8 Strategi Link Building Terbaik dan Manfaatnya untuk SEO

Strategi Link Building Terbaik dan Manfaatnya untuk SEO – Semua bloggers pasti ingin artikel blognya berada pada halaman teratas pencarian. Banyak faktor yang google perhitungkan untuk melakukan perankingan, salah satunya struktur link.

Struktur link disini tidak hanya cara mendapatkan link eksternal/backlink, namun juga kualitas internal link, backlink spam, dan semuanya yang berhubungan dengan link.

Bagi anda yang penasaran tentang artikel ini, langsung saja, berikut strategi membangun link yang baik dan benar untuk website.

Strategi Link Building

Bagi anda yang ingin membangun link untuk website anda, jangan lakukan hal-hal di bawah ini :

  • Terlalu banyak spam komentar di website lain dengan mencantumkan link website anda.
  • Memasang backlink pada blog berkualitas rendah.
  • Memasang backlink dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat.
  • Untuk internal link, jangan terlalu banyak menanamkan link dalam satu artikel.

Lalu apa yang harus setiap blogger lakukan untuk mendapatkan link eksternal yang maksimal dan pemasangan internal link yang baik dan benar?. Berikut beberapa tips dari dewailmu.

1. Konten Berkualitas

Konten berkualitas merupakan prioritas utama yang harus semua blogger perhitungkan. Hubungannya dengan link building adalah, jika anda memiliki konten bagus, tidak sedikti blogger yang akan mereviewnya dan menempatkan link web anda di web mereka.

Lalu apa kriteria konten berkualitas?, ini dia :

  • Isi konten lebih berkualitas daripada konten web lain yang memiliki judul/topik sama.
  • Kata-kata lebih banyak dan panjang, konten yang panjang cenderung berada di halaman pertama, karena jika lebih banyak cenderung lebih lengkap.
  • Disajikan lebih menarik seperti adanya gambar.
  • Dapat menyelesaikan permasalahan tanpa harus mencari referensi ke website lain.

2. Melakukan Content Placement pada Website yang Memiliki Topik Sama

teamwork

Ini juga sangat penting dilakukan untuk anda para blogger dalam strategi membangun link. Memang semua usaha perjuangan, baik tenaga, uang, dan pikiran.

Untuk content placement, anda pasti akan mengeluarkan uang, namun anda pasti mendapatkan link dofollow selamanya.

Dan satu lagi, lakukan content placement pada situs yang memiliki niche website sama dengan niche web yang anda miliki. Hal ini berfungsi agar google menilai backlink yang anda dapatkan relevan dengan topik website anda.

3. Melakukan Guess Blogging/Blogwalking

Melakukan blogwalking ini sangat penting juga, meskipun nantinya anda akan mendapatkan link nofollow. Meskipun nanti anda akan mendapatkan link nofollow, namun anda tetap bisa menjalin kerjasama antar blogger.

Hal ini tentu akan menambah reputasi anda, yang akan berpengaruh pada website anda dalam jangka panjang. Seperti mendapatkan endorse, atau mendapatkan review dari blogger lainnya.

4. Buat Konten yang Berpotensi Viral

Strategi link building yang satu ini wajib anda miliki. Viral artinya konten anda mempunyai viral baik, bukan viral buruk. Jika anda adalah orang yang kreatif tentu tidak akan susah membuat artikel viral dalam waktu satu minggu sekali.

Untuk mencari konten yang viral biasanya cukup membuat artikel mengenai trending saat ini, banyak cara untuk mencari sesuatu yang viral salah satunya yakni mencari konten trending dan viral dengan google trend.

5. Buat Channel Youtube

channel youtube

Jika anda ingin mempromosikan situs web tapi takut malah menimbulkan spamming, lebih baik anda membuat channel youtube yang bisa mempromosikan website dan produk anda.

Anda bisa membuat video tentang tutorial blog anda, kumpulan artikel serta produk yang anda jual. Setelah itu masukkan sumber tutorialnya dengan link dari website anda.

Baca Juga :

6. Cek Broken Link

Memang cara ini berfungsi untuk melihat link internal mana yang rusak pada website anda. Untuk wordpress, anda bisa melakukan cek link rusak menggunakan plugin broken link checker. Dan untuk blogspot, anda bisa mengeceknya melalui situs-situs broken link checker.

Apabila ditemukan link rusak segera unlink, maka otomatis tautan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

7. Jangan SPAM Artikel ke Website Social Bookmarking

Memang untuk mendapat banyak backlink kita harus rajin-rajin upload artikel ke social bookmark, namun jangan terlalu banyak, karena bisa dianggap spam oleh google.

Sebagai perbandingan, dari 10 artikel, submit satu artikel saja, ini lebih mempunyai nilai positif daripada banyak artikel sekaligus. Melakukan submit artikel ke situs semacam itu dalam jumlah banyak sama saja dengan melakukan spam pada website anda sendiri.

8. Berhati-Hati Memilih Backlink Berbayar

Banyak sekali diluar sana pihak yang menyediakan backlink gratis, namun perlu anda ketahui google melarang penggunaan link berbayar semacam itu. Sudah anda ketahui bahwa google sekarang pintar memilah mana backlink alami dan tidak.

Hindari penggunaan cara ini karena jika google tau, website anda bisa saja terkena penalty dan dampak terburuknya yakni deindeks artikel.

Jadi itu saya pembahasan singkat tentang link building. Jika ada informasi lainnya yang ingin anda sebutkan, tulis di bawah ya, nanti akan saya update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 komentar

  1. Saya pernah baca2 katanya di algoritma google saat ini link building sudah tidak efektif lagi. Kalo masih contoh backlink seprti apa yang bagus untuk peningkatan serp bang?

  2. Akhirnya ketemu juga artikel yang bermanfaat bagi saya. Memang mencari baclink yang berkualitas itu sulit.

    Jadi menambah wawasan saya, dalam mencari backlin yang baik. Salam silaturahmi

  3. Terimakasih artikel strategi link building sangat bermanfaat, utamanya bagi saya pemula bloga