6 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dan Mudah Drop

Kayeols

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dan Mudah Drop – Baterai laptop yang dalam kondisi baik serta hemat daya, bisa anda dapatkan sejak awal pembelian. Keawetan dan kondisi baik pada baterai, lama kelamaan akan mulai berkurang akibat penggunaan laptop yang sering.

Ya, baterai laptop tidak selamanya memiliki kondisi yang baik, kadangkala akan terjadi sebuah masalah. Dalam perangkat laptop, baterai sendiri digunakan sebagai alat untuk menyimpan daya serta memberikan daya listrik sehingga laptop bisa hidup. Jadi, dalam hal ini baterai memiliki fungsi yang cukup penting dalam penggunaan laptop.

Pada awal pembelian sebuah laptop, biasanya baterai memiliki daya tahan dan hemat daya yang sangat luar biasa. Bahkan bisa digunakan selama berjam – jam tanpa harus mengecasnya. Meskipun begitu baterai juga tidak lepas dari sebuah masalah, seperti halnya dengan komponen – komponen lainnya. Masalah tersebut yaitu daya baterai cepat habis.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dan Mudah Drop

Masalah daya baterai cepat habis ini sering terjadi di berbagai perangkat seperti ponsel pintar, dan laptop. Ngedrop merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan mengenai kejadian seperti ini.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di Android Dan Laptop

Masalah baterai laptop cepat habis, erat hubungannya dengan baterai itu sendiri pasti ada kesalahan sistem atau rusaknya komponen di dalamnya. Dari kerusakan tersebut pastinya bukan tanpa sebab, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Perilaku atau penggunaan yang tidak benar dan baik menjadi faktor utama atau dalang dari kerusakan ini terjadi. Banyak orang yang tidak menyadari kalau beberapa aktivitas ketika menggunakan laptop terdapat hal yang memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan baterai laptop.

Jadi, penyebab baterai laptop cepat habis ada banyak dan hal ini perlu anda ketahui sebelum masalah baterai cepat habis menimpa laptop anda. Berikut ini penjelasannya.

1. Penggunaan Laptop Yang Terlalu Lama

Menggunakan laptop seharusnya dilakukan sewajarnya, jangan sampai laptop digunakan hingga berlarut – larut dan menjadikan laptop menjadi panas. Ketika anda menggunakan laptop hingga durasi berjam – jam dan baterai habis. Tentunya ini bisa menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam baterai itu sendiri.

Penggunaan terlalu lama, bisa membuat sistem menjadi lebih panas, sehingga akan berdampak buruk pada komponen lainnya, hal ini termasuk baterai. Dampak untuk baterai biasanya menimbulkan masalah daya baterai yang cepat habis.

2. Membebani Laptop Dengan Pekerjaan Berat

laptop bekerja berat

Laptop memiliki spesifikasi yang berbeda – beda, hal ini tentunya berdampak pada kemampuan yang dimilikinya. Apabila laptop memiliki spesifikasi yang baik, maka untuk melakukan pekerjaan yang berat sekalipun pasti tetap bisa terjalankan.

Namun, lain halnya dengan laptop spesifikasi rendah yang dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat. Yang ada malah bisa membuat komponen – komponen laptop rusak akibat laptop terlalu bekerja keras. Hasilnya laptop panas dan memperburuk kualitas baterai, sehingga menjadi cepat habis.

Baca Juga:  7 Shortcut Keyboard Yang Jarang Digunakan Tapi Memiliki Fungsi Vital

3. Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Lainnya Yakni Dicharger Sambil Digunakan

Aktivitas penggunaan laptop yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis selanjutnya adalah mencharger laptop sambil digunakan. Melakukan hal seperti ini kelihatannya sepele dan seperti tidak ada masalah yang ditimbulkan.

Namun itu salah, sebab ketika laptop di isi daya dan langsung digunakan maka daya yang terisi langsung terpakai. Tentunya daya yang ada di dalam baterai tidak terisi dengan baik akibatnya baterai akan cepat habis. Jadi, jauhilah perilaku seperti ini bila tidak menginginkan baterai laptop anda menjadi boros.

Baca Juga :

4. Menggunakan Internet Di Laptop Dengan Jaringan Yang Sulit

internet lelet

Melakukan browsing dengan internet memang bisa dilakukan di perangkat seperti laptop atau ponsel. Namun, ternyata penggunaan internet juga bisa menjadi pemicu baterai menjadi cepat habis atau boros. Jaringan yang buruk pada internet bisa mengakibatkan laptop menjadi lebih ekstra dalam bekerja.

Bagaimana tidak?, laptop mencari jaringan yang baik supaya bisa melakukan browsing sepuas anda. Namun, dampaknya ya peristiwa tadi laptop menjadi panas dan akhirnya baterai laptop berpengaruh. Alhasil laptop menjadi lebih boros ketika digunakan.

Baca Juga:  2 Cara Masuk Incognito Mode di Google Maps, Updated!

5. Tidak Langsung Mencabut Charger Ketika Baterai Sudah Penuh

Mungkin terlihat sepele, hal ini sering dilakukan banyak orang, termasuk saya sendiri. Ketika sedang mengecas laptop, dan kita tinggal tidur misalnya, dan dicabut di pagi hari ketika bangun, ini merupakan kebiasaan yang harus dihilangkan.

Karena, dalam waktu yang lama, jika diteruskan seperti ini maka baterai laptop anda akan rusak, karena daya listrik yang masuk berlebihan, dan dilakukan dalam jangka waktu sering. Efek paling buruk adalah baterai laptop anda akan mudah drop. Jadi, cabutnya charger sesegera mungkin setelah penuh.

6. Sering Melepas Baterai

Baik handphone maupun laptop, tidak disarankan untuk terlalu sering melepas baterinya. Ini dikarenakan baterainya bisa dol atau tidak pas dalam pemasangannya kembali. Bisa bisa tidak hanya baterainya, tapi perangkat laptop anda juga akan cepat rusak.

Jika memang tidak ada kendala apapun, lebih baik anda jangan melepas baterainya, apalagi jika baterai tanam, jangan sesekali ya!.

Nah, itulah penyebab – penyebab baterai laptop menjadi lebih cepat habis yang nantinya sangat cepat dilakukan charger pada daya baterai. Memang tidak asyik bila ditengah – tengah menggunakan laptop tiba – tiba daya baterai habis.

Bahkan daya baterai habis hanya beberapa jam saja semenjak digunakan, tentunya hal ini akan berdampak pada penggunaannya nanti. Oleh karena itu pahami betul mengenai penyebab baterai laptop cepat habis.

Dengan begitu anda bisa melakukan sedikit pencegahan mengenai daya baterai yang cepat habis atau boros. Apabila sudah mengalami baterai yang boros, hampir tidak mungkin bisa dilakukan perbaikan pada baterai tersebut.

Sebab, biasanya sudah terjadi kerusakan pada bagian dalam baterai dan untuk memperbaikinya ya harus memperbaiki bagian dalamnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan menambah pelajaran anda semua pengguna laptop. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung kembali.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

2 pemikiran pada “6 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dan Mudah Drop”

  1. Mengenai menurunnya kinerja batere karena dicharge sambil digunakan, sepertinya kondisi ini hanya berlaku untuk tipe laptop yang lama. Karena dari beberapa komunitas, ada yg mengatakan bahwa dengan pasang lepas charger itulah yang dapat menurunkan kinerja batere.

  2. Sama saja mas, coba saja kalau tidak percaya. Karena arus yang masuk dan keluar tidak sama. Itulah yang membuat baterai ngedrop. Dalam kondisi baru, coba selama 6 bulanan. Pasti ada penurunan performa

Tinggalkan komentar