Cara Registrasi IMEI HP Luar Negeri Yang Baik Dan Benar

Cara Registrasi IMEI HP Luar Negeri Yang Baik Dan Benar – Mungkin anda saat ini ataupun dulu pernah jalan-jalan ke luar negeri?, lalu melihat smartphone bagus dengan harga yang terjangkau?, mungkin saja anda membelinya?. Tapi tahukah anda ketika beli hp di luar negeri belinya ketika dipakai di Indonesia tidak bisa dipakai.

Hal ini memang masih sebatas informasi yang banyak belum orang mengetahui. Padahal ini adalah informasi yang begitu penting dan wajib untuk semua orang mengetahuinya. Loh kenapa bisa begitu?, hal ini dikarenakan adanya IMEI agar bisa diakses di Indonesia. Maka dari itu apabila anda beli hp di luar negeri, dan ingin menggunakan di Indonesia, ada hal yang perlu kalian lakukan, yakni mendaftarkan IMEI pada hp yang dibeli dari luar negeri.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa daftarin IMEI dengan mudah?, tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan step by step mengenai caranya. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan cara di bawah ini.

Cara Daftar IMEI untuk Hp Dari Luar Negeri

1. Download Aplikasi Mobile Beacukai

imei registrasi form

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mengunduh aplikasi Mobi form yang telah disedikan pada aplikasi. Lalu silahkan lengkapi juga dengan teliti dan benar. Ini merupakan aplikasi yang dirilis Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang memiliki ukuran 6MB.

2. Mengisi Data

form imei

Untuk langkah berikutnya anda perlu menyiapkan NPWP karena disitu akan dimintai dari identitas beserta nomor pajak yang disertakan untuk ponsel yang dibeli. Lalu akan dimintai juga mengenai info nomor penerbangan yang digunakan untuk membawa ponsel tersebut. Jika anda sudah siap mengisi berbagai macam jenis data yang diminta, setelah itu anda akan mendapatkan sebuah kode QR yang dimana berisikan registrasi ID yang dimana ini digunakan untuk daftar.

Baca Juga :

3. Pengecekkan

Apabila sudah mendapatkan kode QR lalu sudah siap juga mendaftarnya, pengguna dapat membawanya ke bagasi. Selain itu bisa juga dari luar negeri ke pos lalu menuju proses pengecekkan dari Bea Cukai di bandara. Biasanya petugas akan melakukan sebuah pemindaian pada kode QR. Jika dirasa sudah selesai melakukan pengecekkan maupun pemeriksaan maka pada saat itu akan mendapatkan nomer IMEInya. Selesai!

Jadi cuma seperti itulah cara registrasi imei hp luar negeri dengan mudah. Mungkin banyak orang yang beranggapan caranya agak ribet, tapi ya memang prosedurnya seperti itu. Selain itu mungkin anda mengira bahwa turis juga melakukan hal tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa aplikasi tersebut tidak hanya untuk daftar IMEI saja melainkan untuk tracking barang dari luar negeri pun juga bisa.

Eits di sini ada pengecualian ya untuk para turis, dikarenakan turis biasanya menggunakan kartu SIM asing jadi memang tidak perlu mendaftar lagi. Apabila ingin menggunakan kartu yang ada di Indonesia, maka bisa membeli di gerai-gerai pinggir jalan ataupun konter-konter.

Namun untuk masa aktifnya pun tidak selama yang dimiliki oleh orang Indonesia sob. Sampai di sini mendaftarkan nomor Imei memanglah sangat perlu. Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa hal ini dilakukan?

Hal ini memiliki tujuan agar peredaran ponsel ilegal yang biasanya berasal dari black market dapat terputus rantainya. Tentu saja hal-hal semacam itu bisa merugikan negara dan menguntungkan oknum-oknum tertentu saja.

Jadi kalau anda gak mau ribet untuk daftarin imei, mending beli hp di Indonesia dan otomatis tinggal pakek gak perlu pusing-pusing mikirin imei lagi. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, apabila ada pertanyaan silahka tanya, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *