5 Penyebab Website Terkena Hack Yang Perlu Kamu Tahu

5 Penyebab Website Terkena Hack Yang Perlu Kamu Tahu – Website yang terkena serangan hack adalah mimpi buruk bagi pemilik website. Masalah ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Banyak website resmi pemerintah, lembaga pendidikan atau hanya sekedar website pribadi ataupun website bisnis yang dengan mudahnya diretas atau biasa dikenal hack.

Jika ini terjadi banyak orang yang merasa panik karena tidak dapat mengakses websitenya. Penyebab website terkena hack bisa disebabkan karena banyak hal. Beberapa alasan seperti persaingan bisnis, keisengan hacker, dan berbagai penyebab lainnya bisa menjadi alasan mengapa website Anda diretas.

Oleh karenanya melakukan langkah preventif sangat penting untuk mencegah agar website Anda tidak mudah dihack. Perhatikan beberapa penyebab website terkena hack berikut agar Anda dapat mencegah website Anda dari para hacker dan cracker.

Penyebab Website Terkena Hack

1. Kekuatan Password Tidak Cukup Kuat

Menentukan password ketika membuat web ternyata bukan hal yang patut disepelakan. Kurangnya memperhatikan kekuatan password bisa menjadi penyebab website terkena hack. Bayangkan saja password layaknya pintu gembok yang harus memiliki kekuatan penuh untuk mencegah serangan dari luar. Jika password ini lemah maka wajar saja jika hacker dan cracker dapat dengan mudah meretas website Anda.

Para hacker ataupun cracker dapat melakukan scanning terhadap password atau yang biasa disebut “bruteforce password”. Dengan cara ini hacker melakukan scanning berdasarkan wordlist yang ada. Oleh sebab itu mengkombinasikan huruf dan angka dalam membuat password penting dilakukan agar password yang Anda buat tetap aman.

2. Plugin Dan Tema Sembarangan

nulled produk

Plugin dan tema mejadi daya tarik sendiri pada sebuah website. Pada CMS seperti WordPress, plugin memang menjadi prioritas yang dibuat pihak ketiga agar tools website menjadi lebih lengkap.

Tidak hanya plugin, tema juga menjadikan tampilan websitAnda menjadi menarik. Namun banyaknya penawaran tema gratis memang menggiurkan bagi pemilik website, tanpa tahu apakah tema tersebut resmi dan aman atau tidak bagi keberlangsungan website. Padahal bisa saja website yang diretas bersumber dari plugin dan tema yang dipasang sembarangan.

3. Penyebab Website Terkena Hack Karena Tidak Pernah Upgrade

Penawaran untuk upgrade website ke versi terbaru oleh pengembang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pasalnya mereka juga memiliki tujuan agar website Anda selalu aman. biasanya tim pengembang menemukan bug atau celah yang dapat membahayaka website.

Oleh karena itu mereka merilis versi terbarunya. Website yang tidak pernah diupgrade dapat menjadi sasaran empuk para hacker dan cracker. Oleh sebab itu pastikan untuk selalu melakukan upgrade website Anda ke versi terbaru.

4. Server Tidak Terjamin

server not secure

Server sebagai pondasi sebuah website keberadaannya menjadi suatu hal yang penting. Dalam sebuah website, hosting dan VPS memiliki peran yang penting untuk menjaga website agar tidak diretas. Oleh karenanya menentukan hosting harus dipilih dengan spesifikasi, teknologi dan keamanan yang tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Cloudflare?, Dan Apa Saja Kegunaannya?, Berikut Penjelasannya.

5. Kurangnya Security Awareness

Security Awareness merupakan kesadaran keamanan yang harus dimiliki setiap orang. Bagi Anda yang ingin terjun di dunia web baik pemula mupun ahli memang sudah semestinya selalu up to date mengenai malware terbaru.

Perhatikan dan cari tahu lebih dalam informasi mengenai apa sebenarnya malware itu, bagaimana malware bisa masuk dan merusak dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Informasi-inforasi seperti itu penting untuk pengetahuan Anda agar dapat memahami lebih jauh mengenai keamanan website Anda.

Nah, sudah tahu kan penyebab website terkena hack? Penyebab website Anda terkena hack saat ini bisa saja disebabkan karena salah satu faktor di atas. Dengan mengetahui informasi tersebut maka sudah seharusnya Anda lebih berhati-hati dalam mengelola website.

Maka selalu pastikan website Anda aman dengan mendalami informasi lebih jauh mengenai website beserta komponen-komponen di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *