2 Cara Pasang Adsense Di WordPress Dengan Plugin Dan Manual

2 Cara Pasang Adsense Di WordPress Dengan Plugin Dan Manual – Bagi publisher adsense blog, khususnya blog wordpress dot com maupun wordpress self hosted pasti tidak ingin kesulitan menempatkan kode adsense nya.

Berbeda dengan blogspot, wordpress ini memang mempunyai banyak bahasa pemrograman selain html, seperti css, javascript dan php. Nah untuk seseorang yang baru nge blog menggunakan wordpress tentu saja akan bingung mengelola tampilan wordpress, selain itu juga banyak keluhan dari pengguna wordpress baru mengenai cara peletakan kode google adsense.

Untuk menjawab keluhan mereka, saya disini mencoba memberi suatu tutorial / cara memasang iklan adsense di wordpress dengan berbagai metode. Tentu saja cara ini akan sangat mudah.

Banyak cara yang bisa dilakukan, ada yang menggunakan plugin dan ada yang menggunakan cara manual dengan edit template serta semacamnya. Langsung saja ya ke tutorial nya tanpa basa basi lagi.

Berikut Cara Pasang Adsense Di WordPress

Sesuai dengan judul yang sudah saya tuliskan diatas, disini saya akan menerangkan cara memasang kode iklan adsense menggunakan banyak cara, beberapa nya yakni dengan bantuan plugin dan manual.

Cara Memasang Iklan Adsense Di WordPress Pertama : Dengan Plugin Quick Adsene

  1. Kemarin saya telah memposting sebuah artikel mengenai beberapa plugin rekomendasi untuk memasang kode iklan adsense, nah kebetulan plugin quick adsense ini temasuk di dalamnya dan berada pada urutan pertama. Ini berarti plugin yang satu ini merupakan plugin paling rekomended dalam me manage iklan terutama iklan adsense.
  2. Langsung saja, cara penggunaannya yakni anda harus menginstal plugin nya terlebih dahulu. Buka dashboard blog wordpress anda, kemudian klik menu Plugin > Tambah Baru.
  3. Pada kolom pencarian plugin nanti anda ketikkan quick adsense, maka akan muncul seperti pada gambar berikut quick adsense plugin
  4. Ingat, plugin ini dibuat oleh quicksense, setelah ketemu maka instal dan aktifkan.
  5. Pergi ke pengaturan plugin quick adsense, nah disitu ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk menaruh iklan seperti Beginning Post (awal artikel), Middle (tengah), dan End of post (akhir artikel). Selain itu ada juga tempat menyisipkan iklan secara acak / random.
  6. Untuk anda yang ingin meletakkan kode iklan diatas, tengah, dan akhir artikel, gulir kebawah nanti ada form kosong bertuliskan adsense code ads on post body seperti pada gambar di bawah adsense form
  7. Tempatkan iklan anda disitu, dan disitu anda dibatasi hanya boleh memasang kode iklan sampai berjumlah 10 saja. Memang kalau dipikir pikir adsense memang mewajibkan memasang iklan secara tidak berlebihan.
  8. Untuk mengatur rata kiri, kanan, tengah itu sudah ada pengaturannya di alignment. Ingat : Kode iklan tidak perlu di parse seperti halnya pada blogspot.
  9. Untuk mengatur peletakannya seperti di awal, tengah dan akhir artikel, kembali gulir ke atas. Tentukan iklan yang yang ingin diletakkan sesuai keinginan dengan memilih ads 1 sampai dengan 10 yang tentu saja sudah berisi kode iklannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawahpenempatan kode iklan
  10. Nah jika sudah, gulir ke bagian terbawah dan simpan perubahan. Dan anda telah berhasil memasang kode iklan pada artikel.

Lalu untuk memasang kode iklan adsense di widget bagaimana ya caranya? Tenang saja, ini artikel belum selesai bro. Lanjut ya, yuk simak baik baik.

Cara Pasang Adsense Di WordPress Bagian Widget

  1. Untuk cara pasang adsense pada bagian widget ini sama dengan cara pasang kode iklan di postingan. Dan kode tidak perlu di parse.
  2. Pertama masuk ke Pengaturan > Quick Adsense adsense quick
  3. Lalu nanti akan dialihkan ke dashboard quick adsense, gulir ke bawah sampai menemukan ads on sidebar widget seperti pada gambar di bawah ads on sidenar widget
  4. Nah, masukkan kode iklan adsense milik anda ke kolom yang sudah disediakan tersebut, lalu gulir ke bawah dan simpan perubahan.
  5. Setelah semua perubahan disimpan kembali lagi ke ads on sidebar widget lalu klik tulisan biru yang bertuliskan Drag to sidebar.
  6. Sampai tahap ini kita cuma memasang kode nya saja di sidebar blog, tapi belum memunculkannya. Untuk memunculkannya, buka Tampilan > Widget.
  7. Nanti akan muncul widget baru, lalu drag ke sidebar untuk mengaktifkannya. Lihat gambar drag to sidebar
  8. Nah selesai, anda telah berhasil mengaktifkan sidebar yang berisi kode adsense nya pada blog anda.

Cara Pasang Adsense Di WordPress Dengan Cara Manual

  1. Untuk cara memasang iklan adsense di wordpress ini sama seperti pada blogspot, yakni dengan metode edit html.
  2. Yang berbeda disini bukan edit html, namun editor.
  3. Cara pertama yakni sudah pasti copy kode iklan adsense.
  4. Catatan : Pada WordPress, kode iklan tidak perlu di parse.
  5. Kedua masuk ke blog wordpress anda dan masuk ke editor. Cara nya yakni masuk ke Tampilan > Editor.
  6. Karena disini ada banyak sekali komponen html dan php, anda harus mencari kode iklan tersebut secara manual. Berbeda dengan blogspot yang hanya menggunakan satu file html.
  7. Lalu masukkan kode iklan dimana anda ingin menampilkannya.
  8. Jika anda tidak tahu caranya maka anda bisa belajar dulu cara mengetahui elemen blog dengan inspect elemen.
  9. Nah, sebenarnya cara ini benar-benar bagus, namun jika anda belum bisa menggunakannya saya sarankan untuk menggunakan metode pertama, yakni dengan plugin quick adsense.

Yah, begitulah beberapa metode cara memasang iklan adsense di wordpress dengan mudah dan cepat versi dewailmu. Sebenarnya masih banyak metode lain yang bisa anda gunakan untuk memasang kode iklan adsense pada wordpress. Namun disini saya memberikan cara tergampangnya saja.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda publisher adsense khususnya blogger wordpress. Jangan lupa tetap optimis dan semangat. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar