5 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Terbukti Ampuh, Coba Sekarang!

Kayeols

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Terbukti Ampuh – Diantara anda ada yang memiliki laptop gaming ataupun laptop standar pada umumnya?, pasti punya. Dan mungkin juga diantara anda ada yang mengalami masalah dimana laptop sering mati.

Memang laptop tiba tiba mati ini sering terjadi saat sedang bermain game ataupun mengerjakan tugas. Tentu saja jika bermain game, dan tiba tiba mati maka terasa sangat menyebalkan. Jika mengerjakan tugas pasti aman aman saja, karena bisa di save terlebih dahulu.

Disini, pertanyaannya kira-kira apa penyebab dari kondisi laptop yang seperti itu?. Kejadian laptop mati sendiri tersebut sebenarnya ada banyak hal, mulai dari overheat, korsleting listrik, dan masih banyak lag. Dalam beberapa situasi memang anda pun perlu mengganti laptop anda yang sudah lama. Eits namun jika ganti pastinya harus beli dan mengeluarkan biaya lagi.

Maka dari itu anda pasti ingin tahu saja cara mengatasi laptop mati sendiri. Namun biar lebih lengkap, anda wajib mengetahui beberapa penyebabnya. Silahkan simak beberapa penyebab di bawah ini!.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

A. Penyebab

1. Overheat

laptop overheat

Overheat merupakan kondisi dimana laptop kelebihan panas dan mungkin sudah melebihi kapasitas panas yang sudah ditentukan.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Semua Windows

Dengan demikian sistem pun tidak kuat, pada akhirnya laptop mati sendiri. Khususnya beberapa bagian yang kurang tahan terkena panas yang berlebihan. Akan tetapi yang paling rawan sendiri pada bagian prosesor.

2. Processor Rusak

Penyebab kedua sebenarnya ini saling berkaitan dengan yang pertama tadi atau overheat. Perlu anda ketahui bahwa prosesor ini sangat penting guna menjalankan laptop. Maka dari itu apabila sudah rusak prosesor anda, maka sering kali laptop anda mati sendiri.

Biasanya prosesor yang sudah terlalu lama ataupun sering kena overheat yang membuatnya rusak. Selain itu, kerusakan ini juga bisa dikarenakan anda langsung klik tombol off secara langsung tanpa menekan tombol shutdown.

Baca Juga :

Baca Juga:  2 Cara Melihat Arsip Cerita di Facebook dengan Mudah

B. Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah membahas beberapa penyebab, maka kini waktu ke bagian inti yakni cara mengatasi sering mati. Silahkan ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Beli Cooling Pad

cooling pad

Langkah pertama untuk mengatasi laptop yang suka mati dikarenakan overheat yakni dengan menggunakan cooling pad. Karena ini membantu laptop anda mendinginkan perangkat keras yang ada di laptop.

Terlebih lagi anda adalah gamer, dimana kalau gamer pemakaian laptop akan lebih ekstrim dan cepat panas. Maka dari itu pastikan anda beli cooling pad. Harganya murah kok, mulai dari Rp 100 ribuan.

2. Mengatasi Laptop Mati Sendiri Dengan Mengganti Prosesor

Jika anda merasa bahwa prosesor anda memang sudah lama umurnya, dan mungkin anda pernah melakukan hal hal yang membuat prosesor rusak. Maka disini anda perlu untuk mengganti prosesor yang rusak. Karena kemungkinan anda keseringan mematikan laptop secara paksa.

Lama kelamaan ketika laptop baru dihidupkan serta hanya baru beberapa menit saja akan tetapi malah mati lagi. Jadi pokoknya ganti saja prosesornya.

Baca Juga:  √ Kelebihan dan Kelemahan Windows 7, Baca Sebelum Nyesel!

3. Ganti Baterai

baterai laptop

Dalam beberapa kasus baterai juga menjadi pemicu kenapa laptop anda suka mati. Baterai yang drop misalnya, ini bisa saja menjadi penyebab utama.

Maka dari itu silahkan ganti baterai anda, apabila memang baterai anda suka bermasalah. Terlebih lagi anda suka memakai laptop dimana charger masih terhubung, padahal baterainya pun sudah penuh.

4. Instal Ulang Windows

reinstall windows laptop mati sendiri

Mungkin saja laptop sering mati karena kesalahan sistem, jadi saran terbaik adalah dengan menginstal ulang sistem yang sedang digunakan. Kebanyakan, dengan menggunakan cara ini, error jenis apapun pasti berhasil diatasi.

Jika pada smartphone, ini dinamakan Pengaturan Pabrik, karena memulai semua dari awal ketika baru beli.

5. Lakukan Full Service

Terakhir, jika masih tidak bisa, anda bisa melakukan full servis pada laptop anda. Mungkin akan memakan biaya yang cukup banyak, namun ini lebih baik daripada anda harus membeli laptop baru.

Mimin sendiri pernah melakukan full servis, dan yang paling parah adalah ganti CPU, sekitar 1 jutaan. Jadi kasusnya sama, disini laptop mimin sering mati tanpa sebab, eh diingat ingat beberapa hari sebelumnya laptop mimin kena air hujan.

Intinya, jangan gunakan laptop anda secara ekstrim, seperti main game nonstop atau nonton video nonstop, karena itu akan merusak laptop anda.

Oke, itulah cara mengatasi laptop sering mati. Semoga dengan menerapkan cara-cara ini, laptop anda awet, dan semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar