oleh

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 Yang Harus Kamu Tahu

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 Yang Harus Kamu Tahu – Windows 10 merupakan versi Windows terbaru yang dimiliki Microsoft saat ini. Meskipun begitu masih banyak pengguna yang enggan melakukan upgrade dan lebih memilih bertahan menggunakan Windows lama seperti Windows 7 atau yang lainnya. Tentu saja ini karena banyak alasan, seperti karena faktor malas beradaptsi dengan fitur dan tampilan baru, spesifikasi perangkat yang tidak memadai, atau alasan lainnya.

Sebenarnya semua versi Windows memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang menjadi alasan tersendiri bagi pengguna yang memilih versi Windows yang digunakan masing-masing. Begitu pula Windows 10 yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu dalam artikel kali ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang perlu Anda tahu.

Saat ini pihak Microsoft sendiri tengah mensosialisaikan bagi pengguna Microsoft untuk beralih ke Windows versi terbaru, yaitu Windows 10. Hal ini seperti yang telah dilansir oleh inet.detik.com yang menyatakan bahwa Microsoft telah menyiapkan tanggal “kematian” bagi Windows 7 yaitu pada tanggal 14 Januari 2020. “kematian” Windows 7 ini berarti pengguna tidak bisa lagi mendapat update Microsoft Office 2010.

Pihak Microsoft sendiri juga menyatakan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan penggunaan Windows 7. Meskipun begitu pengguna tetap bisa menggunakan Windows 7 dengan syarat akan dikenakan pembayaran, namun penggunaan Windows 7 ini juga hanya sebatas untuk perusahaan. Nah, sebelum beralih ke Windows 10 ada baiknya perhatikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Windows 10 berikut ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10

A. Kelebihan Windows 10

1. Fitur Modern

Sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft maka fitur yang ditampilkan pun modern. Fitur-fitur Windows 10 ini dapat dibilang sangat up-to-date dengan trend saat ini. Sebagai contoh, yaitu dimana Windows 10 telah tersinkronisasi dengan cloud melalui OneDrive.

Selain itu setting-settingnya juga terus tersinkronisasi antar device, serta mayoritas fiturnya sudah mengusung konsep always sync. Dimana konsep ini sangat memudahkan untuk diakses di era cloud dan internet saat ini.

2. Powerful Untuk Gaming

Windows 10 juga sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia game dan sering bermain game melalui laptop. Selain dilengkapi dengan DirectX 12 yang powerful dan teroptimasi untuk hardware masa kini, Windows 10 juga dilengkapi dengan Game Mode untuk semakin meningkatkan performa saat gaming. Tersedianya Game Mode ini akan membuat permainan game menjadi menyenangkan karena cepat dan ringan dalam menjalankannya.

3. Lebih Aman

lebih aman

Kelebihan dari Windows 10 juga termasuk ada pada sistem keamanannya. Ada banyak fitur security modern yang tidak ada di Windows sebelumnya, seperti Windows Hello. Dimana dengan fitur Windows Hello ini memungkinkan Anda unlock Windows 10 dengan fingerprint atau retina scanner.

Tidak hanya itu, bahkan Anda juga bisa unlock Windows 10 dengan fingerprint smartphone Samsung lho. Dengan menggunakan Windows 10 maka kebutuhan software antivirus dari pihak ketiga bukan lagi soal keharusan, sebab perlindungan keamanan yang dimiliki Windows ini terbilang sudah lengkap.

4. Punya Windows Store

Satu hal yang tidak dimiliki Windows versi sebelumnya yaitu Windows 10 telah memiliki Windows Store. Windows terbaru ini dilengkapi dengan Windows Store yang berisi berbagai aplikasi UWP. Aplikasi UWP di Store ini adalah masa depan bagi Windows, bahkan Microsoft mengajak berbagai developer aplikasi klasik untuk memboyong aplikasi mereka ke Store.

Dengan demikian menginstall aplikasi dari Windows Store berarti semudah menginstall aplikasi di smartphone. Selain itu updating juga bisa dilangsungkan serentak langsung dari Windows Store, Anda tak perlu mengupdate masing-masing software secara manual.

5. Dukungan Touchscreen Maksimal

Windows 10 memiliki dukungan penuh terhadap perangkat touchscreen terbaru, baik berupa tablet, laptop, ataupun hybrid. Sistem operasi Windows 10 ini memang teroptimasi untuk touchscreen friendly, jadi jika Anda memiliki PC touchscreen, maka Windows 10 merupakan sistem operasi terbaik yang bisa Anda gunakan saat ini.

Baca Juga : Cara Mempercepat Booting Windows 10 Secara Maksimal.

Kekurangan Windows 10

1. Sering Update

update

Berbeda dengan Windows versi sebelumnya yang diupdate beberapa tahun sekali, Windows 10 tidak demikian, sebab Windows 10 akan merilis update setia kali ada fitur terbaru yang menurut Microsoft perlu untuk dirilis. Update Windows 10 tidaklah begitu terjadwal. Kapanpun Microsoft ingin update, maka akan dirilis update.

Microsoft sudah menyatakan bahwa dalam setahun akan ada 2x update mayor dengan perubahan besar, sedangkan dalam sebulan bisa jadi lebih dari 2x update dan patch dirilis. Meskipun masalah update ini bisa diatasi dengan mematikan secara manual namun tetap saja sistem update di Windows 10 ini bersifat memaksa. Sehingga banyak pengguna yang enggan berpindah ke Windows 10 karena alasan tersebut.

2. Boros Kuota Internet

Dampak dari sistem yang memaksa pengguna untuk terus update diatas adalah borosnya kuota internet. Dibandingkan versi Windows sebelumnya, Windows 10 ini merupakan OS yang paling boros kuota. Bayangkan saja jika dalam setahun terdapat 2 kali update mayor maka masing-masing update akan menghabiskan sekitar 2.5GB – 4GB kuota. Belum lagi update bulanan dengan masing-masing update bervariasi dari puluhan hingga ratusan MB.

3. Gonta-ganti Experience

experience

Dengan sistem yang memungkinakan penggunanya untuk selalu update tentu saja fitur baru akan muncul dan bahkan terdapat perubahan-perubahan yang cukup besar. Dengan begitu maka tampilan dan experience juga terus berubah yang mengharuskan pengguna selalu update dengan fitur-fitur baru yang terupdate. Hal ini akan membuat sebagian pengguna merasa asing dan kebingungan jika tidak rutin mengikuti kabar terbaru seputar Windows 10.

Sebagai sistem operasi terbaru yang dimiliki Microsoft maka tak heran Windows 10 selalu melakukan update terbaru fitur-fiturnya. Bahkan pihak Microsoft mengatakan bahwa Microsoft tidak akan mengeluarkan versi terbaru lagi setelah Windos 10.

Jadi pembaruan akan terus dilakukan. Maka tak heran jika pihak Microsoft menginginkan penggunanya untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru dan lebih canggih. Oleh sebab itu penting bagi Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows 10 sebelum beralih ke sistem operasi ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *