8 Strategi Link Building Terbaik Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Strategi Link Building Terbaik Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas – Bagi bloggers pasti ingin artikel blog nya berada pada halaman puncak pencarian dan mengalahkan para pesaingnya. Memang banyak faktor dan kualitas untuk menguasai puncak tertinggi, konten dengan kualitas terbaik saja menurut saya kurang cukup. Optimasi seo on page dan riset kata kunci juga belum cukup.

Disini kita membutuhkan seseorang yang berminat untuk memasang link dari artikel situs kita di situs mereka agar artikel kita bisa bertengger dan bertahan lama dengan sengitnya persaingan. Cara ini disebut cara mendapatkan backlink. Nah disini backlink yang didapat harus berkualitas dan bukan backlink dari komentar atau sejenisnya.

Memang mendapatkan backlink tidak semudah membuat artikel berkualitas, ini lebih sulit lagi. Soalnya kalau dipikir-pikir mana ada orang yang memasukkan artikel blog kita ke blog mereka secara cuma-cuma, sekarang bukan jaman nya, setiap jasa pasti harus ada uangnya. Namun ada juga beberapa orang yang mau memberi backlink secara cuma-cuma untuk sebuah blog, contoh blog panduanim dengan artikelnya yang panjang pasti prosentase mendapatkan backlink juga sangat besar.

Namun jumlah backlink tidak memberikan jaminan artikel anda akan mendapatkan rank pertama di pencarian, lebih baik sedikit backlink berkualitas daripada banyak backlink tapi spam.

Ada beberapa teknik link building seperti black hat dan white hat, namun kebanyakan seseorang menggunakan teknik blackhat yang semestinya itu akan berdampak buruk terhadap blog kita sendiri.

Untuk anda yang ingin melakukan strategi link building dengan benar, jangan gunakan teknik seperti di bawah ini :

  1. Blogwalking pada blog berkualitas rendah.
  2. Membeli jasa backlink di tempat-tempat yang tidak terpercaya.
  3. Submit artikel ke situs social bookmarking secara massal.
  4. Spam di berbagai forum.
  5. Spam pada komentar blog.
  6. Dan masih banyak lagi.

Lalu apa ada yang bisa memberikan backlink cuma-cuma? Jawabannya ada, jika blog anda berisi artikel berkualitas maka nantinya anda juga akan mendapatkan backlink berkualitas.

Ingat, hanya yang natural dan berkualitas sajalah yang mendapat nilai lebih dari mesin pencari. Natural dalam arti disini tidak mendapatkan secara otomatis seperti submit ke situs social bookmarking dan link partner, link harus didapatkan dengan seizin pemilik blog lain. Dan berkualitas artinya disini didapat dari website yang aktif dan berkualitas. Website berkualitas bukan berarti website yang besar dan banyak pengunjungnya, namun isi dari blog tersebut berbobot dari web lainnya.

Memang kalau natural sangat sulit sekali, namun lebih baik sedikit backlink berkualitas daripada banyak backlink spam. Namun disini ada beberapa strategi mendapatkan backlink natural dan berkualitas.

Berikut Strategi Link Building Yang Mantap Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Konten Berkualitas Sebagai Umpan Pancing

Mungkin semua orang yang bukan bloggers pun sepakat jika konten berkualitas layak mendapat predikat lebih tinggi daripada konten dengan topik yang sama, dengan menggunakan artikel berkualitas kita bisa mendapatkan predikat tinggi di pencarian walaupun dengan sedikit backlink berkualitas.

Kalau dipikir-pikir apa ada orang yang merekomendasikan konten berkualitas rendah? pasti tidak ada, itupun kalau ada memang pertukaran link / link exchange.  Meskipun hanya satu atau dua backlink berkualitas, jika konten tersebut memang berkualitas maka akan mudah mencapai predikat teratas. Meskipun robot perayap google hanya sebatas alat, itu pun sudah bisa memilih dan memilah mana konten yang  berkualitas dan mana yang tidak berkualitas.

Memang sudah sewajarnya jika konten bagus akan mendapat predikat bagus. Lalu apa ciri-ciri konten yang berkualitas?

  • Isi konten lebih berkualitas daripada konten sama yang sejenis.
  • Kata-kata lebih banyak dan panjang, eits memang konten yang panjang cenderung berada di halaman pertama, karena jika lebih banyak cenderung lebih lengkap. disini saya bilang cenderung bukan berarti selalu.
  • Disajikan lebih menarik seperti adanya gambar tambahan sebagai pemanis.
  • Dapat menyelesaikan permasalahan tanpa harus mencari ke tempat lain.

Saya sarankan untuk membuat sebuah artikel berkualitas minimal seminggu sekali ya gan. 2000 kata lah minimal, wkwkwk.

2. Menjalin Hubungan Dengan Blogger Lain Yang Memiliki Topik Blog Sama

teamwork

Ini juga sangat penting dilakukan untuk anda para blogger dalam strategi membangun link. Memang semua usaha butuh kerjasama, usaha apapun itu. Untuk membuka warung makan perlu kerjasama antara penyuplai bahan makanan seperti nasi dan lauk pauk dan pemilik warung, usaha pom bensin mini juga membutuhkan perantara penyuplai bensin dan pemilik usaha dan lain sebagainya.

Sama seperti blog kita tidak akan bisa berkembang tanpa menjalin hubungan, usahakan menjalin hubungan dengan sesama blog yang mempunyai topik sama. Temukan akun pemilik website, lebih mudahnya lagi akun jejaring sosial dan berikan komentar relevan pada setiap postingan nya, itu akan memberikan sinyal yang baik untuk admin blog tersebut.

3. Melakukan Guess Blogging / Blogwalking

Melakukan blogwalking ini sangat penting dilakukan oleh bloggers, ini menandakan bahwa blog kita aktif dibandingkan dengan blog lainnya. Usahakan lah lakukan blogwalking minimal pada 10 blog setiap harinya untuk menjalin komunikasi juga.

Blogwalking ini bertujuan untuk memperingatkan blogger lain kalau blog anda adalah blog yang aktif dan layak dikunjungi.

4. Buat Konten Yang Berpotensi Viral

Strategi link building yang satu ini wajib anda miliki. Viral disini berarti konten anda mempunyai viral baik, bukan viral buruk. Jika anda adalah orang yang kreatif tentu tidak akan susah membuat artikel viral dalam waktu satu minggu sekali.

Untuk mencari konten yang viral biasanya cukup membuat artikel mengenai trending saat ini, banyak cara untuk mencari sesuatu yang viral salah satunya yakni mencari konten trending dan viral dengan google trend.

5. Buat Channel Youtube Yang Mempromosikan Website Dan Produk Anda

channel youtube

Jika anda ingin mempromosikan situs web tapi takut malah menimbulkan spamming, lebih baik anda membuat channel youtube yang bisa mempromosikan website dan produk anda. Anda bisa membuat video tentang tutorial blog anda, kumpulan artikel serta produk yang anda jual.

Disini anda dapat membuat video sebanyak-banyaknya mengenai website dan produk anda tanpa menimbulkan spam.

Baca Juga Cara Optimasi SEO Youtube Agar Video Masuk Halaman Pertama.

6. Cek Broken Link

Memang cara ini diutamakan untuk wordpress, namun tidak ada salahnya platform blogspot mencobanya juga. Pada wordpress instal plugin broken link checker untuk melihat link rusak dari semua website kamu dan dari komentar blog.

Apabila ditemukan link rusak segera unlink, maka otomatis tautan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Untuk blogger bisa memperbaikinya pada webmaster dengan men cek crawl error.

7. Jangan Berlebihan Submit Artikel Ke Website Social Bookmarking

Ini merupakan salah satu strategi link building. Memang untuk mendapat banyak backlink kita harus rajin-rajin upload artikel ke social bookmark, namun jangan terlalu banyak juga men submit artikel ke website semacam itu, semua jika berlebiha itu memang tidak baik.

Sebagai perbandingan, dari 10 artikel, submit lah satu artikel saja, ini lebih mempunyai nilai positif daripada banyak artikel sekaligus. Men submit artikel ke situs semacam itu dalam jumlah banyak sama saja dengan scam dan google serta mesin pencari lain tidak menyukai scam.

8. Berhati-Hati Memilih Backlink Berbayar

Banyak sekali diluar sana pihak yang menyediakan backlink gratis, namun perlu diketahui google melarang penggunaan link berbayar semacam itu, sudah diketahui bahwa google sekarang pintar memilah mana backlink bagus dan tidak bagus.

Hindari penggunaan cara ini karena jika google tau, website anda bisa saja terkena penalty dan dampak terburuknya yakni deindeks artikel.

Catatan terakhir :

  1. Untuk memastikan backlink tersebut berkualitas yakni dengan memasang link tersebut yang bertujuan ke artikel dan bukan untuk homepage.
  2. Cek link tersebut tiap minggu nya, mencegah jika link tersebut masih aktif atau sudah dihapus.
  3. Gunakan anchor teks yang bervariasi.

Jika anda mempunyai versi sendiri maka tidak ada salahnya menerapkan cara tersebut, sekian artikel mengenai strategi link building yang bisa saya bagikan disini. Semoga bermanfaat ya buat teman-teman bloggers.

Tetap semangat dan pantang menyerah ya guys.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 komentar

  1. Saya pernah baca2 katanya di algoritma google saat ini link building sudah tidak efektif lagi. Kalo masih contoh backlink seprti apa yang bagus untuk peningkatan serp bang?

  2. Akhirnya ketemu juga artikel yang bermanfaat bagi saya. Memang mencari baclink yang berkualitas itu sulit.

    Jadi menambah wawasan saya, dalam mencari backlin yang baik. Salam silaturahmi