√ Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Meeting Online

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Meeting Online – Entah kapan virus corona yang ada di Indonesia ini berakhir?, semoga semuanya selalu dalam lindungan – NYA. Banyak sekali dampak yang diberikan oleh virus corona tersebut, mulai dari perekonomian, pendidikan, dan sosial pun ikut terkena.

Salah satu yang terkena dampak lumayan parah terutama di sektor pendidikan. Banyak sekali jadwal-jadwal yang melenceng atau tidak sesuai dengan aturan yang tertulis atau yang sudah dibuat di jauh hari.

Sebenarnya tidak hanya pendidikan, namun semua aspek. Akan tetapi pada kali ini lebih dibahas ke pendidikan, adanya virus corona menyebabkan tidak bisa tatap muka secara langsung ataupun ketemuan. Selain itu banyak sarjana muda yang hendak lulus, melakukan ujian skripsi secara online dengan menggunakan media sosial.

Walaupun sekolahan maupun kampus libur, akan tetapi tetap saja banyak tugas. Dan ada juga untuk beberapa sekolah walaupun libur tetap melakukan pelajaran seperti biasanya. Namun yang membuat beda kali ini yakni secara online. Banyak sekali media yang dimanfaatkan untuk pembelajaran online, mulai dari google classroom, whatsapp, dan salah satunya yang baru populer ada zoom.

Banyak yang memilih zoom dikarenakan bisa langsung banyak orang yang gabung pada tatap muka secara online. Tidak seperti whatsapp yang bisa video call an hanya 4 orang saja, sedangkan untuk zoom ini bisa 10 orang lebih. Wow sangat fantastis bukan?, maka tak heran banyak yang menggunakan ini untuk pembelajaran. Selain pembelajaran ini bisa juga untuk meeting pekerjaan ataupun meeting organisasi.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi zoom untuk meeting dan pembelajaran?. Berikut di bawah ini saya akan menjelaskan caranya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Meeting

Sebelum itu kita perlu tahu bahwa aplikasi zoom sendiri tersedia untuk pc ataupun smartphone. Kalau pc sih cenderung agak ribet, apalagi jika gak ada kamera di laptopnya. Maka dari itu biasanya cenderung memilih menggunakan smartphone.

  • Langkah yang pertama silahkan kalian download aplikasinya terlebih dahulu
  • Setelah download silahkan langsung instal
  • Berikutnya siapkan akun gmail yang di mana digunakan untuk daftar
  • Lalu dilanjut silahkan mengisi nama depan dan belakang, setelah itu ceklis saja bagian i agree to the tos
  • Setelah itu kalian lanjut saja klik sign updaftar zoom
  • Berikutnya silahkan cek alamat email kalian untuk verifikasi, hal ini digunakan untuk mengaktivasi akun kalian agar valid
  • Dilanjut lagi dengan memasukkan kata sandi yang rumit juga, biar aman
  • Berikutnya silahkan undang rekan kerja yang akan anda ajak dengan memasukkan alamat email mereka semua
  • Apabila tidak mencukupi, maka berikutnya silahkan pilih saja add another email
  • Selanjutnya silahkan memasukkan kode chapta, dilanjut dengan memilih invite.invite akun zoom
  • Terakhir silahkan simpan alamat url nya atau dengan kata lain grup rapat, lalu klik start meeting now.
  • Ada juga menu lainnya untuk bergabung dalam meeting, membuat meeting baru, share screen, dan masih banyak lagimenu zoom

Baca Juga :

Jadi seperti itulah mengenai cara menggunakan aplikasi zoom untuk meeting online. Untuk menjalankan aplikasi untuk rapat agar suaranya tidak putus-putus, pastinya anda harus memiliki jaringan yang stabil seperti wifi misalnya. Jika tidak ada wifi, silahkan kalian bisa gunakan kartu provider terbaik di kawasan anda.

Karena biar rapat berjalan dengan lancar dan tanpa ada halangan. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir, kalau ada hal yang belum tersampaikan. Selain membantu dalam rapat, dengan menggunakan zoom tentu saja jadi lebih efisien lagi. Terutama untuk memutus penyebaran virus covid-19 ini.

Terakhir, untuk aplikasi zoom ini juga sangat support dan kompatibel di segala jenis android ataupun segala jenis smartphone, android maupun apple, dan sebagainya pun tetap bisa. Semoga tutorial menggunakan zoom untuk meeting atau rapat online ini bermanfaat untuk anda semuanya. Apabila ada pertanyaan langsung saja tanyakan di kolom komentar, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *