√ Fungsi Internal Link dan Manfaatnya untuk Website

Fungsi Internal Link dan Manfaatnya Untuk Website – Banyak sekali forum diskusi blogger yang menjelaskan cara membangun link yang “katanya” bisa membuat peringkat suatu konten website menduduki peringkat yang lebih baik.

Namun dari sekian banyak blogger yang mencari tahu tentang strategi link building, sedikit dari mereka yang bisa menerapkannya dan yang lainnya masih kesulitan.

Untuk internal link sebenarnya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk website. Jadi anda sebagai blogger harus bisa menerapkannya dengan baik.

A. Fungsi Internal Link

Sebelum lanjut kepada fungsi dan manfaatnya, anda wajib mengetahui apa itu internal link. Internal link merupakan sebuah tautan/url sebuah artikel yang terdapat di dalam blog tersebut.

Internal link juga sering disebut Inbound link. Untuk fungsi dan manfaatnya, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Meningkatkan Kenyamanan Pengguna

Bagi saya, dengan menambahkan internal link pada setiap artikel dapat membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

Seseorang akan lebih nyaman mencari topik yang relevan dengan artikel yang sedang mereka baca. Jadi usahakan ketika memasang internal link, cari topik yang sama dengan artikel yang sedang anda buat.

2. Meningkatkan SEO Blog Anda

Perlu anda ketahui bahwa menambahkan link masuk untuk setiap artikel merupakan salah satu strategi seo yang manjur untuk meningkatkan kualitas seo. Hal ini bisa memperkuat struktur setiap artikel.

3. Meningkatkan Visibilitas Semua Konten Dalam Website

visibilitas konten

Dengan menambahkan suatu link masuk di setiap artikel, hal ini memberi tanda kepada mesin pencari bahwa semua konten di dalam web aktif. Baik artikel lama maupun artikel baru bisa mendapat pengindeksan yang bagus.

Jika anda memiliki beberapa artikel populer pasti anda juga memiliki beberapa artikel yang tidak begitu populer. Nah untuk mengatasi artikel yang tidak populer, cukup letakkan link dari artikel yang tidak populer tadi di artikel populer.

4. Membedakan Blog Berkualitas dan Tidak Berkualitas

Fungsi selanjutnya yakni seperti yang sudah saya terangkan di atas bahwa dengan menanamkan link inbound menandakan perbedaan antara blog berpengalaman dan belum berpengalaman.

Karena pada blog baru kebanyakan artikel masih acak-acakan dan hanya memikirkan kuantitas/jumlah artikel. Ini yang sebenarnya salah dari blog baru tersebut karena link inbound ini sangatlah penting meskipun untuk blog baru.

Baca Juga :

B. Tips Memasang Internal Link yang Baik dan Benar

  • Jangan pasang terlalu banyak inbound link, maksimal 3.
  • Usahakan pasang inbound link yang masih ada kaitannya dengan isi artikel. Contoh, jika anda membuat artikel tentang cara memasang iklan adsense, anda bisa memasang link internal cara mendaftar iklan google adsense.
  • Selalu periksa link, minimal 1 minggu sekali untuk mencegah perubahan url.

Jadi itulah artikel singkat tentang fungsi internal link, manfaatnya, hingga tips pemasangan yang baik dan benar. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 komentar

  1. Nice artikelnya bro, Berarti Linknya itu masih masuk ke artikel itu lagi ya bro.

  2. yang pasti dengan meletakkan link internal yang sejenis pada artikel kita, akan memudahkan pembaca untuk memberikan infromasi bahwa ada artikel lain yang berkaitan yang dapat dibaca juga.