Mau Web Hosting Indonesia Gratis?, Kenali Bahasa Pemrograman Terpenting Ini!

Mau Web Hosting Indonesia Gratis, Kenali Bahasa Pemrograman Ini! – Kemajuan teknologi di bidang informasi merupakan pemicu yang mendorong keahlian pemrograman kian dibutuhkan. Keahlian ini sangat penting dalam membuat atau membangun sebuah website maupun software. Terlebih, kini ada banyak web hosting Indonesia gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mengimplementasikannya.

Bahasa Pemrograman  Terpenting

A. Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Ada beberapa jenis bahasa coding yang saat ini sering digunakan. Bagi pemula, tentu sangat disarankan untuk dapat mengetahui masing-masing bahasa pemrograman tersebut dan untuk apa fungsinya. Nah, berikut penjelasan seputar jenis-jenis coding yang perlu Anda ketahui.

1. PHP

php

Atau kepanjangan dari hypertext preprocessor adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di Indonesia. PHP bahkan yang paling umum digunakan di tanah air. Karena, selain gratis, PHP juga sudah berisi server side scripting, fungsinya yaitu untuk membangun website yang dinamis.

Sebelum memiliki web hosting Indonesia gratis, pahamilah terlebih dahulu PHP agar Anda bisa membangun web secara optimal.

2. JS (JavaScript)

Jika Anda seorang pengelola, atau tertarik bergelut dalam pengembangan website, maka wajib untuk mengenal JS secara mendalam. JavaScript atau JS, merupakan hasil pengembangan Netscape.

Kini, penggunaan JS sudah banyak diimplementasikan dalam pengembangan website. JavaScript merupakan sebuah coding yang bisa membuat web Anda semakin menarik dan interaktif. JS sering digunakan untuk pembuatan suatu animasi, pop-up, hingga tombol klik pada website.

3. Bahasa Pemrograman HTML

html

HTML atau yang familier dikenal Hypertext Markup Language, adalah bahasa komputer yang juga sering digunakan dalam pembuatan situs website. HTML adalah jenis bahasa pemrograman yang tersusun atas berbagai jenis short codes.

Nah, short codes yang disusun, nantinya akan dijadikan sebuah text. Kemudian, text tersebut disimpan pada sebuah file HTML tersebut. File yang sudah jadi, nantinya akan dibuka pada alat browser, sehingga nantinya file tersebut akan terbaca dan menerjemahkan kode HTML.

Jenis-jenis editor sederhana HTML, contohnya seperti Notepad++, Atom, dan Sublime. Anda bisa memilih salah satunya, atau mencoba semuanya.

Baca Juga :

4. CSS

CSS atau Cascading Style Sheets, digunakan untuk menyederhanakan pembuatan suatu halaman web. Fungsinya yaitu untuk mengatur jenis font yang digunakan, mengontrol aspek desain, jarak spasi, warna pada tulisan, dan lainnya.

CSS akan berguna untuk web hosting Indonesia gratis milik Anda. Karena, dengan CSS, website Anda akan tampil lebih menarik. CSS juga bisa digunakan untuk mendesain berbagai tampilan website yang Anda bangun.

Fungsi lain yang tak kalah penting yaitu, membuat halaman lebih cepat dimuat. Penggunaan jenis coding yang satu ini, bisa digunakan untuk membuat proses download menjadi lebih cepat dan mudah.

5. Python

python

Jika Anda sudah memiliki hosting dan sudah beli domain .co.id, alangkah baiknya pelajari juga bahasa pemrograman ini. Python merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk memproses gambar, angka, text, dan jenis data lainnya di komputer.

Python umumnya digunakan untuk jenis website seperti New York Stock Exchange, Google, Nasam, Youtube, dan sejenisnya. Dengan menggunakan Python, web hosting Indonesia gratis milik Anda, bisa melakukan beberapa hal seperti membaca dan menulis MySQL, membangun RSS Reader, dan lain-lain.

6. C++

Merupakan  bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C. Perbedaan antara keduanya terletak pada bagaimana cara keduanya dalam menyelesaikan masalah. Pada C++, penyelesaian masalah menitik beratkan pada objek di mana masalah-masalah tersebut dibagi ke dalam kelas-kelas.

Fungsi dari C++ yaitu untuk mengembangkan atau membuat sebuah software. Banyak sekali perusahaan-perusahaan raksasa yang menggunakannya, seperti Firefox, hingga perusahaan sekelas Adobe.

7. VisualBasic

bahasa pemrpgraman terpenting visual basic

Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa, Microsoft. Fungsinya yaitu untuk pembuatan software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri merupakan keturunan dari BASIC, yang juga merupakan sebuah bahasa pemrograman.

Dari tahun 2005, pengguna VisualBasic di seluruh dunia kian meningkat untuk pengembangan software. Bahkan, di Indonesia sendiri, jenis coding ini tergolong cukup populer.

B. Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman

Ada banyak jenis bahasa pemrograman. Setidaknya beberapa di antaranya sudah dijelaskan di atas. Namun, tidak semua bisa diimplementasikan dalam pengembangan website. Silahkan Anda pilih beberapa jenis yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan web hosting Indonesia gratis yang Anda miliki.

Lalu, bagaimana cara mempelajarinya? Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda tempuh. Berikut cara-cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan.

1. Memilih Jurusan Kuliah Pemrograman

Anda akan menjadi seorang ahli di bidang coding dengan memilih mata kuliah yang relevan. Silahkan pilih jurusan coding yang saat ini sudah disediakan oleh banyak universitas yang ada di Indonesia.

Namun, jangan sampai salah pilih. Karena, ada ilmu coding berbasis pembuatan software, dan ada juga yang berbasis pengembangan website. Jika sudah memiliki hosting dan sudah beli domain .co.id, silahkan pilih jurusan coding untuk pengembangan web saja.

2. Kursus Bahasa Pemrograman

Selain melalui jalur formal, Anda juga bisa memilih kursus untuk menggeluti bidang tersebut. Jangan khawatir, saat ini ada banyak tempat kursus yang kredibel. Bahkan, setelah lulus nanti, Anda bisa mendapatkan sertifikat resmi yang menunjukkan Anda sudah cukup ahli di bidang coding.

Nah, dengan sertifikat tersebut, Anda bisa melamar pekerjaan di bidang terkait. Selain kursus secara offline, bahkan sudah banyak tempat kursus yang menyediakan kursus online bagi para siswa-siswanya. Anda tinggal memilih tempat mana yang menurut Anda nyaman dan kredibel.

3. Belajar Secara Otodidak

Lulusan fakultas coding, dan sertifikat kursus, membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergelut dalam bidang pengembangan web maupun software. Namun, meski begitu, tidak menutup kemungkinan seseorang yang belajar sendiri pun bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Saat ini, belajar coding secara otodidak cukup mudah. Caranya mulai dari buku panduan, hingga video-video tutorial yang bisa Anda temukan di internet. Anda bisa memanfaatkan informasi-informasi tersebut untuk menggelutinya.

Bagaimana dengan prospek di masa depan? Jangan khawatir, ilmu yang didapatkan secara otodidak, bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri. Bagi yang ingin bekerja di suatu perusahaan, setidaknya Anda harus memiliki portofolio yang lengkap dan berbobot untuk meyakinkan recruitment.

C. Tips Memilih Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

ide cemerlang

Jika Anda seorang pemula, dan sudah memiliki hosting di web hosting gratis, pilihlah salah satu coding yang tepat. Jika bingung memilihnya, berikut tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

  1. Kenali tingkat kesulitannya terlebih dahulu. Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan Anda, atau menurut Anda tidak terlalu sulit bagi pemula.
  2. Pilih bahasa pemrograman yang memiliki komunitas sangat besar di Indonesia. Tujuannya agar Anda dapat dengan mudah berbagi ilmu pengetahuan dengan yang lain.
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan. Kenali masing-masing bahasa pemrograman terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan tentukan mana yang menurut Anda sangat diperlukan.

Demikian informasi seputar jenis-jenis bahasa pemrograman yang penting diketahui oleh calon atau pengembang website, maupun software. Anda pemilik hosting di web hosting Indonesia gratis?, Yuk, belajar coding sejak dini agar tampilan web menjadi optimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *