√ 9 Cara Mengatasi Baterai HP Dicas Malah Berkurang

Cara Mengatasi Baterai HP Dicas Malah Berkurang – Selama bertahun-tahun menggunakan hp android pastinya anda sudah mengalami berbagai macam masalah yang timbul di hp anda. Mulai dari layar sentuhnya yang rusak, hp ngehang, dan salah satunya yang mungkin saat ini anda rasakan yakni baterai hp dicharge malah berkurang.

Yang namanya dicharge seharusnya bertambah, namun apa jadinya jika dicharge malah berkurang. Tentu saja terdapat masalah yang timbul di hp yang kemungkinan kita tidak menyadarinya. Bisa juga dari chargernya dan bisa juga baterainya. Semua itu rusak tidak dipungkiri lagi dari kesalahan kita sendiri.

Bisa dikarenakan cara charging, faktor baterai dan hp kemasukan air, dan masih banyak lagi. Lalu apakah bisa kita memperbaiki hp dicharge malah berkurang daya baterainya?, jawabannya bisa, akan tetapi dengan syarat tertentu ataupun tergantung dengan kondisi smartphone android milik anda tersebut.

Untuk cara ini bisa kalian terapkan di berbagai macam jenis hp. Mulai dari xiaomi, lenovo, samsung, realme, oppo, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

1. Ganti Kabel USB/Kabel Charge

Bisa jadi kabel yang rusak karena sering terlilit mengakibatkan adanya arus listrik yang salah sehingga tidak mau mengisi daya dan pada akhirnya daya baterai malah berkurang. Maka dari itu coba saja anda mengganti kabel usb ataupun kabel charger kalian dengan kabel yang baru. Jika malas membeli kabel yang baru, kalian bisa meminjam dulu punya saudara anda ataupun teman dekat anda.

2. Ganti Adaptor / Chargernya

adaptor charging

Cara berikutnya yang wajib anda coba silahkan ganti charger yang lain. Jadinya sekira kabel charger tidak bermasalah, maka coba ganti chargernya. Jika males beli silahkan pinjam punya temen ataupun punya saudara kalian. Lalu silahkan coba dicharge hp android kalian, tunggu beberapa saat. Apabila masih berkurang, maka coba cara berikutnya.

3. Cek Kondisi Baterai

Ini juga sangat perlu, karena yang menjadi masalah pada bagian baterai. Apabila baterai anda pernah jatuh di air ataupun melembung, maka itu bisa jadi menjadi penyebab yang sangat jelas bahwa baterai anda sering berkurang ketika dicas. Dengan demikian anda harus ganti baterai yang baru, dan usahakan kalau membeli baterai yang original juga. Agar tetap awet dan tahan lama, dan yang paling penting sih gak cepet rusak.

4. Cek Port USB Hp Anda

port usb hp

Berikutnya yang perlu kalian cek yakni pada bagian port hp ataupun lubang usb untuk kabelnya. Karena bisa saja yang error adalah ini, sehingga listrik yang diterima hp tidak bisa diterima dengan baik. Bahkan bisa juga ditolak sehingga baterai malah berkurang.

Jadi apabila kerusakan yang terjadi pada portnya, kalian bisa coba bersihkan siapa tau ada debu yang mengganggu. Namun apabila rusak, silahkan bawa ke tempat service dan gantu saja biar lebih aman.

5. Cek Sistem Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa anda coba untuk mengatasi hp dicas malah berkurang yakni silahkan cek sistem yang terdapat di hp kalian. Bisa saja ini disebabkan adanya bug yang terjadi pada sistem. Sehingga hp malah menampilkan indikator baterai yang salah, padahal baterai sebenarnya masih full. Ini sering kali terjadi, dan anda bisa mengatasinya dengan cara memperbarui sistem yang terbaru.

6. IC Rusak

ic rusak

Di dalam handphone, ada komponen yang bernama ic, dan tiap tiap hardware memiliki ic nya masing-masing. Contohnya ic kamera, ic charging, dan masih banyak lagi. Nah, jika handphone anda dicas tidak bisa masuk, coba cek ic handphone anda, dan jika anda tidak bisa sendiri, bawa saja ke tukang servis agar lebih aman.

Baca Juga :

7. Factory Reset

Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan factory reset. Namun saya sarankan agar anda melakukan hal ini jika handphone kalian telah berulang kali mengalami hal ini. Jika hanya sekali saja, jangan lakukan hal ini, karena mungkin ada kesalahan pengisian seperti mencolokkan tidak tepat pada port casnya, dan sebagainya.

8. Gunakan Charger Desktop (Khusus Baterai Removable)

mengatasi baterai hp dicas malah berkurang dengan cas kodok

Cas desktop ini adalah sistem mengecas handphone yang mengharuskan baterai handphone agar dilepas. Jadi, cara ini hanya bisa dilakukan jika baterai handphone anda bisa dilepas. Untuk cas desktopnya sendiri hanya dijual sekitar 10 sampai 20 ribuan saja.

Dan konsekuensi menggunakan cas ini yakni proses charging akan lebih lama daripada jika anda mencharging langsung saat baterai berada dalam handphone.

9. Bawa Ke Tempat Service

Sebenarnya semua cara di atas sudah mewakili untuk mengatasi permasalahan ini. Namun apabila sudah mepet dan tidak tahu solusinya lagi, silahkan kalian bawa saja ke konter ataupun tempat service hp. Agar disana hp kalian diservis kerusakannya. Walaupun mahal, yang penting hp normal kembali, berapapun itu biaya pasti harus dibayar. Belum lagi jika hp tersebut memiliki banyak kenangan.

Seharusnya jika sudah dibawa ke tukang servis, pasti bisa ya mengatasi permasalahan ini. Jadi itulah beberapa cara mengatasi baterai hp dicas malah berkurang versi dewailmu. Jika ada poin yang ingin anda tambahkan, masukkan ke kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *