16 Dampak Negatif Media Sosial Dan Positifnya Yang Wajib Diketahui

16 Dampak Negatif Media Sosial Dan Positifnya Yang Wajib Diketahui – Bukan rahasia lagi jika kita hidup di era modern yang sangat bergantung pada internet dan media sosial. Berbicara tentang media sosial sekarang ini bisa dibilang merupakan kebutuhan primer.

Bagaimana bisa dibilang primer?, karena hampir setiap orang mempunyai gadget. Sekarang ini dibilang kuota internet lebih murah daripada pulsa, jadi mereka lebih memilih kuota internet. Dengan kuota internet kita tidak hanya bisa sms/chattingan dan melakukan panggilan internet.

Kita bisa menonton video di youtube, mendownload file, dan membuka sosial media. Karena setiap manusia pasti membutuhkan orang lain, mau tidak mau mereka harus berhubungan dengan orang lain. Dimana lagi ingin ngobrol dengan orang lain selain harus bertatapan muka kalau tidak lewat media sosial.

Mungkin inilah alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan media sosial ketimbang harus menghubungi orang lain lewat sms. Banyak kelebihan dari media sosial dibanding sms biasa, contohnya di media sosial kita bisa melihat foto orang yang kita ajak chatting, sedangkan sms tidak dapat melakukan hal seperti itu.

Namun dibalik kelebihan yang dimiliki media sosial, banyak sekali dampak dari penggunaan media sosial. Ada dampak positif dan juga negatifnya. Tergantung orang yang menggunakan media sosial tersebut, berikut dampak positif dan negatif media sosial yang wajib anda ketahui sebelum anda menggunakannya untuk disalah gunakan.

Dampak Negatif Media Sosial

dampak negatif sosial media

1. Kecanduan Media Sosial

Memang menggunakan media sosial sangat mengasyikkan, saya pun setiap hari pasti ada kalanya membuka media sosial seperti facebook, google+ atau instagram saya untuk mendapatkan informasi terbaru. Akibat kebiasaan ini saya jadi kecanduan dan tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini.

Mungkin anda juga mengalami hal yang sama dengan yang saya alami. Namun kembali ke anda sendiri, saya sarankan jangan berlebihan menggunakan media sosial karena jika kecanduan maka sulit menghilangkannya. Pengecualian untuk blogger seperti saya yang setiap hari wajib cek status terbaru tentang blogger.

2. Kurang Sosialisasi Di Dunia Nyata

Jika seseorang yang aktif di media sosial, kebanyakan dari mereka kurang sosialisasi di dunia nyata. Karena mereka terbiasa lebih aktif di media sosial. Jadi untuk melakukan sosialisasi rasanya sulit untuk mereka. Jadi saya sarankan imbangi kebiasaan anda aktif di media sosial dengan bersosialisai di dunia nyata.

3. Memungkinkan Seseorang Menjadi Individualis

sibuk main hp

Lihat gambar diatas, itulah yang terjadi jika anda terlalu menyibukkan diri dengan gadget terutama digunakan untuk media sosial. Jadi, anda hanya fokus ke layar handphone dan tidak mementingkan keadaan dan orang-orang di sekitar anda. Jika ini anda teruskan maka sifat individualis akan menjadi salah satu bagian dari diri anda.

4. Waktu Terbuang Sia-sia, Karena Waktu Tersebut Bisa Digunakan Untuk Hal Yang Lebih Bermanfaat

Untuk hal ini saya rasa hampir 80% benar jika seseorang sedang menggunakan gadget mereka terutama untuk chattingan bisa-bisa mereka sampai tidak tahu waktu. Hanya sedikit orang yang bisa mengatur waktu dimana mereka harus melakukan suatu hal yang penting dan mana yang digunakan untuk santai.

Akibat hal ini kewajiban penting seperti sholat 5 waktu, belajar, sekolah, kerja, dan kewajiban serta kepentingan lainnya jadi terganggu. Padahal jika digunakan untuk hal yang penting maka bisa saja anda menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

5. Kurang Pergaulan

Kata banyak orang memang menggunakan media sosial yang berlebihan akan menimbulkan kurangnya pergaulan seseorang di dunia nyata. Karena mereka selalu fokus pada gadget mereka, mereka jadi lupa lingkungan, orang, dan masyarakat sekitar.

6. Stress Dan Cenderung Tertekan

Saya rasa ini juga ada betulnya, disaat anda sedang sibuk dengan gadget maka anda cenderung tidak mau diganggu dan terganggu. Anda pasti akan berpikir bagaimana caranya agar tidak terganggu, dan akibat inilah anda akan berusaha tempat yang sepi. Bayangkan jika ada seseorang yang mengganggu anda?.

Saya rasa anda pasti akan merasa tertekan, apalagi jika handphone anda disita oleh orang tua. Pasti anda akan merasa stress jika tidak memegang handphone minimal seharian, saya yakin sekali karena saya juga pernah mengalami hal tersebut. Jika sudah seperti ini lama kelamaan anda pasti akan tertekan bahkan marah.

7. Digunakan Untuk Menyebarkan Kejahatan, Hoax, Dan Kejahatan Lainnya

hoax

Sudah diketahui bahwa kejahatan di internet sangat marak belakangan ini, berita penghasutan, hoax, dan hal sejenis terus beredar tanpa henti bagai air yang mengalir. Biasanya pihak tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan media sosial seperti facebook, google+, twitter, dan media sosial lain untuk melancarkan aksinya.

Maka dari itu, dampak negatif media sosial yang satu ini sangat merugikan orang lain karena selain diri sendiri juga dapat menimbulkan kesalah pahaman pihak lain. Akibat hal ini, beberapa bulan yang lalu telegram di blokir oleh pemerintah indonesia, untung pemerintah masih berbaik hati tidak memblokir facebook.

8. Cenderung Kurang Istirahat Dan Dapat Menurunkan Kesehatan

Saya rasa anda semua setuju dengan saya jika seseorang sering bermain gadget sampai larut malam pasti mereka kurang tidur, akibat dari kurang tidur inilah kesehatan anda akan menurun dan tentu saja anda akan mudah terserang penyakit. Maka dari itu jangan sering-sering main gadget terutama untuk media sosial.

Ngomong-ngomong tentang media sosial, berikut cara mengembalikan akun media sosial facebook yang dinonaktifkan oleh pihak facebook terbaru.

9. Digunakan Sebagai Sarana Transaksi Ilegal

Dampak negatif media sosial yang terakhir ini memang sangat mengerikan, penjahat dari seluruh dunia bisa saja berkumpul melakukan transaksi barang-barang ilegal melalui media sosial. Bisa diketahui bahwa penggunaan media sosial ini bersifat umum yang berarti media sosial bisa digunakan oleh siapapun termasuk para penjahat.

Dampak Positif Media Sosial

dampak positif media sosial

1. Sumber Informasi

Dampak positif media sosial yakni sumber informasi. Saya rasa media sosial merupakan tempat berrkumpulnya berbagai informasi di seluruh dunia, terutama di indonesia. Setiap hari pasti seseorang mempunyai berita berupa informasi dan pengetahuan, dan biasanya mereka menyebarkan informasi tersebut melalui media sosial.

2. Media Komunikasi

Untuk yang satu ini pasti anda semua tahu bahwa media sosial memang diciptakan untuk menjalin hubungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. Dengan adanya media sosial, maka hidup kita terasa lebih mudah karena kita bisa berhubungan dengan orang lain tanpa menggunakan surat.

3. Hiburan

Selain sebagai sumber informasi, media sosial juga memiliki banyak hiburan seperti game online. Sekarang ini marak sekali game online yang bisa dimainkan melalui media sosial terutama game online di facebook. Jika anda jenuh, maka anda bisa main game online melalui facebook tanpa harus mendownload game tersebut.

4. Media Pertukaran Data

Selain sebagai media komunikasi, hiburan, dan sumber informasi media sosial juga bisa digunakan sebagai media pertukaran media seperti gambar, data dalam bentuk dokumen, musik, hingga dalam bentuk video. Anda bisa melakukan pertukaran data di media sosial dengan mudah tanpa halangan.

5. Sebagai Tempat Promosi

Memang bisa dibilang dampak negatif media sosial sangat mengerikan, namun pengecualian untuk yang satu ini. Mengapa demikian?, karena jika anda tidak melakukan promosi lalu bagaimana produk/bisnis anda bisa laku dan berkembang?.

Nah, media sosial ini merupakan tempat yang cocok untuk anda mempromosikan bisnis tersebut. Selain gratis, media sosial setiap hari di akses seluruh orang di dunia, apalagi media sosial facebook yang merupakan raja media sosial. Promosikan bisnis anda melalui facebook ads atau di grup facebook.

6. Media Memperbanyak Teman

Meskipun hanya sebatas dunia maya, media sosial merupakan sarana yang cocok untuk anda mencari teman baru. Mengapa demikian?, karena anda bisa ngobrol dengan mereka tanpa harus bertatap mata langsung menggunakan fitur video call. Sekarang sudah ada media sosial yang mendukung fitur video call.

7. Tidak Gagap Teknologi

gagap teknologi

Jika anda sudah terbiasa memegang gadget setiap hari, terutama untuk bermain game atau chattingan di media sosial maka suatu saat jika anda mempunyai tugas seperti mengetik makalah dan membuat presentasi maka anda sudah tidak bingung lagi karena itu adalah makanan anda sehari-hari.

Jadi itulah beberapa dampak negatif media sosial dan positifnya yang bisa saya bagikan untuk anda agar anda bisa memilih dan memilah yang mana yang wajib anda tiru dan yang mana yang tidak boleh anda tiru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda maniak media sosial.

Jika anda memiliki referensi lain yang berhubungan dengan artikel ini, anda bisa memasukkanya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Sekian, terima kasih atas kunjungannya. Semoga anda betah di situs ini, jangan lupa balik lagi ya guys!!.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!