8 Cara Menghindari Kejahatan Cyber Crime Yang Semakin Merajalela

5 Cara Menghindari Kejahatan Cyber Crime Yang Semakin Merajalela – Memang teknologi saat ini sudah semakin canggih, akan tetapi tidak hanya dampak baik saja yang bisa kita dapatkan, melainkan negatifnya juga. Banyak orang pintar di luar sana memanfaatkan keahliannya untuk berbuat hal yang negatif. Padahal jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka bisa membawanya ke puncak kesuksesan. Namun nyatanya banyak yang tidak bersabar dalam proses, sehingga lebih memilih jalan pintas dengan cara yang jahat.

Kejahatan cyber crime, di mana memanfaatkan teknologi untuk melakukan kejahatan yang terstruktur dan pastinya merugikan banyak orang. Selain itu, cyber crime juga tak segan-segan dalam berbuat kejahatan, karena untuk menemukan identitasnya juga sulit. Walau memang sebenarnya bisa, akan tetapi banyak yang mengalami kesulitan ketika mencari pelaku cyber crime. Banyak penjahat cyber crime yang menggunakan identitas orang lain dan identitas aslinya sulit untuk dilacak.

Lalu bagaimana car agar kita terhindar dari cyber crime?, di bawah ini saya akan memberikan cara menghindari hal tersebut. Yang pasti kalian bisa mengamankan finansial maupun identitas pribadi, dari hal-hal cyber crime dan lainnya.

Cara Menghindari Kejahatan Cyber Crime

1. Jangan Mudah Tergiur dan Klik Link

phising

Kejahatan cyber crime model phising ini sering ditemukan dan nyatanya masih banyak korban yang mudah terkena jebakan yang dibuat pelaku cyber crime. Biasanya ini akan mengambil alih sebuah akun maupun informasi penting yang terdapat di akun tersebut.

Model phising seperti ini biasanya korban akan disuruh mengisi username email beserta password. Tak jarang juga yang disuruh mengisi kata sandi akun sosial media dan sebagainya. Tentu saja sangat bahaya apabila akun anda disalahgunakan untuk hal-hal yang merugikan.

2. Aktifkan Authentikasi Dua Faktor

Ini merupakan salah satu fitur yang terdapat di setiap akun, misalnya gmail, akun ig, dan akun sosial media lain. Saat ini sudah tersedia fitur tersebut yang di mana dapat membantu dalam mengamankan sebuah akun. Karena ketika ada seseorang yang ingin mencoba login, maka akan menghadapi verifikasi lagi. Jadi sudah tahu username dan email, tapi belum tentu bisa melewati tahap verifikasi. Maka silahkan aktifkan authentikasi dua faktor ini.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan Maupun MOD

mod apk

Seringkali kita menggunakan aplikasi bajakan atau mod, dengan kata lain agar kita bisa memanfaatkan fitur secara lebih. Tapi dibalik kenikmatan itu, ada bahaya yang mengincar anda. Kadang aplikasi bajakan tersebut terdapat malware yang terkadang bisa merusak ponsel maupun mencuri data-data penting kalian.

Mungkin anda pernah ketika mencoba install aplikasi bajakan atau mod, maka akan muncul iklan yang sangat mengganggu maupun virus. Nah, hati hati dengan hal tersebut.

4. Hati-Hati Berseluncur Di Google

Ketika kita ingin download suatu file, biasanya akan muncul iklan satu dengan iklan yang lain, tak jarang di antara iklan tersebut diselipi iklan-iklan yang tak pantas. Belum lagi jika yang mengakses anak kecil pasti akan sangat berbahaya.

Karena mungkin mereka bisa melihat apa yang belum seharusnya mereka lihat. Ini juga termasuk cyber crime, walaupun tidak merugikan dengan uang. Melainkan ini merugikan moral para anak-anak masa depan kita.

5. Update Selalu Sistem Operasi Device Anda

Anda juga bisa mengupdate sistem operasi dari gadget anda agar file file lama terhapus dengan yang baru. Karena dalam file baru tersebut, banyak juga file yang bisa dimanfaatkan hacker dan pelaku cyber crime untuk mencuri data pribadi anda.

6. Rajin Mengganti Password

password

Sering mengganti password akun juga menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengamankan akun anda. Lakukan pergantian password minimal 1 bulan sekali, dan anda juga wajib ingat kata sandi yang anda ganti, karena jika anda lupa, maka akun tersebut tidak dapat dibuka.

Baca Juga :

7. Backup Data Penting

Kata sandi, file, dan dokumen, penting, anda bisa membackup data tersebut ke hardisk pribadi atau cloud penyimpanan terpercaya seperti google drive. Lakukan minimal 1 bulan sekali dan backup semua data penting, jangan sampai terlewat.

8. Jangan Sembarang Membagikan Identitas Pribadi

Cara yang terakhir untuk menghindari kejahatan cyber crime yang kini kian merajalela yakni jangan sembarang dalam membagikan identitas pribadi di internet. Walaupun diiming-imingi agar bisa mendapatkan keuntungan jutaan maupun puluhan juta jangan sampai mau ya. Ingat identitas pribadi itu sangat penting daripada uang.

Jadi itulah beberapa  cara menghindari kejahatan cyber crime yang wajib kalian ketahui, Apabila sebelumnya pernah melakukan klik link phising atau sebagainya, mulai sekarang anda wajib menghindarinya. Semoga bermanfaat, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *