Raksasa Teknologi Dunia Berantas Informasi Palsu Corona

Raksasa Teknologi Dunia Berantas Informasi Palsu Corona – Virus Corona atau disebut dengan Covid-19 membuat kita semua terputus yang namanya silaturahmi. Akan tetapi hal itu diadakan untuk mencegah ataupun memutus penyebaran virus. Selain itu, himbauan ataupun ajakan-ajakan pun kini mulai bertebaran di dunia maya. Seperti misalnya saja stay at home, sosial distancing, di rumah saja, dan masih banyak lainnya.

Selain itu ada juga selebgram maupun youtuber membuat sebuah video yang berisikan edukasi dan pembelajaran dalam hal menangani virus corona. Mulai dari mencuci tangan yang benar, tempat-tempat yang harus dihindari, pencegahan dini corona dan masih banyak lainnya. Media sosial memang memiliki dampak yang positif, namun disamping itu media sosial pun memiliki dampak yang negatif juga.

Seperti adanya pesan-pesan hoax yang disampaikan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Entah apa maksud dari si penyebar hoax, untuk menakut-nakuti ataupun untuk tindakan lainnya. Yang jelas jika terdapat pesan hoax banyak warga yang merasa panik akan hal tersebut. Tentu saja situasi akan menjadi kacau apabila terdapat berita-berita ataupun pesan berantai yang memiliki makna menyeramkan.

Raksasa Teknologi Dunia Berantas Informasi Palsu Corona

melawan hoax corona

Jika kita perhatikan bersama misalnya di whatsapp dan facebook, banyak sekali informasi yang beredar mengenai virus corona tersebut. Dan akhir-akhirnya dicantumkan juga bahwa informasi tersebut merupakan dari organisasi kesehatan di dunia yakni WHO. Padahal itu sebenarnya tidak benar dan bukan pesan dari WHO.

Dalam menangani informasi hoax yang kini mudah menyebar luas yang dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab ini, banyak raksasa teknologi yang agak jengkel sehingga ingin memberantas informasi yang tidak benar yang terdapat di platformnya. Mulai dari google, microsoft, facebook, twitter dan reddit. Berupaya untuk memberantas pengguna-pengguna yang sekiranya kurang valid dan informasi kurang benar.

Dalam upaya tersebut pada platform google, akhir-akhir ini sudah memperbarui layanan discover agar nantinya bisa melaporkan akun-akun yang sekiranya memberikan informasi ataupun berita yang kurang jelas bahkan menyesatkan. Reddit pun juga demikian memberikan sebuah desease control dan prevention.

Apalagi jika ada cara penanggulangan mengenai wabah virus corona tersebut dimana sumbernya kurang jelas, dan paling buruk sendiri banyak orang yang menerapkannya. Padahal seperti kita ketahui bahwa saat ini obatnya saja belum ditemukan oleh ilmuan di dunia.

Baca Juga :

Sebenarnya ada akan tetapi itu hanya obat flu biasa saja yang bernama Avigan. Itu saja dicoba di berbagai negara, dan alhamdulilahnya ada yang sembuh bahkan membaik. Adapun beberapa tips menghindari hoax mengenai wabah corona di dunia maya sebagai berikut.

1. Jika Ada yang Mengatasnamakan WHO Di Pesan Berantai, Maka Cukup Hiraukan Saja

Tips yang pertama silahkan kalian hiraukan saja dan jangan digubris apabila terdapat pesan berantai dimana biasanya terdapat pencegahan corona ataupun cara mengatasinya. Sebenarnya bagus sih apabila ada himbauan ataupun beberapa cara untuk mencegahnya, akan tetapi sekali lagi jika mengatasnamakan WHO itu belum tentu berasal dari WHO.  Nah biar lebih amannya sih kunjungi situs resmi dari WHO.

2. Jangan Hiraukan Apabila Cuma Berasal Dari Hasil Screenshoot Status WhatsApp

Berikutnya, akhir-akhir ini di sosial media saya baru rame, bahwa jam 11 malam nanti di negara malaysia dan singapura baru penyemprotan secara massal yang dampaknya hingga ke Indonesia terutama pulau jawa. Dan jam 11 pokoknya dilarang keluar, kalau gak salah informasi pesan whatsappnya seperti itu dan berantai dari grup ke grup.

Perlu kalian ketahui bahwa info seperti itu hanyalah hoax semata. Kecuali kebenarannya sudah diberitahukan di televisi ataupun sosial media lainnya yang terpercaya dan diumumkan oleh akun resmi bukan kaleng-kaleng.

Jadi kita harus selektif memilih berita yang benar dan hoax mengenai virus covid19. Oke, sekian artikel mengenai beberapa raksasa teknologi dunia yang berusaha memberantas informasi palsu corona. Semoga bisa memberikan informasi bagi anda, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *