oleh

18 Cara Menambah Viewers Youtube Dengan Cepat Dan 100% Aman

18 Cara Menambah Viewers Youtube Dengan Cepat Dan 100% Aman- Memang youtube adalah tempat streaming video terbaik di dunia. Bukan karena youtube milik google yang membuatnya terkenal, namun  keistimewaan youtube terletak pada monetisasi video yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang melalui internet.

Adanya fitur monetisasi ini membuat banyak orang dari semua kalangan berbondong bondong menjadi youtuber, yang lebih parahnya lagi mereka rela meninggalkan profesi utama dan beralih menjadi youtuber. Memang menjadi youtuber sangat menggiurkan karena banyak youtuber sukses dan mendapatkan kekayaan melimpah dari youtube.

Kesuksesan yang besar tidak luput dari pengunjung/viewer, karena channel youtube dikatakan bagus jika video di dalamnya dilihat oleh banyak orang, meskipun video dalam channel tersebut hanya beberapa biji. Bayangkan jika anda hanya memiliki satu video namun video tersebut adalah despacito, apakah anda mau?, kalau saya pasti mau.

Jika anda memiliki satu video tersebut dan anda sambungkan dengan adsense bayangkan berapa penghasilan yang bisa anda dapatkan?. Nah, ingin meningkatkan jumlah view di youtube?, tentu saja anda mau. Banyak cara menambah viewers youtube dengan cepat, namun saya sarankan gunakan cara yang natural dan aman untuk mendapatkan viewers.

Youtube adalah perusahaan milik google dan tentunya google mempunyai sarana prasarana yang canggih untuk mendeteksi bot, software, atau apapun yang sengaja/tidak sengaja melakukan kecurangan demi untuk mendapatkan kekayaan/popularitas.

Sebelum anda terjun ke hal yang salah demi meningkatkan viewers youtube, disini akan saya terangkan beberapa cara meningkatkan jumlah view di youtube dengan cepat dan tentunya aman, simak baik-baik ya.

Cara Menambah Viewers Youtube Dengan Cepat

1. Memasang Thumbnail Yang Membuat Penasaran

Cara meningkatkan jumlah view di youtube yang pertama dengan optimasi thumbnail. Biasanya saya sendiri kalau nonton video youtube dan melihat thumbnail sebuah video yang “wah” pasti saya memiliki rasa penasaran dan ingin melihat video tersebut. Setelah saya klik dan lihat video tersebut ternyata dalah video biasa dan bahkan tidak berkualitas.

Dari sini saya simpulkan bahwa pemberian sebuah thumbnail yang menarik dapat membuat penonton youtube tertarik melihat video kita meskipun video kita sebenarnya biasa biasa saja.

2. Menyisipkan Video/Embed Di Situs Web (Untuk Yang Memiliki Situs Web/Blog)

video embed

Nah, jika anda memiliki sebuah situs website tidak ada salahnya mencoba memasukkan video youtube anda di dalamnya. Masukkan beberapa video bermanfaat seperti tutorial dan langka-langkah membuat sesuatu yang banyak dicari orang.

Jika blog kamu lumayan besar kan ini bisa berpotensi mendatangkan banyak viewers untuk video anda. Jangan semua video anda masukkan ke situs web, masukkan beberapa saja dari sekian banyak video. Karena jika terlalu banyak bisa berakibat fatal juga untuk kelangsungan blog seperti loading yang lambat.

3. Menuliskan Watermark Untuk Subscribe

Menurut saya fcara menambah viewers youtube dengan cepat yang ketiga ini tidak banyak membantu karena meskipun kita tidak menuliskan watermark subscribe orang orang cenderung men-subscribe sebuah channel youtube yang mereka anggap bagus. Tapi tidak ada salahnya menambahkan sebuah watermark untuk subscribe.

Jumlah subscribe yang banyak juga cenderung meningkatkan jumlah viewers video youtube anda apalagi jika ada video baru yang di upload, mereka pasti akan mendapatkan sebuah email pemberitahuan di gmail bahwa ada sesuatu yang baru di channel anda.

4. Buat Sebuah Fanspage Facebook

fanspage facebook

Melihat facebook adalah raja media sosial, tidak ada salahnya jika mencoba membuat fanspage bertujuan untuk mengenalkan facebook anda ke banyak orang. Buat sebuah fanspage dengan nama, foto sampul, dan foto sampul yang menarik agak banyak orang yang menyukai dan mengikuti fanspage anda.

Jika anda mengupload sebuah video baru jangan lupa share video tersebut ke facebook juga agar orang tidak kesulitan mendapatkan video anda, selain itu peluang orang membagikan video anda semakin besar

5. Share/Membagikan Video Ke Berbagai Media Sosial

Ini merupakan cara menambah viewers youtube dengan cepat yang berpeluang besar dan bisa anda gunakan memperkenalkan channel ke dunia luar dan mendapatkan banyak viewers. Di era teknologi yang semakin maju ini sosial media merupakan kebutuhan utama baru selain sandang pangan dan papan.

Mengapa dikatakan primer?, karena mereka sudah ketagihan dengan hal tersebut dan untuk menghilangkannya pun  sudah sangat sulit. Mau tidur, bangun tidur, mau belajar, setelah belajar mereka tidak lupa dengan yang namanya gadget.

6. Buat Judul Dan Deskripsi Yang Mengandung Kata Kunci

Sama seperti artikel pada situs website yang membutuhkan kata kunci untuk menempati urutan teratas pencarian google, teknik ini juga bisa dibilang SEO. Namun pada youtube tidak sesulit pada blog, pada youtube memang kata kunci hanya diletakkan pada deskripsi dan judul.

Contoh, jika anda mempunyai video baru yang ingin di upload bertema “memasak nasi goreng”, anda bisa mengambil kata kunci “cara membuat nasi goreng”. Pada judul beri nama “7 tahap dan cara membuat nasi goreng” dan pada deskripsi tuliskan “mau masak nasi goreng tapi kesulitan?, tenang saja berikut cara membuat nasi goreng dengan mudah dan cepat rasa nikmat”.

Jadi pada kolom judul dan deskripsi masih terdapat kata kunci sasaran anda.

7. Isi Tag Dengan Kata Kunci

youtube tag

Selain judul dan deskripsi yang wajib diisi dengan kata kunci, isi juga tag dengan kata kunci sasaran anda. Dengan memasukkan kata kunci di tag pencarian bisa lebih spesifik mengarah pada pada video anda. Gunakan beberapa tag/kata kunci agar video anda dapat lebih tertarget.

Untuk anda yang belum tau dimana letak tag, letaknya ada di bawah kolom deskripsi. Masukkan hanya beberapa kata kunci dan jangan terlalu banyak memasukkan, cukup 1 sampai 3 kata kunci saja saya rasa itu sudah sangat cukup.

Baca juga Tutorial SEO youtube lengkap untuk pemula dan bisa anda terapkan untuk mendongkrak peringkat video anda di mesin pencari.

8. Buat Video Semenarik Mungkin

Cara menambah viewers youtube dengan cepat nomor 8 ini mungkin akan sangat sulit, sama dengan situs website yang wajib menyediakan konten semenarik mungkin untuk menarik pengunjung. Pada youtube ini tentunya lebih sulit karena untuk menciptakan konten semenarik mungkin diperlukan sarana dan prasarana yang memadai seperti kamera yang bagus, aplikasi edit video yang biasanya hanya ada di komputer/laptop serta kerjasama dengan orang lain.

Memang tidak semua video yang menarik harus memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, tergantung orang yang mengelola channel tersebut. Jika memang pengelola channel tersebut adalah seseorang yang kreatif tentu saja tidak sulit untuk membuat video yang menarik.

9. Channel Sebaiknya Membahas Mengenai Satu Topik

one nice

Sama dengan situb web, banyak yang mengakatan sebuah situs dikatakan bagus jika hanya fokus membahas satu topik saja. Contoh jika anda handal dan pandai membuat artikel kesehatan maka kembangkan situs website ke topik kesehatan saja dan jangan membahas yang lainnya.

Hal ini juga wajib anda lakukan pada channel youtube anda karena pengunjung/viewer lebih tertarik dengan channel youtube yang mempunyai satu topik dan tidak campur aduk.

10. Tambahkan Fitur Anotasi Untuk Menyarankan Viewers Melihat Video Anda Yang Lain

Fungsi ini sama dengan artikel terkait/related posts pada blog, mengapa dikatakan demikian?. Karena fitur ini memberitahukan penonton mengenai video terkait yang mungkin saja mereka cari. Selain memudahkan penonton untuk mendapatkan video yang diinginkan hal ini juga dapat meningkatkan viewers anda secara signifikan.

Untuk cara pembuatan yakni masuk ke Creator Studio kemudian pilih video yang ingin disisipi anotasi lalu klik kanan dan pilih Info & Setelan. Nah nanti anda akan diarahkan ke menu edit video, pilih Layar Akhir & Anotasi, klik tambah elemen dan masukkan elemen yang ingin anda masukkan seperti Video/Playlist, Subscribe, Channel dan Tautan.

Jika sudah menambahkan anotasi terakhir klik Simpan untuk menyimpan perubahan

11. Jika Channel Anda Membahas Banyak Topik, Buat Playlist Khusus Untuk Kategori Tertentu

Catatan : cara menambah viewers youtube dengan cepat ini khusus untuk pengelola channel youtube gado-gado, jika anda ingin pengunjung mendapatkan  video yang spesifik/dalam arti hanya satu kategori sedangkan channel anda memuat banyak kategori maka buatlah playlist yang memuat kategori tertentu agar viewers yang datang lebih tertarget.

Jangan sampai anda membiarkan channel gado-gado anda dalam satu kategori yang campur aduk karena itu menandakan bahwa channel anda tidak berkualitas.

12. Kerjasama Dengan Youtuber Lain

teamwork

Langkah ini tidak salah untuk dicoba karena untuk sukses sendiri sangat sulit. Memang bisa namun kebanyakan bisnis yang sukses dikelola oleh banyak orang. Jika anda adalah youtuber pemula cobalah untuk merayu youtuber berpengalaman atau belajar dari mereka yang sudah sukses.

Sebagai contoh, ajak kerjasama youtuber seperti anda membagikan video mereka dan minta mereka juga membagikan video youtube anda. Bagaimana, tertarik kerjasama untuk mendapatkan banyak viewer dan kesuksesan?.

13. Buat Video Yang Panjang

Untuk membuat video yang panjang kita dapat merekan kehidupan sehari-hari kita seperti pada saat melakukan olahraga, bermain game dan hal pribadi lainnya. Selain itu anda bisa  membuat video yang panjang dari merekam suatu peristiwa seperti melihat orkes, band, takbiran dan masih banyak lagi.

Jangan memaksakan membuat video panjang jika anda tidak bisa melakukannya, buat video yang pendek namun berkualitas itu sudah sangat bagus.

14. Buat Video Yang Sedang Trending

Cara menambah viewers youtube dengan cepat selanjutnya yakni dengan membuat video yang sedang trending, mengapa orang lebih tertarik dengan yang berbau viral/trending?, karena mereka ikut-ikutan teman yang menyarankan.

Sebagai contoh saya mengatakan ke riski “ki, ada video musik terbaru yang lagi tenar sekarang, pokoknya bagus banget. Judulnya blablabla”, nah dari itulah riski mencari video tersebut di youtube dan dari situlah pengunjung datang.

Tidak usah jauh jauh, kemarin video orang dibakar hidup-hidup di bekasi dalam beberapa hari saja sudah jutaan kali dilihat di youtube dan video despacito yang dilihat hingga milyaran kali.

Selain video trending, berikut beberapa jenis video yang cepat menghasilkan receh di youtube.

15. Hindari Reputasi Buruk Channel

Jika anda youtuber pemula sebaiknya jangan melanggar terms of services google seperti mengunggah video sensual, berbau ketelanjangan, ilegal, serta melakukan reupload tanpa seijin pemilik video yang asli. Jika channel anda sudah mendapatkan peringatan buruk maka perlu berbulan bulan untuk mengembalikan reputasi tersebut.

Google akan memberikan peringatan 3 kali seperti memberikan reputasi channel yang buruk, menonaktifkan upload, menangguhkan akun hingga membanned akun. Maka dari itu anda harus terus berhati hati dan jangan sampai channel youtube milik anda ternodai oleh reputasi buruk yang menyebabkan viewer jadi enggan dan tidak ingin melihat video-video anda.

16. Sekali-Kali Lakukan Live Streaming Agar Viewers Tau Pemilik Channel

Kadang cara menambah viewers youtube dengan cepat ini perlu dilakukan karena biasanya pemilik channel youtube tidak ingin memperkenalkan dirinya ke dunia luar. Dengan kesempatan ini anda bisa memperkenalkan diri dunia luar.

Banyak youtuber terkenal banyak yang memperkenalkan diri mereka seperti kaesang, keluarga gen halilintar dan masih banyak lagi. Sebagai youtuber pemula anda bisa meniru para youtuber seperti mereka yang tidak malu memperkenalkan diri ke dunia luar.

17. Jangan Sekali Kali Re-Upload Video Orang Lain

Nah, ini yang seringkali dilakukan oleh youtuber terutama pemula, sebelum anda menyesal dikemudian hari lebih baik saya ingatkan sekarang, memang benar video orang lain dapat lebih banyak mendapat view daripada video pribadi namun nanti jika video orang lain yang anda re-upload tadi mendapatkan banyak viewer hingga ratusan ribu niscaya pemilik video yang asli akan menggugat anda.

Bisa saja pemiliki video yang asli menggugat, menghapus video reupload tadi, dan menjatuhkan vonis hak cipta untuk channel youtube anda yang tentu saja akan menyebabkan reputasi channel tercemar/buruk. Saya sarankan jangan sekali kali mengupload video orang lain/re-upload ya guys.

18. Buat Video Berkualitas Tinggi (HD)

Cara meningkatkan jumlah view di youtube yang terakhir yakni upload video HD. Sebagian orang memperhatikan kualitas video, mereka merasa bahwa dengan melihat video berkualitas tinggi (high definition) akan membuat mereka merasa lebih puas. Saya sendiri jika sedang melihat video di youtube selalu mencari video dengan kualitas yang bagus meskipun tidak HD karena itu bisa membuat saya lebih puas.

Selain itu video berkualiatas tinggi mempunyai peluang besar mendapatkan banyak viewers dibandingkan dengan video berkualitas rendah seperti 3gp.

Itulah beberapa cara menambah viewers youtube dengan cepat, memang mendapatkan viewers secara alami membutuhkan proses yang lama, namun itu akan lebih baik untung kelangsungan channel youtube anda daripada menggunakan cara-cara ilegal seperti menggunakan bot.

Sekian, semoga bermanfaat bagi anda para youtubers terutama yang masih dalam tahap belajar. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 comments