3 Cara Mengatasi Gambar Blog Hilang dan Penyebabnya

Wawan Agusti

cara mengatasi gambar blog hilang

Cara Mengatasi Gambar Blog Hilang dan Penyebabnya, Simak! – Bagi para blogger tentunya bingung mengapa artikel yang sudah lama rilis gambarnya menghilang.

Dengan tidak adanya gambar, maka postingan artikel terasa tidak akan enak dilihat. Tidak ada visitor yang ingin melihat sebuah artikel full tulisan, karena bagi mereka hal tersebut sangat membosankan.

Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa penyebab gambar web menghilang beserta cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Gambar Blog Hilang

1. Setelah Ganti Domain dan Migrasi Dari Blogspot ke WordPress

Mungkin kalian pernah mengalami hal seperti itu. Jujur saya sendiri juga pernah mengalami hal semacam ini setelah berganti domain dari blogspot ke wordpress. Dulu dewailmu.id merupakan blog cms blogger, tetapi sudah saya migrasi ke WordPress self hosting.

Dari proses migrasi blogger ke wordpress self hosting terkadang membuahkan masalah, yaitu gambar hilang dan hanya ada gambar kosong berwarna abu-abu/not found, apalagi jika Anda berganti domain pada wordpress.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengecek artikel satu persatu dan memastikan gambar dari artikel lama memang masih ada, karena biasanya ketika memindahkan artikel blogspot ke wordpress, file xmlnya tidak mengalami ekstraksi yang sempurna.

2. Domain Kadaluwarsa Pada Kode HTLM Pengambilan Gambar Dari Domain Lama

Contoh :

Misal pada gambar yang ada tulisan img src atau sumber gambar dari situs dewailmu.id (misalnya domain ini sudah tidak aktif) maka otomatis gambar akan hilang karena data disana sudah tidak ada. Tapi dewailmu.id masih aktif kok sebenarnya, hehehe di atas cuma contoh.

Baca Juga :

3. Mengatasi Gambar Hilang Karena Kesalahan Saat Upload

Hal ini mungkin karena upload gambar tersebut terjadi berulang-ulang. Saat Anda melihat daftar media Anda pun melihat ada gambar ganda. Ketika anda mencoba meghapus salah satu gambar yang berkaitan dengan artikel tersebut, gambar tidak bisa diakses atau not found.

Untuk mengatasinya, anda bisa menghapus semua gambar yang sama, setelah itu masuk ke artikel yang gambarnya hilang. Pastikan di dalam artikel tersebut tidak ada gambar, setelah itu upload kembali gambar yang anda inginkan ke dalamnya, dan terakhir perbarui artikel.

Jadi tau kan cara mengatasi gambar blog hilang karena beberapa penyebab. Semoga dengan menerapkan tutorial di atas, gambar di setiap postingan artikel anda yang hilang bisa kembali lagi.

Sekian artikel ini, terima kasih!.

Bagikan:

Tags

Wawan Agusti

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

11 pemikiran pada “3 Cara Mengatasi Gambar Blog Hilang dan Penyebabnya”

  1. Saya rasa belum pernah gambar hilang, tetapi untuk berjaga-jaga bisa lihat informasi ini. Thanks buat infonya

  2. Mas bagaimana cara mengatasi gambar hilang setelah mengganti email dan admin blog?

Tinggalkan komentar