6 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19 – Saat pandemi seperti ini dari segi perekonomian negara maupun masyarakat baru mengalami masa-masa sulit. Apalagi para pebisnis yang benar benar membutuhkan perantara ataupun pembeli yang harus datang. Saat corona orang-orang tidak boleh keluar untuk pergi ataupun membeli. Mereka hanya di rumah dan mengandalkan warung dan toko terdekat.

Dalam hal ini tentu saja ekonomi semakin harinya semakin tragis, lalu untuk makan harian saja terkadang kita susah. Belum lagi para karyawan maupun buruh yang diliburkan alhasil gaji pun ikut libur. Ketika mengalami masa masa sulit seperti saat ini, maka anda harus benar benar pintar dalam mengatur keuangan harian kalian.

Ya sebenarnya tidak harian, yang penting intinya mengatur keuangan disaat pandemi virus corona seperti saat ini. Bagi kalian yang bingung memanajemennya, di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips mengatur keuangan saat pandemi atau di tengah maraknya virus covid-19 ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak sebagai berikut.

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Virus Corona

1. Jangan Lakukan Panic Buying

panic buying

Tips yang pertama jangan lakukan panic buying, memang sih beberapa di daerah kalian mungkin ada yang sudah di lockdown. Tidak bisa kemana-mana, dan mau belanja kebutuhan pokok susah. Akan tetapi pastinya ada deh satu atau gak dua toko yang membuka warung kelontong di mana menyiapkan barang dan bahan kebutuhan pokok setiap harinya.

Intinya jangan lakukan panic buying dan harus membeli beberapa bahan dan kebutuhan pokok yang terlalu berlebihan. Kecuali memang benar benar sudah tidak bisa tolerir dan anda harus membeli bahan yang banyak itu pengecualian. Kalau masih bisa keluar sekedar belanja dan lainnya tidak masalah.

2. Catat Setiap Pengeluaran

Agar kalian tidak terheran-heran serta terbingung-bingung kok duit cepat habis bagaikan kapas di lautan, cepat hilang maka di sini kalian wajib membuat sebuah catatan setiap pengeluaran yang anda keluarkan. Banyak sekali ibu rumah tangga yang tidak melakukan hal ini, pada akhirnya duit terasa boros.

Dengan catatan kalian harus mencatat pengeluarannya juga, dan suatu hari jika sudah pulih alias normal maka kalian bisa mengganti uang tersebut. Agar planning-planning anda yang telah disusun tidak berantakan.

3. Kurangi Membeli Barang Yang Tidak Terlalu Penting

kebutuhan pokok

Untuk tips yang ketiga ini sangat wajib diterapkan oleh era millenials seperti saat ini. Karena seperti kita ketahui, saking banyaknya marketplace maupun e-commerce, banyak yang tergiur sekali dengan yang namanya promo.

Jadi terkadang kita dengan mudah tergiur, yang tadinya harganya 100 ribu jadi 40 ribu. Siapa sih yang gak mau?, pasti auto beli bukan?. Yang jelas hal ini sebisa mungkin kalian hindari walaupun sulit. Intinya utamakan terlebih dahulu kebutuhan pokok.

Baca Juga :

4. Mencari Sumber Penghasilan yang Lain

Tips berikutnya silahkan mencai sumber penghasilan yang lain. Misalnya saja bisnis online ataupun usaha online, jadi hanya perlu online saja agar bisa mendapatkan uang. Di situs ini juga sudah diberikan beberapa usaha online maupun rekomendasi bisnis online yang begitu menjanjikan.

Meskipun tidak dalam keadaan pandemi, sebenarnya kita tidak boleh mengandalkan satu pemasukan saja, karena jaga-jaga jika sumbe penghasilan utama turun, kita memiliki sumbe pengeluaran yang lain.

5. Mempersiapkan Dana Darurat

dana darurat

Dana darurat sendiri merupakan sebuah dana yang benar benar akan dikeluarkan ketika sedang dalam keadaan darurat. Misalnya dana tersebut sebelumnya sudah diputuskan untuk membeli tanah. Pada saat ini membeli tanah belum terlalu penting, akan tetapi ada yang lebih mendesak yakni untuk makan keseharian ataupun dengan kata lain kebutuhan pokok. Maka hal ini kalian bebas mengeluar dana darurat tersebut.

6. Mencoba Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Yang dulunya anda tidak berminat bisnis online, mau tidak mau anda harus mencoba bisnis online agar anda tetap bisa menyambung hidup. Banyak sekali pekerjaan online yang bisa dilakukan, serpti menjadi seorang blogger, youtuber, dan masih banyak lagi.

Untuk penghasilannya juga sangat menggiurkan, anda bisa mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap harinya dengan bisnis online.

Jadi itulah kelima tips mengatur keuangan saat pandemi covid 19 atau di masa masa virus corona seperti saat ini. Kalian harus benar benar menerapkan agar tidak boncos alias boros yaps, semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *