√ Cara Riset Kata Kunci Blog Paling Baik dan Efektif

Cara Riset Kata Kunci Blog Paling Baik dan Efektif – Untuk memenangkan persaingan pada halaman teratas mesin pencari, khususnya google, disini penting namanya riset kata kunci.

Mulai dari dasar, pondasi web, hingga artikel wajib memuat kata kunci terbaik untuk memenangkan persaingan. Setiap blogger wajib mengetahui hal yang satu ini, karena jika tidak mengetahui hal yang satu ini, bisa saja website anda kalah dalam persaingan.

Orang yang mencari informasi di internet, kemungkinan besar hanya mengklik artikel yang berada pada halaman pertama pencarian. Jarang sekali ada orang yang mengklik halaman selanjutnya, mungkin saja sesama blogger yang mencari referensi.

Maka dari itu, disinilah peran penting riset kata kunci. Lantas apa saja yang harus kita lakukan dalam konteks riset keyword?, simak ulasannya berikut ini!.

Cara Riset Kata Kunci

A. Jenis Keyword

Terdapat beberapa jenis kata kunci dalam persaingan yang wajib anda ketahui, berikut jenis-jenisnya :

  • Short Tail Keyword = Pendek, sering digunakan dalam persaingan dengan volume tinggi.
  • Middle Tail Keyword = Sedang, sering blogger gunakan dalam persaingan volume sedang – tinggi.
  • Long Tail Keyword = Panjang, digunakan dalam persaingan volume rendah – sedang.
  • Keyword Musiman = Banyak blogger gunakan dalam waktu-waktu tertentu, seperti tahun baru, waktu musim hujan, musim kemarau, dan sejenisnya.
  • Eternal Keyword (Keyword Abadi) = Artinya, keywrod ini sering orang gunakan dalam persaingan rendah hingga tinggi, namun berbentuk tutorial yang selalu dicari.

B. Cara Mencari Kata Kunci

1. Mencari Benih Keyword (Short Tail)

Bila anda ingin membeli handphone samsung, maka yang akan anda cari adalah toko handphone. Begitupun cara setting keywordnya. Anda dapat menggunakan kata kunci : toko ponsel, gerai ponsel murah, dan sejenisnya.

Apabila blog anda menjelaskan tentang makanan, maka benih keywordnya yakni komposisi makanan, rasa, bahan bahan, dan yang berhubungan dengan makanan. Misalnya saja = bahan untuk membuat pentol, restoran masakan padang terdekat.

Dari keyword itulah anda dapat menentukan kata kunci yang pas untuk artikel anda.

2. Mencari Long Tail Keyword

Setelah mendapatkan benih keyword, anda harus mencari kata kunci persaingan rendah. Berikut caranya :

  • Pergi ke https://neilpatel.com/ubersuggest/
  • Masukkan kata kunci yang sudah anda pikirkan pada kolom yang tersedia.
  • Pilih Bahasa yang anda inginkan
  • Pilihan web tetap jangan diubah, klik Cari
  • Kemudian akan muncul daftar rekomendasi keyword yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukkan.
  • Daftar Keyword di hasil pencarian masih mempunyai sub atau daftar keyword lain di dalamnya, tinggal anda klik tombol + dan otomatis akan keluar daftar keyword lagi. Itulah yang dinamakan Long Tail Keyword.
setting kata kunci, riset kata kunci, riskiaktovan.blogspot.com
  • Jika Sudah klik Select All Keyword
riset kata kunci, analisis persaingan, setting kata kunci, riskiaktovan.blogspot.com
  • Klik Get
ubursuggest
  • Kemudian Copy Paste Hasil Get tadi ke dalam Microsoft Word atau Notepad
    kata kunci blog, riset kata kunci, riskiaktovan.blogspot.com
  • Upload keyword yang telah anda simpan di komputer anda tadi
  • Klik “Get Search Volume”

Dengan menggunakan ubursuggest versi terbaru, anda juga bisa melihat persaingan SEO, harga CPC, dan masih banyak informasi lainnya.

C. Melihat Keyword Pada Google Trend

Agar lebih optimal, anda bisa mencari kata kunci yang sudah didapatkan sebelumnya dari ubursuggest di google trend. Penggunaan Google Trend ini sebenarnya sangat optimal untuk website berita dan hal hal yang berhubungan dengan viral.

Selain itu, penggunaan Google Trend juga sangat cocok untuk website dengan jenis keyword musiman. Untuk website tutorial, penggunaan google trend cenderung tidak berpengaruh.

Anda dapat menggunakan google trend pada halaman https://trends.google.co.id/trends/.

Baca Juga :

D. Penerapan

Untuk penerapan pada artikel, anda bisa meletakkan long tail keyword yang di dalamnya sudah termasuk short tail keyword pada beberapa bagian artikel, seperti Judul, Meta Deskripsi, awal artikel, akhir artikel, hingga url artikel, namun ingat jangan SPAM ya.

Jika di wordpress, anda bisa melakukannya dengan bantuan Plugin Yoast SEO, plugin ini bisa mengukur banyak sedikitnya keyword dalam sebuah artikel, jadi jika keyword terlalu banyak, plugin ini akan memperingatkan bahwa hal tersebut adalah spam.

Untuk blogspot, anda bisa mengakalinya dengan membuat artikel pada dashboard wordpress dan memindahkannya pada blogspot jika sudah selesai.

Jadi itulah tutorial riset kata kunci untuk website yang baik dan benar. Anda bisa menerapkannya mulai dari sekarang. Jika ada masukan dan kritikan, tulis di kolom komentar ya teman-teman, semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar