oleh

3 Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Atau Error Pada Sistemnya

3 Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Atau Error Pada Sistemnya – Punya flashdisk memang sangat mempermudah dalam hal penyimpanan sebuah data. Namun, kadang kala flashdisk ini sering mengalami sebuah masalah salah satunya tidak terbaca oleh sistem. Dan penyebab flasdisk tidak terbaca bisa diakibatkan oleh berbagai faktor.

Entah itu dari komputer atau laptopnya, atau pun dari flashdisk itu sendiri yang mengalami masalah. Namun tenang, kita akan coba bahas penyebab flashdisk tidak terbaca. Flashdisk merupakan perangkat elektronik yang berguna menyimpan data yang berukuran kecil hingga sedang. Ada banyak data yang bisa disimpan dari mulai gambar, foto, audio, musik, video dan banyak lainnya.

Namun, penyimpanan juga perlu memperhatikan ukuran dari si flashdisk itu sendiri, bila tidak maka anda tidak bisa menyimpan data lagi karena penuh. Perangkat seperti ini sangat penting bagi pegawai kantoran, mahasiswa dan pelajar.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Karena flashdisk merupakan perangkat elektronik maka tidak luput dari sebuah masalah seperti perangkat lainnya. Banyak permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna, salah satunya adalah flashdisk yang tidak terbaca.

Dengan permasalahan seperti ini, tentu saja anda tidak bisa menggunakannya lagi untuk menyimpan data dari laptop atau komputer milik anda. Nah, mengapa permasalahan seperti ini bisa terjadi, mari kita ulik mengenai penyebab flashdisk tidak terbaca.

1. Konektor Dan Port Dalam Kondisi Kotor

konektor laptop kotor

Hal yang perlu diperhatikan dalam masalah seperti ini adalah cek kondisi kedua perangkat entah itu laptop dan flashdisk. Untuk flashdisk, coba cek kondisi kebersihan dari si konektor apakah bersih atau tidak. Lakukan hal yang sama pada port usb pada laptop atau komputer milik anda.

Keberadaan kotoran seperti debu di kedua perangkat, bisa mempengaruhi kinerja. Hasilnya, bisa saja flashdisk menjadi tidak terbaca oleh sistem dan anda tidak bisa menggunakannya.

2. Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca – Adanya Virus atau Malware

Perangkat elektronik yang berbasis hardware seperti flashdisk dan laptop, sering kali didapati berbagai virus dan malware. Keberadaan virus dan malware bisa mempengaruhi kesehatan dari si perangkat, bahkan mengancam akan terjadinya kerusakan.

Flashdisk yang anda gunakan bisa mengalami kerusakan akibat terserang virus sehingga sulit terbaca. Kemungkinan ini terjadi karena penggunaan yang terlalu sering dan sembarangan tersambung dengan laptop.

Baca Juga : 4 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali.

3. Driver Laptop Atau Komputer Bermasalah

driver laptop rusak

Terjadinya permasalahan seperti ini tidak hanya ditekankan pada perangkat flashdisk saja, melainkan perangkat penghubung yaitu komputer atau laptop. Nah, untuk permasalahan yang terletak pada komputer atau laptop terletak pada driver dari perangkat itu sendiri.

Untuk mengetahui kalau driver mengalami kesalahan anda bisa cek secara manual melalui device manager. Lalu bagaimana cara cek penyebab flashdisk tidak terbaca di device manager, berikut langkah – langkahnya.

  • Pertama, buka device manager pada perangkat laptop atau komputer anda
  • Lalu, silakan anda lihat pada disk management, cek apakah flashdisk anda terdeteksi atau tidak, apabila tampil berarti aman
  • Klik kanan pada flashdisk anda, dan pilih Change Drive Letter and Paths
  • Yang terakhir klik ok
  • Namun, apabila pada disk management tidak tampil kemungkinan besar flashdisk anda sudah rusak

Nah, itulah pembahasan mengenai penyebab flashdisk tidak terbaca oleh sistem seperti laptop atau pun komputer. Jadi, ketika anda mengalami permasalahan seperti ini coba cek apakah salah satu penyebab di atas di alami oleh anda.

Dengan begitu anda bisa tahu, tindakan selanjutnya yang bisa anda ambil untuk mengatasinya. Bagaimana cukup 3 saja penyebab yang mengakibatkan flashdisk yang anda miliki tidak bisa dipakai karena tidak terbaca. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda, semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *