oleh

8+ Cara Mempromosikan Produk Secara Online Dengan Benar & Jitu

8+ Cara Mempromosikan Produk Secara Online Dengan Benar & Jitu – Bisnis online adalah suatu hal yang menjanjikan beberapa tahun belakangan ini. Sejak maraknya penggunaan smartphone android, konsumsi akan internet semakin meningkat setiap tahunnya.

Selain itu semakin banyaknya pengguna smartphone yang selalu online menyebabkan para pelaku bisnis memutar kepala bagaimana caranya agar produk mereka yang biasanya laku terjual secara offline menjadi lebih laku secara online. Dan strategi bisnis online seperti ini sangat menjanjikan.

Akibat dari hal tersebut, banyak sekali bisnis online yang muncul dan menjamur di internet. Contohnya seperti toko online, marketplace, jual beli jasa, dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak bisnis tersebut, hanya sedikit yang mempunyai nama dan menjadi besar.

Sukses tidaknya bisnis tersebut cenderung tergantung cara mempromosikannya. Nah, maka dari itu disini saya akan menerangkan beberapa cara promosi, terutama promosi online yang benar dan tepat sasaran. Langsung saja berikut artikelnya.

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

1. Mulai Perkenalkan Produk Kepada Orang-Orang Sekitar

Jika anda bukanlah siapa-siapa (artis, tokoh masyarakat) atau seseorang yang belum mempunyai nama, cara terbaik untuk berpromosi di tahap awal yakni memperkenalkan produk kepada orang-orang di sekitar anda, contohnya teman, sahabat, keluarga, dan tetangga sekitar.

Dengan memperkenalkan produk ke orang-orang terdekat kita, peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan bisa semakin besar. Ini karena orang-orang terdekat anda juga pasti mempromosikan barang anda ke teman-teman lainnya, apalagi jika produk anda memiliki kualiatas baik.

2. Membagikan Brosur

menyebar brosur

Setelah memperkenalkan produk milik anda, selanjutnya anda bisa mencoba cara yang lebih baik lagi dengan membuat selebaran dan menyebarkannya. Untuk menyebarkannya, sesuaikan jenis produk dengan target promosi anda. Contoh, jika produk yang dijual adalah peralatan sekolah, maka targetntya adalah pelajar.

Anda bisa mengajak orang-orang terdekat anda untuk melakukan promosi produk, karena mereka sudah tahu mengenai produk tersebut. Dan jangan lupa anda juga harus menerangkan secara rinci mengenai produk anda agar seseorang paham dan ingin mengkonsumsi/memakainya.

3. Berpromosi Melalui Media Sosial

Selanjutnya manfaatkan media sosial, anda bisa berpromosi melalui facebook, instagram, twitter, dan media sosial lainnya untuk menarik minat pelanggan lainnya. Khusus untuk facebook, anda bisa berpromosi melalui grup-grup yang anggotanya sudah banyak, dan alangkah baiknya anda menggunakan fitur Facebook Ads.

4. Berpromosi Melalui Iklan Baris Online

promosi iklan baris online

Di internet, banyak sekali situs iklan baris yang bisa anda gunakan gratis untuk mempromosikan produk anda. Peluang mendapatkan pembeli dan pelanggan disini sangat besar karena bukan hanya seseorang dari daerah anda, bahkan seseorang dari luar daerah anda juga berpeluang mengetahui produk anda.

5. Memanfaatkan Situs Web/Blog & Channel Youtube (Jika Punya)

Sebuah keuntungan besar bagi anda yang memiliki situs web pribadi maupun channel youtube, apalagi jika situs web dan channel youtube tersebut sudah memiliki pengunjung yang cukup tinggi. Banyak sekali situs di luar sana yang memanfaatkan cara mempromosikan produk secara online ini untuk mempromosikan produknya.

Dan tentu saja mereka berhasil dengan cara promosi online gratis ini, karena situs web mereka sudah besar dan terkenal. Khusus untuk facebook, mungkin anda harus membuat video tersendiri untuk menjelaskan keunggulan dari produk anda agar seseorang berminat untuk membelinya.

6. Menggunakan Media Pengiklan, Contoh Google Adwords (Opsional)

Nah, untuk poin ini sebenarnya tergantung dari budget anda. Karena beriklan di media pengiklan seperti google adwords membutuhkan dana yang besar, dan meskipun begitu belum tentu produk anda diminati oleh banyak orang. Tetapi jika anda mengetahui caranya, akan sangat mudah bagi anda melakukannya.

7. Mengadakan Giveaway

Sudah tahu event giveaway yang biasanya ada di berbagai acara atau seminar?. Event giveaway ini sebenarnya dilakukan sebagai media promosi agar seseorang lebih tertarik membeli dan menggunakan produk agar mendapatkan hadiahnya.

Contoh, agar produk A semakin dikenal, si pemilik produk mengadakan giveaway sebuah ponsel dan menyiarkannya secara online di youtube. Secara langsung pasti anda tertarik karena mempunyai peluang mendapatkan handphone gratis, tetapi sebuah giveaway pasti ada syaratnya.

Syarat tersebut misalnya Like Fanspage, Like Twitter, Follow Instagram, Like Video Facebook, Hingga Diharuskan Membeli Sebuah Produk agar bisa mengikuti giveaway tersebut. Dan secara tidak langsung si pemiliki produk juga senang karena peluang produknya terkenal semakin besar.

8. Berpromosi Dengan Menggunakan Kaos Yang Sudah Dicetak

kaos promosi

Nah, cara terakhir yang berpromosi menggunakan kaos yang sudah dicetak menjadi sebuah logo/icon produk yang ingin dijual. Cara ini lumayan efektif juga, karena sedikit demi sedikit produk anda akan terkenal, apalagi jika kaos tersebut anda jual secara online melalui situs web atau channel youtube.

Baca juga cara membuat fanspage facebook untuk promosi online.

Selain 8 cara promosi produk di atas, masih banyak lagi cara promosi online yang efektif dan bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk anda. Lakukan persiapan yang matang sebelum promosi agar pada saat proses promosi menjadi lebih mudah dan efektif.

Sekian artikel mengenai cara mempromosikan produk secara online yang baik, benar, dan tepat sasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para pelaku bisnis online, dan semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasig atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment