Adsense Matched Content – Cara Mendapatkan Dan Memasangnya

Adsense Matched Content – Cara Mendapatkan Dan Memasangnya – Memang google adsense adalah pengiklan yang didambakan oleh semua orang karena merupakan media pengiklan yang memiliki bayaran tinggi. Sebetulnya diterima oleh google adsense gampang-gampang sulit, namun tidak sedikit blog yang baru berumur 1-2 bulan diterima.

Jika anda merasa bahwa diterima oleh google adsense itu sulit, saya pastikan bahwa mengumpulkan saldo untuk minimal payout lebih sulit lagi. Semua usaha dilakukan dari optimasi blog, peletakkan iklan yang mengundang klik hingga SEO tetapi masih banyak publisher yang kecewa karena tidak ada yang mengklik iklan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak adsense mencoba memberikan suatu fitur kepada publisher adsense yang bernama matched content adsense. Bagi para publisher adsense terdahulu pastinya sudah mengenal fitur ini, namun untuk pemula yang baru menjadi publisher belum sampai setahun pasti masih terdengar asing.

Alhamdulillah kemarin tanggal 16 oktober 2017 situs dewa ilmu ini mendapatkan fitur matched content hadiah dari google. Nah, untuk publisher adsense yang belum mendapatkan fitur ini mungkin bisa membaca tips dan cara saya berikan agar segera mendapatkan fiturnya.

Apa Itu Fitur Adsense Matched Content?

Matched content dalam bahasa indonesia berarti Konten yang sesuai adalah sebuah fitur yang diberikan oleh pihak google adsense kepada publisher di dashboard google adsense yang bertujuan untuk mempromosikan konten kepada pengunjung. Matched content ini bisa dibilang related posts versi google dan ditandai adanya tulisan powered by google di pojok kanan/kiri atas dan menyesuaikan template/tema yang digunakan.

Jadi saya pastikan matched content ini bukanlah iklan, memang suatu ketika ada iklan yang muncul namun jarang. Fungsi dari fitur ini yakni seperti popular, recent, dan related posts dan bertujuan meningkatkan pageviews/tampilan laman website.

Jika anda belum tau contoh matched content adsense, berikut gambarnya matched content google adsense

Cara Mendapatkan Google Adsense Matched Content

Memang fitur matched content ini diberikan oleh pihak google tidak sembarangan. Buktinya banyak pemilik blog yang menjadi publisher adsense dalam waktu yang cukup lama namun belum kunjung mendapatkan fitur ini. Kata orang orang sih hanya blog tertentu yang mendapatkan fitur ini, saya sendiri tidak tahu blog “tertentu” itu blog yang bagaimana.

1. Konsisten Menulis Artikel

Tips ini yang saya gunakan pada blog dewa ilmu ini untuk mendapatkan matched content, konsisten disini artinya rutin. Rutin bukan berarti harus setiap buat artikel, tetapi lebih merujuk ke jangka waktu pembuatan artikel. Contoh jika anda membuat artikel 2 hari sekali teruskan jangan sampai anda malas membuat artikel dan molor jadi seminggu sekali.

Selain itu dengan mengupdate artikel secara dapat memberikan sinyal kepada google bahwa situs web kita aktif dan selalu update.

2. Situs Dimonetisasi Semaksimal Mungkin

Semaksimal mungkin disini bukan berarti memasang iklan sebanyak banyaknya, namun memasang iklan se efektif mungkin dengan menggunakan patokan/TOS dari adsense seperti memasang iklan yang dianjurkan, penempatan iklan yang disarankan, ukuran iklan responsif serta memanfaatkan semua jenis iklan seperti iklan teks, bergambar, iklan native in article, dan iklan native in feeds.

Selain itu anda juga bisa memaksimalkan kinerja iklan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh pihak google adsense, yakni :

  1. Eksperimen penempatan iklan.
  2. Eksperimen jenis dan ukuran iklan.
  3. Opportunity/kesempatan.

3. Jumlah Artikel

Ini merupakan hal wajib yang harus anda miliki untuk mendapatkan fitur matched content. Dengan artikel berjumlah diatas 50 mungkin anda belum dapat memiliki fitur ini.

Kata para suhu adsense, untuk mendapatkan fitur ini setidak tidaknya blog harus memiliki 400 artikel lebih. Namun saya rasa informasi itu tidaklah benar karena situs ini mendapatkan matched content ketika baru memiliki 180 an artikel.

4. Umur Akun Google Adsense

Dipikir pikir ini memang benar karena jika anda baru saja diterima google adsense pastinya tidak akan mendapatkan fitur ini. Jadi untuk publisher adsense baru yang sabar ya,tunggu umur akun agak tua dan  tunggu jumlah artikel sudah banyak serta konsisten lah menulis artikel pastinya  anda akan mendapatkan fitur ini.

Saya sendiri mendapatkan fitur ini dihitung dari tanggal keterimanya sudah ada 4 bulan. Saya diterima adsense pertengahan juli dan mendapatkan fitur ini tanggal 16 oktober 2017. Ngomong-ngomong keterima google adsense, nih saya ada tips mengenai cara cepat diterima google adsense.

5. Jumlah Trafik

Saya rasa ini masih simpang siur, kata para suhu diluar sana untuk mendapatkan fitur matched konten blog wajib memiliki setidaknya 3000+ pageview setiap harinya. Saya rasa itu tidaklah benar karena blog dewailmu saat ini hanya mendapatkan 500+ views tiap harinya murni dari google, belum dihitung dari sumber yang lainnya.

Jadi jika ada seseorang yang mengatakan untuk mendapatkan fitur ini blog sudah harus memiliki trafik yang tinggi itu tidaklah benar.

6. Sumber Trafik

Sumber trafik juga berpengaruh besar untuk mendapatkan fitur dari google ini. Jika trafik anda selama ini berasal dari media sosial seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya saya sarankan belajarlah SEO agar blog anda mendapatkan peringkat tinggi di pencarian untuk mendapatkan visitor organik.

Google sangat mengukai visitor organik/murni karena itu bernilai tinggi untuk mengukur kepopuleran sebuah situs web. Untuk SEO bisa anda baca di situs dewailmu ini secara lengkap melalui artikel SEO lengkap.

Itulah beberapa tips dan cara mendapatkan matched content adsense. Jika anda sudah disetujui dan diberi fitur ini oleh google, tinggal memasangnya saja. Untuk memasangnya gampang kok, ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Memasang Google Adsense Matched Content Di Blog

  1. Masuk ke akun adsense anda.
  2. Di pilihan menu sebelah kiri klik My Ads > Content.
  3. Klik Unit Iklan Baru, Nanti ada 4 Pilihan, pilih yang matched content seperti pada gambar unit iklan baru matched content
  4. Pilih URL blog yang diterima matched content di bagian atas.
  5. Beri nama pada iklan matched content tersebut lalu di bagian atas akan ada tab dan size untuk mengatur matched content sesuai keinginan anda.
  6. Anda bisa memilih Size/Ukuran custom pada tab sebelah kanan untuk mendapatkan ukuran sesuai keinginan. Namun saya sarankan untuk menggunakan ukuran responsif karena bisa menyesuaikan dengan bentuk serta ukuran template pada tampilan desktop maupun mobile.
  7. Jika dirasa sudah mendapatkan bentuk sedemikian rupa, silahkan gulir kebawah dan klik Save And Get Code untuk mendapatkan kode.
  8. Copy kode yang sudah diberikan tadi dan paste kedalam template/tema blog.
  9. Untuk blogspot, sebelum meletakkan kode pada template harus di parse terlebih dahulu. Pada wordpress bebas, saya sarankan gunakan plugin management iklan seperti quick adsense.
  10. Penempatan yang baik untuk iklan matched content ini yakni dibawah artikel/artikel terkait.

Catatan : Fitur Matched Content ini sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan pageview/tampilan laman dan bukan untuk menambah earning adsense. Jadi seberapa banyak pun orang mengklik matched content tidak akan menambah jumlah earning. Tetapi jika pageviews meningkat, otomatis pendapatan juga akan meningkat

Itulah sekilas pembahasan mengenai fitur google adsense matched content mulai dari tips mendapatkan hingga cara pemasangannya pada situs website yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk temen-temen publisher adsense. Sekian, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa kembali lagi ya.

11 Comments

  1. irvan hermawanto Oktober 19, 2017
    • Wawan Agusti Oktober 19, 2017
  2. Mira Kaizen Oktober 20, 2017
    • Wawan Agusti Oktober 20, 2017
  3. Saifullah Oktober 21, 2017
    • Wawan Agusti Oktober 21, 2017
  4. Jhonarendra Oktober 21, 2017
    • Wawan Agusti Oktober 21, 2017
  5. Randy Prima Oktober 21, 2017
    • Wawan Agusti Oktober 21, 2017
      • Randy Prima Oktober 21, 2017

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!