Smart Pricing Adsense : Pengertian, Penyebab, Cara Mengatasi

Kayeols

Smart Pricing Adsense : Pengertian, Penyebab, Cara Mengatasi – Bagi anda yang sudah diterima oleh google adsense selamat ya, bagi yang belum harap bersabar.

Untuk blog baru yang belum mempunyai visitor sangat sulit untuk diterima oleh google adsense sehingga banyak dari mereka membeli kepada orang lain.

Tapi perlu anda ketahui bahwa mengumpulkan saldo payout google adsense lebih sulit lagi karena anda bisa saja menunggu berbulan bulan untuk menanti pembayaran dan perlu kesabaran ekstra.

Banyak cara ditempuh untuk mengumpulkan saldo adsense mulai dari klik iklan dengan hp teman atau menyuruh orang lain mengklik iklan dan akhirnya berujung dengan mendapatkan smart pricing dari adsense.

Bagi anda yang belum tau smart pricing google adsense berikut ulasannya lengkap.

A. Apa itu Smart Pricing Adsense?

Yakni sebuah metode perlindungan yang diberikan oleh pihak google kepada pengiklan/advertiser agar mereka tidak mendapat kerugian dari iklan yang dipasang. Metode perlindungan ini bisa berbentuk pengurangan biaya per klik (bpk) pada setiap iklan milik pengiklan.

Baca Juga:  Apa itu Bisnis Database : Pengertian, Keuntungan, Jenis Barang

Paham?, Jika biaya klik menurun maka publisher iklan adsense tentu saja mengalami penurunan pendapatan dan akhirnya mereka tidak mendapatkan pendapatan yang maksimal.

Banyak bloggers dan youtubers menggunakan segala cara agae tidak terkena dampak buruk ini mulai cara yang baik hingga cara curang seperti auto visitor yang akhirnya tidak membuahkan hasil yang bagus, dan malah justru menjerumuskan para publisher kepada kehancuran seperti suspend hingga banned akun adsense.

B. Penyebabpenghasilan menurun

  • Perintah untuk mengklik iklan.
  • Meng klik iklan berkali kali.
  • Konten situs web tidak relevan.
  • Mengklik iklan tanpa memberi produk milik advertiser.
  • Dan masih banyak lagi.

C. Cara Mengatasinya

1. Konten Berkualitas

Ini hal utama yang harus anda perlukan untuk mengatasi smart pricing karena google menyukai artikel yang berkualitas untuk dipasangi iklan. Dengan begitu advertiser tahu bahwa memasang iklan di blog anda benar-benar menguntungkan.

Ingat bahwa konten adalah raja dan tanpa adanya konten maka blog anda tidak akan mempunyai arti apapun. Usahakan membuat artikel dengan jumlah kata lebih dari 500, karena google sangat menyukai artikel panjang, dan panjang cenderung berkualitas.

2. Jangan Pasang Iklan Adsense Pada Blog Download dan yang Memiliki Sedikit Kata

Sudah saya jelaskan di atas bahwa google menyukai artikel yang panjang. Maka dari itu jangan sampai anda menyisipkan iklan adsense pada blog yang memiliki sedikit kata kata seperti blog download, lirik musik, dan lainnya jika anda tidak ingin adsense milik anda terkena smart pricing.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Mahir Bermain Gitar, Yang Suka Main Gitar Wajib Baca!

Jika anda sekali terkena smart pricing karena masalah ini maka untuk mengembalikannya butuh waktu yang cukup lama.

3. Peletakan Iklan yang Tepat dan Jelas

Salah satu masalah terbesar para bloggers yakni posisi sebelah mana iklan adsense akan mendapatkan banyak klik?. Dari pemikiran ini timbul berbagai cara untuk meletakkan kode iklan yang seharusnya tidak diperbolehkan, seperti menutupi iklan dengan elemen lain/menyembunyikan iklan.

Hati-hati dengan yang satu ini karena google tidak menyukai jika anda menyembunyikan kode iklan dan meletakkannya pada tempat yang salah. Dengan cara ini maka akun adsense anda bisa dengan mudah dibanned.

Saya sarankan letakkan kode iklan di templat strategis dan jelas/tidak terhalang suatu apapun serta dapat pengunjung lihat.

4. Tingkatkan Pengunjung Organik/Natural

Google sangat menyukai blog yang memiliki banyak pengunjung terutama yang bersumber dari pencarian organik karena jika google mengetahui bahwa blog tersebut memiliki banyak visitor dari pencarian murni maka google akan menilai bahwa blog tersebut merupakan blog yang telah memiliki reputasi.

Baca Juga:  11 Kunci Sukses Usaha Kuliner dari Nol, Yuk Simak!

Dari reputasi itulah google menilai layak tidaknya blog tersebut mendapatkan smart pricing. Jika blog tersebut sepi pengunjung dan tiba-tiba ada yang berkunjung dan mengklik iklan tentu saja google akan curiga dan tidak segan-segan memberikan hukuman berupa smart pricing, dan begitupun sebaliknya.

5. Copot Iklan Adsense Beberapa Saat

Anda juga bisa mencopot iklan adsense beberapa saat. Banyak pihak berpengalaman di adsense berkata jika anda mengalami smart pricing maka cobalah copot iklan adsense beberapa waktu. Menurut saya cara ini bisa anda coba karena tidak merugikan. Pasang kembali iklan setelah 1 jam dan lihat perubahannya.

Tambahan

  1. Tulis artikel dengan topik yang memiliki nilai klik tinggi seperti asuransi dan kesehatan, jika blog anda sudah terlanjur memiliki topik berbeda maka sebaiknya jangan.
  2. Tulis konten dengan bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia, jadi peluang dicari orang lain semakin banyak. Semakin banyak dicari maka peluang iklan yang tampil akan banyak dan mahal.
  3. Bagi blog download, pasang iklan adsense pada short url seperti safelinkconverter.
  4. Tulis konten yang memiliki persaingan kata kunci tinggi.

Nah, di atas merupakan beberapa cara mengatasi terjadinya smart pricing adsense yang merugikan bagi pihak publisher karena penghasilan menurun.

Selain hal di atas, ada satu cara lagi yang pastinya mujarab, yakni dengan membuat custom channel/saluran khusus adsense agar iklan lebih tertarget.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman publisher google adsense untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal. Terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

13 pemikiran pada “Smart Pricing Adsense : Pengertian, Penyebab, Cara Mengatasi”

  1. pernah mengalami ini saya, BPK pertama 50 rb/klik, setelah ada yang klik lagi 2x eh malah turun jd 35 rb/klik

  2. Bermanfaat sekali saya jadi lebih tau banyak tentang smart pricing ads. Sayangnya ane belum keterima di Adsense

  3. Kalau misalnya nyuruh orang buat ngeklik iklan kita sendiri di hari itu, tapi di hari berikutnya sepi pengunjung juga berpengaruh juga gan ?

Tinggalkan komentar