6 Fitur Rahasia Gmail Yang Jarang Sekali Diketahui, Kamu Wajib Coba!

5 Fitur Rahasia Gmail Yang Jarang Sekali Diketahui, Kamu Wajib Coba! – Gmail merupakan salah satu fasilitas surat elektronik dari google yang memberikan banyak sekali manfaat. Mulai dari hiburan hingga pekerjaan kantor. Menghadirkan fitur yang begitu banyak, tentu saja mendatangkan minat pula terhadap layanan gratis ini. Di gmail kita bisa mengirim tulisan, foto, lagu, dan video.

Namun sayangnya ada batasan untuk mengirim hal-hal yang kita inginkan. Dan ada juga beberapa fitur menarik lainnya yang terkadang banyak orang yang belum tahu.

Penasaran dengan fitur-fiturnya?, tenang. Berikut saya akan memberikan beberapa fitur gmail yang dimana banyak orang yang belum tahu. Selain itu fitur ini juga memiliki banyak sekali manfaatnya loh. Untuk jelasnya silahkan kalian simak di bawah ini.

Fitur Rahasia Gmail

1. Email Terjadwal

Misalnya anda mengirimkan sebuah file, namun tidak harus dikirim langsung pada hari itu juga, melainkan hari-hari besok. Nah anda juga bisa mengatur jadwal pengiriman email tersebut. Ini dapat ditemukan pada saat anda ingin mengirim email. Nah disampingnya seperti ada arak panah ke atas, di situlah anda bisa mengatur kapan mengirimnya.

Tentu saja ini bermanfaat, misalnya anda sebagai dosen. Ketika ingin memulai mengirim tugas, tanda bisa mengatir jadwal kapan anda ingin mengirimkan email tersebut. Dengan memanfaatkan ini pastinya akan terbantu sekali. Ini pun juga mencegah kelupaan, apabila ada tugas yang seharusnya dikirim seminggu lagi tapi anda sudah selesai, berhubung takut lupa maka anda bisa mengatur jadwalnya.

2. Undo Send

gmail undo send

Undo send merupakan salah satu fitur gmail belum banyak diketahui. Ketika anda mengirim dokumen yang salah, dengan adanya fitur ini maka kalian bisa memberikan jeda waktu atau durasi untuk melakukan pembatalan pengiriman email.

Disediakan mulai dari 5 detik hingga 30 detik. Bagi kalian yang tertarik mengaktifkan fitur yang satu ini, silahkan masuk saja ke menu setting dan masuk ke logo ikon roda gear pada kanan atas. Silahkan kalian pilih bagian undo send, atur saja durasinya dan terakhir save pada bagian paling bawah.

3. Mute Email Yang Tidak Penting

Berikutnya fitur yang menurut saya paling berguna, yaitu bisa mute email yang sekiranya tidak penting. Pastinya anda pernah bukan?. Di mana ada banyak sekali email yang masuk entah itu di spam ataupun di kotak masuk email utama. Dengan adanya fitur ini kalian bisa membungkam email-email yang sekiranya anda anggap mengganggu. Untuk caranya sendiri juga gampang banget kok.

Buka gmail, setelah itu buka saja email ataupun gmail yang sekiranya ingin anda mute. Setelah itu silahkan pilih saja ikon titik tiga dan pilih opsi mute.

4. Mode Offline

gmail offline mode

Apabila kalian sedang di kondisi tidak punya kuota internet, akan tetapi ingin banget menulis email. Anda bisa menulis email baru tanpa harus menggunakan koneksi internet. Tapi untuk terkirimnya anda harus terhubung di internet. Bisa dibilang ini nanti masuke draft terlebih dahulu. Jadi menulis ataupun mencatat di email, dikirimnya ketika sudah ada koneksi internet.

Baca Juga :

5. Menghapus Kategori Tab

Mungkin banyak yang belum tahu tentang hal ini. Kategori tab sendiri sebenarnya sangat bermanfaat. Dimana kita bisa menemukan email dengan mudah karena sudah dikategorikan. Tapi mungkin banyak juga yang enggan akan hal ini, tapi bisa dihapus kok. Caranya yakni, masuk ke setting, setelah itu tinggal masuk ke kotak masuk email yang ingin kalian hilangkan. Terakhir tinggal centang saja sob.

6. SMS Passcode

gmail passcode

Jika kalian mengirim email yang bersifat rahasia dan tidak ingin siapapun membacanya, kalian bisa coba menggunakan fitur SMS Passcode.

Dengan mengaktifkan fitur ini nantinya kalian diwajibkan menambahkan nomor HP agar Google bisa mengirimkan passcode lewat SMS ke HP kalian.

Maka, pengguna yang ingin mengakses isi email tersebut harus memasukkan kode yang sudah dikirimkan oleh Googleke handphone tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian pilih ikon titik tiga, lalu pilih menu Confidential Mode kemudian aktifkan SMS Passcode.

Jadi itulah beberapa fitur rahasia gmail yang bisa kalian coba sekarang juga. Jika asih ada yang belum anda pahami, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel. Semoga bermanfaat ya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *