2 Cara Membatasi Pengguna Hotspot Di Semua Hp Android

2 Cara Membatasi Pengguna Hotspot Di Semua Hp Android – Smartphone sendiri merupakan sebuah barang yang sudah wajib dimiliki oleh era millenials zaman now. Dengan berbagai macam manfaat yang diberikan oleh smartphone maka tak heran jika alat ini wajib dimiliki.

Apalagi untuk era-era ataupun belakangan ini yang hampir semua kegiatan menggunakan teknologi. Hampir setiap harinya pun manusia tidak lepas dari namanya jaringan internet. Tanpa jaringan internet mungkin hidup sungguh merana terasa sepi sekali karena tidak bisa mengakses internet.

Seiring perkembangan waktu, kini smartphone mulai canggih, dari dulu yang hanya bisa untuk internetan satu hp saja. Akan tetapi kini berbeda, sekarang anda bisa membagikan jaringan wifi anda ke teman-teman sekitar anda ataupun orang lain dengan mudah. Seperti pada fitur yang tersedia di seluruh jenis android yakni teathering atau sering juga disebut dengan hotspot.

Bisa dibilang bahwa fungsi utama fitur tersebut untuk berbagi jaringan internet. Nah untuk berbagi jaringan internet ataupun wifi, anda bisa memberi password ataupun tidak diberi keamanan sama sekali. Itu semua tergantung anda dan orang  yang menggunakan jaringan wifi anda, oiya yang penting lagi kuota anda.

Apabila anda memberikan sebuah password, maka orang lain akan sulit terhubung dengan hotspot anda, akan tetapi yang males memberikan password jadi gak ada securitynya maka secara otomatis orang-orang akan terhubung dengan jaringan wifi anda tersebut. Namun apa jadinya apabila sampai banyak sekali yang menggunakan hotspot anda pastinya kuota anda bisa cepet habis bukan?, maka dari itu disini peran penting dalam membatasi pengguna hotspot.

Sebenarnya anda bisa membatasi pengguna hotspot milik anda tersebut. Hanya perlu mengatur settingan yang terdapat pada device anda tersebut. Namun untuk anda yang ingin tahu silahkan perhatikan ulasan di bawah ini saja agar lebih jelas lagi.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot

1. Tanpa Aplikasi

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran kuota dengan membatasi pengguna hotspot, agar orang lain tidak leluasa menggunakan wifi kita, jadi hanya kita saja yang bisa semena-mena mengatur kuota data. Untuk cara pertama ini mungkin tak menggunakan aplikasi tambahan, jadi sudah ada settingan sendiri dan anda tinggal perl mengatur seperti di bawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan silahkan masuk saja ke menu pengaturan atau jika gak ketemu silahkan pilih saja settings. Jika sudah maka berikutnya silahkan pilih saja hotspot pribadi.
  • Cara berikutnya apabila anda sudah klik hotspot pribadi, maka tinggal klik saja pada bagian perangkat terhubung. Nah disitu nantinya akan menampilkan berapa jumlah yang terhubung.
  • Setelah itu apabila sudah klik, maka tulisannya yakni tidak terbatas, pada batas perangkat terhubung. Nah silahkan tap saja pada bagian itu, lalu setting kira-kira mau berapa yang dibatasi. Mulai dari 1 hingga 6 bahkan tak terbatas pun bisa.membatasi hotspot

Jika sudah seperti itu maka secara otomatis anda sudah selesai mengatur pembatasan pengguna hotspot. Namun perlu anda ketahui bahwa setiap hp memiliki nama settingan yang berbeda-beda, maka dari itu anda harus benar benar jeli dalam hal tersebut.

Akan tetapi bagi anda yang kebingungan menggunakan cara di atas yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan, tidak perlu khawatir, disini akan dijelaskan juga cara membatasi pengguna hotspot dengan aplikasi.

Baca Juga :

2. Dengan Aplikasi

  • Jadi pertama-tama silahkan kalian download saja aplikasi yang bernama mobile wifi hotspot manager – tethering.
  • Apabila terinstal di perangkat hp android, maka berikutnya tinggal buka aplikasinya, lalu pilih hotspot.
  • Jika sudah maka secara otomatis anda akan disuruh menghidupkan hotspot terlebih dahulu dengan klik turn on hotspot.
  • Namun ini berbeda dengan cara di atas, jika di atas yang dibatasi penggunannya kalau ini versi datanya. Jadi pengguna hotspot tidak bisa leluasa menggunakan data anda.
  • Berikutnya perhatikan pada bagian bawah akan terdapat data limit, nah disitu silahkan setting data limit per MB nya, mulai dari 1 MB hingga terserah sesuai keinginan anda. Lalu pada bagian timer mengatur waktu penggunaan hotspot, kira kira mau berapa lama. Dengan demikian maka tidak bisa leluasa lagi menggunakan hotspot, belum lagi jika ada kata sandi WPA2 PSK tersebut.aplikasi hotspot

Oke, dengan begini maka data anda akan lebih hemat dari tangan-tangan gretongan, hehehe. Sekian artikel mengenai cara membatasi pengguna hotspot, semoga bermanfaat untuk anda semua. Sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *