oleh

Revolusi Smartphone Makin Ganas, Manfaatkan Untuk Bisnis Online

Revolusi Smartphone Mengganas, Manfaatkan Untuk Kemajuan Bisnis Online – Smartphone atau Ponsel cerdas yang sedang anda pegang sekarang adalah alat elektronik multifungsi dengan segudang kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyaknya fitur canggih dan serbaguna yang disediakan menjadikan smartphone sebagai salah satu alat yang rasanya wajib dimiliki setiap orang tanpa memandang umur, jenis kelamin maupun golongan. Oleh karenanya, tentu muncul ‘Tanda tanya besar’ di benak kita tentang berapa banyak jumlah pengguna smartphone di Indonesia maupun dunia.

Mirisnya lagi, ada pengguna yang memiliki 2 bahkan 3 smartphone sekaligus, akhirnya muncullah istilah “Irrational Exuberance” yang dalam ilmu ekonomi berarti Kegilaan terhadap 1 jenis barang/produk secara berlebihan. Dan di artikel kali ini, saya akan coba memperlihatkan terlebih dahulu soal jumlah pengguna smartphone di Indonesia dalam bentuk grafik dan perkiraan di tahun 2018 ini.

revlousi smartphone
Picture By Techinasia

Data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sendiri memaparkan, saat ini lebih dari 20 perusahaan manufaktur komponen produk dan tablet yang ada di dalam negeri. Kemungkinan besar jumlahnya akan meroket lagi seiring perkembangan jaman dalam sektor teknologi komunikasi.

Sementara itu, dilansir dari e-Marketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia akan tumbuh dari 55 juta orang pada tahun 2015 menjadi +100 juta user hingga penghujung tahun 2018. Berdasarkan jumlah tersebut, bukan tidak mungkin kalau Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar ke-4 di dunia setelah China, India, dan Amerika.

Revolusi Smartphone Makin Ganas Beberapa Tahun Belakangan

Angka fantastis ini hendaklah membawa dampak yang positif terutama bagi pengguna ponsel cerdas tanah air sebagai generasi milenial yang kreatif dan mampu berinovasi secara produktif, sebagai penerus bangsa ini selanjutnya.

Salah satu akibat positif dari perkembangan teknologi di bidang ini adalah memanfaatkan smartphone sebagai ladang untuk mengasah kemampuan dan kekreativitasan diri dalam menghasilkan income sampingan dengan kategori yang terbilang lumayan bahkan fantastis.

Sebagai gambaran saat ini, Internet Marketing dan bisnis online telah menyerbu setiap kalangan hingga ke pelosok negeri. Mudahnya akses dan aplikasi yang mendukung menjadikannya salah satu sektor penghasilan primer yang tidak terbendung jumlahnya. Lalu, apa saja manfaat dari hiruk-piruknya perkembangan dunia digital sektor Smartphone untuk kemajuan bisnis?, berikut ulasannya.

1. Berbisnis secara Online = Meng-Online Kan Bisnis anda

online shop


Tidak perlu repot-repot untuk mencari jasa review di dunia maya demi mempromosikan produk. Anda bisa belajar secara gratis dari internet, dengan ribuan tutorial yang tentunya sudah cukup bisa membuat produk anda dikenal masyarakat dalam negeri bahkan dunia.

Dengan memanfaatkan “Rumah Online Bisnis” menggunakan platform Blogger, WordPress dan Youtube, disana anda bisa memperkenalkan produk bisnis anda ke khalayak ramai. Namun secara tersirat, anda dianjurkan setidaknya sedikit memiliki keahlian dengan istilah “Mengakrabkan Situs dengan Search Engine”. Maksudnya apa?.

Setelah anda menerbitkan “Rumah Bisnis Online” tadi, anda akan mengetahui pentingnya Mengoptimasi situs dengan baik dan terampil agar bisa dilirik Mesin Pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan Yandex, yang nantinya akan menjadi penyambung anda dan pelanggan baru.

Untuk Platform Youtube sendiri, jadilah content Creator yang mampu mengembangkan ide dan gagasan kreatif tentang cara mempromosikan produk. Buatlah kesan tersendiri kepada banyak orang dengan gaya yang “khas” melalui video-video produk yang anda unggah lewat chanel youtube anda.

2. Membuat Toko Online

Sebenarnya intisari dari toko online tidak jauh beda dengan menjual barang/produk secara langsung di dunia nyata. Bedanya hanya dari segi Waktu, Emosional dan Kepuasan. Disini anda bisa lebih leluasa dalam menjabarkan jenis dan spesifikasi produk dengan mudah, sehingga bisa menghemat banyak waktu untuk melakukan hal lain.

Membuat toko online tentu akan memperbesar peluang anda untuk menambah jam terbang terhadap bisnis dan produk yang anda tawarkan. Bayangkan saja, secara tidak langsung anda telah membuka cabang baru dalam bisnis tanpa mengeluarkan banyak uang dan waktu.

Bingung mau membuat toko online?. Anda bisa belajar dari situs-situs yang membahas cara membuat toko online ataupun menyewa jasa pembuat situs toko online, atau anda bisa membuat situs toko online dengan wordpress, berikut Cara Membuat Web Dengan WordPress Dari A-Z. Kendati demikian, manfaatkanlah revolusi smartphone sebagai pihak ketiga dalam memperlancar perjalanan usaha anda.

3. Mempromosikan Produk via Sosial Media

toko online
Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi terutama revolusi smartphone, sosial media tidak lagi hanya digunakan untuk kesenangan semata. Banyak para pebisnis telah memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan hingga mempromosikan produk dan telah terbukti ampuh mendatangkan banyak pelanggan loyal.
Sebut saja Facebook, Twitter dan Instagram, 3 Media Sosial ini menjadi media sosial paling digemari di Indonesia. Setiap saat, anda bisa melihat banyaknya pebisnis yang memanfaatkannya sebagai Social Media Marketing.
Caranya cukup mudah, buatlah Fanspage Facebook, Akun Twitter dan Instagram yang tentunya dikhususkan untuk Promosi dan Penjualan bisnis. Di Facebook sendiri anda juga bisa beriklan menggunakan facebook ads. Dalam iklan Facebook, para pengiklan sebelumnya harus memiliki halaman fan page sebagai sarana promosi bisnis.

Tambahan

Dalam menjalankan sebuah bisnis/usaha, diharuskan untuk selalu fokus dan siap dalam menghadapi algoritma dengan kompetitor terkuat. Untuk itu perlu kiranya mengetahui apa saja Langkah-Langkah Pokok dalam Perencanaan Pemasaran dan bagaimana Cara membuat Perencanaan Bisnis yang Mantap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *