4 Fungsi Internal Link Dan Manfaatnya Untuk Blog

Fungsi Internal Link Dan Manfaatnya Untuk Blog – Banyak sekali forum diskusi blogger yang tiap harinya menjelaskan cara membangun link / strategi link building yang “katanya” bisa membuat peringkat suatu konten website melaju ke puncak teratas mesin pencari terutama google. Namun dari sekian banyak blogger yang mencari tahu tentang strategi link building, sedikit dari mereka yang bisa menerapkannya dan yang lainnya masih kesulitan.

Banyak blogger yang bertanya “apakah internal link itu ada manfaatnya mas buat blog? saya newbie jadi mohon maaf saya juga tidak tahu apa itu internal link blog dan fungsinya untuk. Dari pertanyaan itulah disini saya akan bahas apa itu link masuk / internal link pada blog serta fungsi dan manfaatnya.

Apa itu internal link?

Internal link yakni sebuah tautan / url sebuah artikel yang dicantumkan di dalam artikel lain yang masih ada kaitannya / mempunyai topik yang sama pada satu website yang sama. Teman-teman paham?, kalau tidak paham akan saya jelaskan dengan mendetail.

Contoh : Kemarin anda membuat sebuah artikel yang berjudul “resep terbaik bubur kacang ijo”, nah hari ini anda ingin membuat artikel yang berjudul “langkah-langkah membuat bubur kacang ijo”, nah disini kan bisa diartikan bahwa kedua artikel mempunyai satu topik yang sama, dari kesimpulan ini bisa saja url dari resep bubur kacang ijo dimasukkan ke artikel baru yang ingin anda buat tadi. Masih belum paham?, kalau begitu lihat gambar dibawah ini

contoh internal link

Nah pada judul artikel kan bertuliskan “cara menghilangkan readmore otomatis” nah itu url bertuliskan “cara membuat readmore dengan gambar di blogger yang warna merah adalah internal link. kan itu masih ada satu topik kalau dipikir-pikir.

Nah jika anda sudah tau apa itu internal link, sekarang yang ada di benak anda yakni

Apakah internal link itu penting?

Internal link itu sangat penting, robot perayap sekelas google, bing, dan yandex pasti menaruh sebuah konten berkualitas dan menarik pada halaman pertama. Itu sudah pasti, karena mereka ingin pengunjung mendapatkan artikel yang benar-benar berkualitas dan menarik. Maka dari itu website yang memiliki konten dengan link building bagus pasti mendapatkan peringkat yang lebih tinggi daripada blog lain yang memiliki topik sama. Ini juga termasuk dalam strategi SEO.

Baca juga Optimasi seo on page yang baik dan benar pada blog.

Setelah mengetahui penting tidaknya link masuk pada sebuah website, ada beberapa orang yang bertanya “Lalu jika kita mencantumkan link masuk yang mempunyai topik dan kategori sama, lalu apa fungsi dari widget artikel terkait?, artinya gak fungsi tuh widget”.

Simpel saja jawabannya “itu kan cuma widget, dan widget menurut anda termasuk dalam konten apa tidak?, kalau menurut saya pribadi tidak, widget dan postingan berbeda dan itu hanya digunakan untuk melengkapi artikel, daripada tidak ada widget dibawah artikel mending dipasangin itu. Hehehe.

Tergantung anda sendiri yang memilih apakah link masuk itu penting apa tidak, lanjut ya bro.

Lalu Apa Fungsi Internal Link Untuk Situs Website?

1. Meningkatkan Pengalaman Untuk Pengguna (Admin / Penulis lain)

Bagi saya, dengan menambahkan internal link pada setiap artikel dapat membuat saya menjadi lebih berpengalaman seperti bisa membedakan antara topik yang satu dengan yang lainnya. Bisa dilihat bahwa setiap postingan di blog saya ini tidak ada yang tidak mempunyai link masuk.

Bisa dilihat dari blog baru milik orang awam yang baru mengenal dunia per bloggeran, mohon maaf pasti amburadul dan tidak mempunyai link masuk. Nah bisa diartikan bahwa pengalaman dia belum ada di dunia blogger.

Dengan menambahkan internal link pada setiap postingan ini bisa menunjukkan seberapa expert orang tersebut dalam dunia blogging. Orang yang expert di bidang blogging pasti tau fungsi internal link serta cara menerapkannya.

2. Meningkatkan Skor SEO Blog Anda

Perlu diketahui bahwa menambahkan link masuk untuk setiap artikel merupakan salah satu strategi seo yang manjur untuk meningkatkan kualitas seo yang berguna memperkuat setiap artikel untuk melenggang mulus ke halaman teratas pencarian.

Selain itu ini dapat memudahkan persaingan dengan sesama blogger yang mempunyai topik sama. Bisa dilihat pada halaman pertama google banyak artikel dari situs besar yang mempunyai kualitas link building mantap.

3. Meningkatkan Visibilitas Semua Konten Dalam Website

visibilitas konten

Dengan menambahkan suatu link masuk di setiap artikel ini memberi tanda kepada mesin pencari agar meng crawl semua isi konten tersebut, dengan mencantumkan link masuk dari artikel lama ke artikel baru ini sama saja dengan memperingatkan mesin pencari agar artikel blog lama masih tetap ada dan eksis.

Jika anda memiliki beberapa artikel populer pasti anda juga memiliki beberapa artikel yang tidak berkualitas. Nah untuk mengatasi artikel yang tidak populer, cukup letakkan link dari artikel yang tidak populer tadi di artikel populer anda agar artikel non populer tadi bisa ikut populer. Ini merupakan proses penyegaran artikel lama.

4. Dapat Membedakan Suatu Blog Berkualitas Dan Tidak Berkualitas

Fungsi internal link selanjutnya yakni seperti yang sudah saya terangkan diatas bahwa dengan menanamkan link inbound menandakan perbedaan antara blog berpengalaman dan belum berpengalaman.

Karena pada blog baru kebanyakan artikel masih acak-acakan dan hanya memikirkan kuantitas / jumlah artikel sebanyak-banyaknya. Seo dan lainnya urusan belakangan. Ini yang sebenarnya salah dari blog baru tersebut karena link inbound ini sangatlah penting meskipun untuk blog baru.

Sebelum membuat inbound link, perhatikan hal-hal berikut ini

Mungkin ini lebih mengarah pada wordpress karena berhubungan dengan plugin. Untuk lebih memudahkan pembuatan internal link pada situs wordpress alangkah baiknya memerlukan bantuan dari sebuah plugin seperti “Search Term Tagging 2”.

Plugin ini dapat membantu dalam pembuatan link inbound secara otomatis berdasarkan keyword dan tag, namun disini kebanyakan kategori ya. Plugin ini dapat membantu membuat inbound link secara tidak terbatas.

Namun para user harus hati-hati memasang link masuk karena pemberikan link masuk yang berlebihan dapat membuat artikel tersebut dianggap spam dan robot perayap tidak suka dengan spam.

Untuk blogspot sendiri, memasang internal link harus dilakukan secara manual dan harus membutuhkan keahlian expert.

Selain itu gunakan inbound link anchor text yang bervariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju dan lakukan secara teratur.
Sebenarnya banyak fungsi inbound link dan manfaatnya untuk situs website selain hal diatas. Anda bisa mencari fungsi lainnya setelah menerapkan hal ini pada blog anda.

Sekian mengenai fungsi internal link, semoga bermanfaat untuk anda para bloggers sekalian, tetap semangat ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 komentar

  1. Nice artikelnya bro, Berarti Linknya itu masih masuk ke artikel itu lagi ya bro.

  2. yang pasti dengan meletakkan link internal yang sejenis pada artikel kita, akan memudahkan pembaca untuk memberikan infromasi bahwa ada artikel lain yang berkaitan yang dapat dibaca juga.