Perbedaan Kualitas HD dan SD Sebuah File (Video, Gambar)

Perbedaan Kualitas HD dan SD Sebuah File – Pasti kita pernah mendengar istilah video HD, gambar HD, kualitas SD, FHD, dan lainnya, namun kita tidak tahu apa artinya hal tersebut.

Hal ini sering kita jumpai saat mendownload video, maka akan terdapat pilihan kualitas video. Namun, banyak yang belum mengerti apa artinya hal tersebut. Kebanyakan dari kita menganggap, jika ukurannya lebih besar, itulah yang memiliki kualitas bagus.

Yup, hal tersebut benar sekali. Tetapi pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan pengertian dari kualitas HD, SD, dan lainnya agar anda benar-benar paham. Simak sampai selesai ya!.

Perbedaan Kualitas HD dan SD Sebuah File (Video, Gambar)

A. Pengertian

1. HD (High Definition)

HD atau sering disebut High Definition adalah kualitas konten yang berada di atas SD. Lebih tinggi satu tingkat dari SD, HD memiliki resolusi 720p dan merupakan resolusi yang banyak digunakan saat ini.

Untuk urusan gambar, jika di lihat pada layar yang lebih lebar maka HD lebih baik. Karena semakin lebar layar yang digunakan, kualitas dan resolusi video juga harus tinggi agar hasilnya jernih dan tidak pecah-pecah. HD memiliki kualitas konten 720p.

2. SD (Standart Definition)

SD adalah kepanjangan dari Standart Definition, yang artinya kualitas video paling rendah dari beberapa kualitas konten yang ada, baik itu video maupun gambar. Anda juga bisa menganggapnya kualitas standar, tidak bagus dan tidak jelek.

Contohnya, video dengan kualitas SD memiliki resolusi 480p ke bawah, jadi jika anda menonton video atau film dengan resolusi 480p sama saja sedang menonton video dengan kualitas SD. Selain sudah cukup bagus, kelebihan dari file SD yaitu memiliki file size yang relatif lebih kecil.

Baca Juga :

B. Perbedaan

PembedaHD (High Definition)SD (Standart Definition)
Ukuran fileLebih besar daripada SDLebih kecil daripada HD
Ukuran pixel720p480p
Kualitas Lebih baik daripada SDLebih rendah daripada HD

C. Tambahan

Selain SD dan HD, sebenarnya masih banyak kualitas konten lainnya seperti FHD, UHD, hingga 4K. Berikut pengertiannya masing-masing.

1. FHD

FHD atau Full High Definition adalah kualitas video yang sudah lebih tinggi di atas rata-rata video yang menggunakan kualitas HD. Memiliki kualitas gambar yang sangat bagus, yaitu 1080p.

Full HD Video dapat ditampilkan pada layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Monitor atau TV saat ini sudah mulai menggunakan kualitas ini, namun harganya terkesan tinggi.

2. UHD

UHD atau Ultra High Definition resolusi yang memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan warna yang tampil pun lebih nyata.

Gambar yang ditampilkan memiliki kualitas 2160p. Layar yang dapat menampilkan kualitas UHD haruslah memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixels dengan Frame Rate yang lebih tinggi dari HD.

Ukuran resolusi yang sangat tinggi (sekitar 2 x Full HD TV) sehingga jenis video ini disebut Quad HD.

3. 4K

Merupakan perkembangan dari UHD Video yang memiliki kualitas gambar sama seperti UHD Video. Namun layar yang digunakan untuk menampilkan video jenis ini memiliki resolusi di atas 4.000 yaitu 4.096 x 2.160 pixels.

Nah, jadi itulah pembahasan lengkap tentang perbedaan kualitas HD dan SD. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada tambahan dan kritikan, tulis di bawah ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.