? Karena mereka mengedepankan Kualitas Artikel. Mustahil Mendapatkan Peringkat Terbaik di SERP atau Mesin Pencari tanpa memiliki konten berkualitas.
Banyak Pemilik Blog bingung Apa itu Konten berkualitas,  apakah itu konten yang panjang? Tidak juga, Konten yang Berkualitas adalah konten Yang :
  • Jelas, Singkat dan Padat, Meskipun singkat, tapi bisa menyelesaikan masalah pengunjung. Sehingga pengunjung tidak Perlu mencari Konten lain yang Sejenis.Itulah yang dicari, Karena Zaman sekarang jarang sekali ada yang suka membaca Tulisan Panjang.
  • Memberikan Kesan yang baik di mata pengunjung.
  • Lebih baik dibandingkan Konten Lainnya yang Sejenis.
  • Tidak berbelit-belit, Karena Pengunjung tidak suka dengan omong kosong.
  • Menarik Pengunjung Hingga Berlangganan Konten anda.

Itulah ciri konten yang berkualitas.

Dan Biasanya Panjang Artikel Bisa Mempengaruhi  Kedudukan Website di Pagerank. Saya sarankan Buat Arikel Yang Mempunyai Panjang Kurang Lebih 1500 Kata. Kenapa saya sarankan untuk membuat artikel yang panjang? Karena Artikel Yang Panjang Cenderung Mempunyai Penjelasan Lengkap.
Dan hindari membuat konten yang Mesin pencari terutama Google pun Menentang nya Seperti :
  • Meng Copy Paste atau Tidak Original.
  • Tidak Mempunyai nilai di mata Google.
  • Terlalu banyak omong kosong.
  • Tidak menyelesaikan permasalahan pengunjung.
Jangan Sampai anda memiliki konten yang masuk kategori diatas, karena akan sangat sulit Bersaing dengan konten lain yang sejenis dan Mendapatkan peringkat tinggi di Mesin pencari.
Google Selalu mengupdate algoritmanya,  sepintar pintarnya anda mengakali Google dan Mesin pencari lainnya, Pasti Suatu saat past akan ketahuan. Maka dari itu hindari hal hal diatas Terutama Copy Paste.
Buatlah Konten Original anda sendiri, anda bisa juga membuat konten dengan cara Mengumpulkan Informasi dari Beberapa Situs dan merangkumnya menjadi Satu. Itulah Teknik yang saya lakukan di Blog saya agar bisa mencakup seluruh pengertian yang Blog Lain Terbitkan.

2. Judul Halaman Yang Menarik

Buat Judul Yang unik dan Berbeda agar seseorang tertarik untuk berkunjung,
Judul yang menarik lah yang membuat minat seseorang berkunjung, Contoh :
Ada 2 artikel sejenis yang berjudul Cara Menanak Nasi dan 3 Cara menanak nasi dengan Cepat dan Benar. Anda Pasti akan Mengklik Yang Nomor 2, Karena Mempunyai Judul Menarik.
Pembuatan judul konten yang baik dan unik bisa membuat konten berada pada halaman Pertama serp.

3. Gambar Yang Menarik

Apabila anda menemui website yang isinya Teks semua tanpa ada gambar Bagaimana perasaan anda sebagai pengunjung?  Merasa Bosan kan? Apalagi kalau Teks nya panjang, pasti anda Malas membacanya, Saya Yakin pasyi anda malas. Maka dari itu, Sebagai Pemilik website yang baik, anda wajib menyelingi tulisan dengan Gambar agar pengunjung tidak merasa bosan. Lebih baik lagi jika anda menambahkan video, itu bisa menjadi nilai plus besar bagi website anda.
Tapi Saran Saya kepada anda para pemilik blog, gunakan gambar yang berhubungan dengan konten yang sedang anda buat dan jangan berlebihan atau terlalu banyak.
Gunakan Format gambar yang bagus, dalam arti memiliki kualitas baik dan ukuran yang kecil. Apabila ukuran gambar terlalu besar, anda bisa mengkompres gambar tersebut.
Optimasi seo on page pada gambar bisa menambahkan Atribut Alt dengan cara klik Gambar dan Pilih properti, nanti ada Alt Title dan Alt Teks.

4. Kecepatan Loading Website 

Optimasi seo on page kecepatan webiste juga sangat penting – Cepat/Lambatnya Loading Website Bisa menjadi penentu Website Anda Masuk ke Jajaran Top-10 Pagerank Google.
Tentu saja Website yang cepat banyak diminati pengunjung. Karena Pengunjung tidak mau membuang waktu untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Contoh: ada 2 website yang memiliki konten sama, Website A Memiliki Kecepatan Loading 1,2 Detik, sedangkan website B Memiliki Kecepatan Loading 0,4 Detik, Tentu saja banyak orang memilih Website B. Karena banyak yang memilih Website B,  Tentu saja Google Merekomendasikan Website B Ke pagerank Pertama Google daripada website A meskipun Kontennya sama.

Ada Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Kecepatan Website :

seo on-page,optimasi seo,optimasi seo on-page,optimasi website,seo,membangun website
  • Kualitas Hosting Yang Baik
  • Banyaknya file   .js  .css dan Javascript Internal.
  • Kualitas dan Banyaknya Gambar.
  • Skrip Jquery.
  • Redirect atau Pengalihan Website.
  • Cache Expires Blog

Banyak Situs Penyedia Layanan Speed Test yang bisa digunakan untuk mengetahui Kecepatan Website Anda. Yang Terbaik Diantaranya adalah Google PageSpeed Insight dan GTMetrix. Hanya Dengan Memasukkan URL Website, Semua Permasalahan yang menyebabkan kecepatan website terhambat akan Tertera.

Dan Saya sarankan apabila website memiliki kecepatan dibawah 75% maka Segeralah Perbaiki Agar Lebih Cepat. Selain itu Kompres Gambar Sekecil Mungkin Untuk mendapatkan Kecepatan Yang maksimal.

Berikut Tutorial Kompres gambar Via Adobe Photoshop

5. Template Website yang Menarik

Apabila Website Sobat memiliki Template default Bawaan Situs tersebut, Sebut Saja Contoh nya Blogger, Tentu saja Template Tersebut Terlihat Biasa Biasa saja, maka dari itu dengan Menambahkan Variasi dan Beberapa Skrip HTML dan Javascript maka Template Website akan terlihat lebih menarik.

Banyak Pemilik Website lebih memilih Mendownload Template dari pihak ketiga Daripada Harus pusing pusing mengatur template default. tentu saja hasilnya akan lebih bagus menggunakan template download karena menurut saya enak dipandang mata dan Tentu saja Lebih SEO.

Contohnya Simpel : Ada 2 Cewek. Satu Cantik dan Yang Satunya Biasa Aja, Tentu saja Para Cowok Cenderung Memilih yang Cantik. Betul?

Tapi Kelemahannya, Apabila Ada Elemen Yang rusak pada Template Download dan anda malas memperbaikinya secara manual dengan edit HTML, Maka anda harus belajar mulai dari awal lagi mengatur HTML nya. Tetapi jika Anda Menggunakan template default, anda bisa Belajar edit HTML atau Coding dari awal anda membuat Website.

Jika Anda tidak mau repot meng edit Template Default dan ingin mencari Template yang anda Rasa Cocok dan bagus, Berikut Situs Penyedia Template Blog Terlengkap

6. Kata Kunci Banyak Dicari dan Tepat Sasaran Carilah Keyword yang menurut anda banyak dicari dan bisa menyelesaikan permasalahan orang yang mencarinya.

Contoh : Ada Seseorang ingin Mencari cara Menyelesaikan Permasalahan Rambut Rontok, Maka anda harus jeli memahami Keyword yang berkaitan dengan Permasalahan Rambut Rontok. apakah itu “Mencegah Rambut Rontok” atau Obat Rambut Rontok”. Anda Sebagai Pemilik Website Harus Jeli memilih keyword yang tepat, apakah Seseorang ingin mencari cara MENCEGAH masalah atau cara MENGOBATI masalah.

Misal, Apabila konten anda Mengandung isi tentang cara mengobati kanker, tapi keyword anda Berbunyi cara mencegah kanker, jelas saja tidak akan cocok. Maka intinya Kejelian anda dalam Memilih Keyword yang tepat sasaran akan menentukan baik tidak nya konten anda Dihadapan Mesin Pencari Terutama Google.

Jangan Lupa Tambahkan Title Tag Pada Atau Kata Kunci yang Berada Pada Judul

Dan Terus Bagaimana cara Menyertakan optimasi seo on page Keyword dalam Konten?

Singkat Saja, Anda bisa menyertakannya dalam judul, URL atau Deskripsi Konten.

Lebih Lengkapnya Baca Riset Kata Kunci Terbaik Untuk Setting Kata Kunci Website Anda.

7. URL Singkat dan Deskriptif

Dalam Optimasi SEO ON-PAGE peran URL dalam mendongkrak konten ke peringkat yang lebih tinggi tidak begitu Besar, namun Bisa menjadi pendukung yang baik dalam meraih popularitas.

Buat Para pemilik Website terutama yang newbie atau pemula, gunakan URL yang singkat, jelas dan padat. Artinya dalam sebuah URL yang singkat, bisa mewakili seluruh konten uang terdapat di dalamnya.

CONTOH URL Yang Baik :

Riskiaktovan.blogspot.com/cara-internetan-Gratis/

Riskiaktovan.blogspot.com/sepatu/sepatu-bola/

CONTOH URL yang tidak Baik:

Riskiaktovan.blogspot.com/?m1
Riskiaktovan.blogspot.com/?p=94

Itulah Contoh URL yang baik dan tidak. Cermat lah dalam memilih URL Bagi Konten Anda.

8. Meta Description yang Tepat

Optimasi seo on page selanjutnya yakni Meta Deskripsi – Meta Deskription Adalah Beberapa Kata yang muncul dan biasanya Bercetak Tebal pada halaman Pencarian. Hal Tersebut merupakan kata yang dicari pengunjung pada kolom search engine.

Elemen ini sebetulnya tidak begitu berpengaruh pada Peningkatan pagerank. Tapi agar SEO ON-PAGE lebih sempurna ada baiknya disempurnakan dengan meng Optimasi nya.

Ini bisa menambah nilai SEO Anda. Apabila Anda Seorang Newbie dan Tidak mengetahui Elemen Meta Description ini sudah di Optimasi apa belum di Website anda, Bisa Cek di Situs Chkme.com dan Nanti ada Tulisan Website Description atau Deskripsi Website dan Website Keyword atau Kata Kunci Website.

9. Link Ke Website Lain

Namanya Saja Outbound Link. Artinya Link Ini Ada Di Luar Website Anda.
Bingung? Begini Artinya, Ini Adalah Link Website Orang Lain yang terdapat Pada Website Sobat, Atau Link Website Lain yang Sobat Cantumkan di Website Sobat.

Pemahamannya Begini, Anda Mempunyai konten Ber judul “Cara Membeli Handphone Bekas Yang Berkualitas”. Karena Website anda Baru dan Anda pemula, maka Konten Anda tentu saja pasti sulit mendapatkan peringkat tinggi di SERP, Terus anda Berniat Menanamkan Link sebuah website besar ke Konten anda agar konten anda juga ikut terkenal. Cara kasarnya, Numpang sama Website besar.

Logikanya, Ada 2 Orang Pedagang HP, Harganya sama, Yang Satu Mendapatkan Pasokan HP dari Pabrik Besar di Jakarta dan Yang satunya tidak diketahui sumber pasokannya, dan bisa dibilang barang curian, Tentu saja Banyak Yang membeli HP di Pedagang yang mendapat Pasokan dari jakarta karena Sumbernya Jelas.

10. Link yang Memperkuat Konten Satu dengan Lainnya

Ini Merupakan Link yang terdapat Dalam Website anda, tujuannya Yaitu mempermudah navigasi dan Memperkuat Konten satu dengan yang lain.

Contoh: Anda Mempunyai 2 Konten, Satu berjudul “Cara Internetan Gratis” dan satunya ber judul “Internetan Gratis Via HTTP Injector”. Nah, Topik nya kan Sama yakni Internetan Gratis, Maka Anda bisa membuat 1 Konten yang memiliki 2 Link dengan cara mengaitkannya.

11. Bisa Di Bagikan Di Berbagai Media Sosial

seo on-page,optimasi seo,optimasi seo on-page,optimasi website,seo,membangun website

Ini bisa menjadi alternatif bagi Konten yang tidak bisa muncul di Organic Search karena tingginya tingkat persaingan.

Dengan Adanya Social Share, akan berdampak Secara tidak langsung terhadap pagerank, Yaitu :

  • Tentu saja Penambahan Jumlah Pengunjung.
  • Website semakin Dikenal.
  • Menambah kepuasan pengunjung ( Tergantung Anda bisa Memuaskan Pengunjung apa tidak).
  • Backlink.

Cara Ini yang menurut saya paling cepat dalam mempromosikan Website. Ketika Website anda banyak dikenal masyarakat, maka banyak yang akan mencari Website anda Lewat Search Engine, Dan Tentu saja Organic Search akan Bertambah dan Pagerank Pun Akan Meningkat.

Teknik Ini cocok bagi anda yang masih Newbie.

Sekian Cara Optimasi SEO On Page Yang Baik dan Benar secara Panjang Lebar.

semoga artikel ini bermanfaat Buat anda dan Dapat menyelesaikan Permasalahan Anda. Manfaat Dari SEO Untuk Website Bisa anda Ketahui dengan membaca Manfaat Pengaplikasian SEO Yang Baik Dan Benar Pada Website.

Terima Kasih Atas Kunjungannya 
seo on-page,optimasi seo,optimasi seo on-page,optimasi website,seo,membangun website

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. Pastinya bang Taufik.. Tingkatkan skor SEO biar artikel nongol di Halaman Pertama. Makasih atas kunjungannya

  2. Step by step alias jangan terburu-buru. Setelah membaca postingan ini yang detail ternyata seo website tidak sesulit yang dibayangkan. Tks gan.