Istilah Istilah Dalam Trading Bitcoin Yang Wajib Pemain Kripto Tahu!!!

Istilah-Istilah Dalam Trading Bitcoin Yang Wajib Pemain Kripto Tahu!!! – Berbicara mengenai bitcoin, itu merupakan salah satu mata uang digital yang banyak digunakan dan diperbincangkan saat ini. Selain itu, harganya yang mahal menjadi perhatian banyak orang. Dalam trading bitcoin ataupun cryptocurrency, banyak sekali istilah baru yang harus dimengerti.

Khususnya para pemula, pastinya masih banyak yang belum mengenal istilah-istilah yang ada di bitcoin. Sebenarnya tidak bitcoin saja, melainkan ke cryptocurrency karena ini berbicara tentang aset digital dengan menggunakan kriptografi.

Kira-kira ada apa saja istilah dalam trading bitcoin atau kripto?, berikut di bawah ini terdapat beberapa istilah yang wajib pemula ketahui.

Istilah-Istilah Dalam Trading Bitcoin

1. Bitcoin Address

Dalam bahasa inggris address berarti sebuah alamat, dalam trading bitcoin ini memiliki peran untuk menerima maupun mengirim transaksi uang crypto ataupun bitcoin. Ini berwujud berupa deretan alfanumerik.

2. Arbitrase

Arbitrase atau biasa juga disebut dengan arbitrasi ini merupakan sebuah trik yang di mana berfungsi untuk mengambil keuntungan dengan menggunakan perbedaan harga komoditas yang sama pada dua bursa yang berbeda.

Kita ambil contoh mengenai harga btc di bursa A sendiri kisaran 450 dollar sedangkan harga btc di bursa B sendiri adalah 470 dollar. Nah untuk mendapatkan keuntungan maka bisa membeli di bursa A dulu lalu jual di bursa B.

3. ASIC

ASIC merupakan kepanjangan dari Application Specific Integrated Circuit. Ini merupakan sebuah micro chip yang secara khusus didesain untuk aplikasi spesifik tertentu. Dalam blockchain sendiri, Asic ini dibentuk khusus yang di mana berperan untuk aktivitas menambang atau mining mata uang kripto.

4. Consensus

Merupakan sebuah mufakat yang dicapai apabila partisipan dari jaringan blockchain setuju pada validasi transaksi, serta menjamin semua buku besar yang memiliki data sama.

5. Central Ledger

Central Ledger merupakan sebuah buku besar yang dimanajemen oleh agensi pusat.

6. Bullish dan Bearish

Istilah ini juga perlu diketahui dalam trading saham demikian pula pada istilah trading bitcoin. Bullish merupakan keadaan dimana harga aset digital sedang mengalami kenaikan. Sedangkan bearish merupakan keadaan dimana harga aset digital sedang turun.

7. Distributed Ledger

Ini sendiri sebenarnya merupakan sebutan lain dari blockchain, yakni buku besar yang dimana menyimpan berbagai data di jaringan node yang terdesentralisasi.

8. Exchange

Exchange merupakan sebuah website yang di mana menyediakan tempat untuk melakukan jual maupun beli tentunya mata uang kripto dan bitcoin termasuk salah satunya.

9. FUD

FUD  merupakan kepanjangan dari Fear Uncertainty and Doubt. Ini mengandung beberapa unsur kata penting mulai dari ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan.

10. Genesis Blok

Merupakan beberapa blok awal dari blockchain.

11. Mining

Mining atau penambangan merupakan suatu aktivitas menyelesaikan perhitungan matematika atau algorithma tertentu. Yang di mana para penambang akan mendapatkan koin-koin tertentu dari hasil mining. Miningb bisa menggunakan alat sendiri ataupun menyewa alat mining di situs-situs mining.

12. Private Key

Merupakan sebuah kunci pribadi hampir sama seperti PIN ataupun tanda tangan, yang di mana ini berfungsi untuk membuka akses dompet bitcoin kalian. Misalnya saja dompet BTC ataupun ETH.

13. Smart Contact

Istilah berikutnya ada smart contract, ini merupakan aturan bisnis yang sudah ditetapkan dalam suatu program ataupun jaringan. Di bitcoin hal ini begitu diperhatikan, dan jangan sampai gak tahu artinya.

14. Market Taker

Market taker merupakan transaksi jual beli bitcoin dengan cara langsung alias instan.

15. Market Maker

Merupakan transaksi jual beli bitcoin dengan menggunakan teknik order book atau pending order. Jadi kebalikannya market taker ya.

16. Altcoin

Altcoin ini istilah lain untuk tiap koin kripto selain Bitcoin dan Ethereum, meskipun beberapa pemain Bitcoin masih menganggap Ethereum adalah Altcoin. Saat ini sudah tercatat ribuan Altcoin yang tersebar dan diperjualbelikan di bursa kripto.

17. Blockchain

Blockchain adalah sebuah rantai blok atau buku besar bersama, di mana semua transaksi yang pernah terjadi dicatat secara permanen dengan cara menambahkan block.

18. Block

Block adalah paket data yang membawa data yang sudah terekam permanen di dalam jaringan blockchain.

19. Block Height

Block height adalah jumlah blok yang terhubung pada blockchain.

20. Block Reward

Merupakan sebuah bentuk insentif atau penghargaan untuk para penambang yang berhasil memecahkan soal atau algoritma pada suatu blok selama proses penambangan (mining).

21. Block Explorer

Block Explorer merupakan sebutan untuk sebuah tool online pada blockchain yang berfungsi melihat semua transaksi terdahulu dan transaksi saat ini. Selain itu, tool ini juga menyediakan informasi penting, seperti hash rate jaringan dan pertumbuhan transaksi.

22. Circulating Supply

Artinya adalah jumlah suplai koin kripto yang tersedia dan beredar di pasaran.

Baca Juga :

23. Fiat

Merupakan mata uang yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah, seperti Rupiah, Dollar, Euro, Yen, dan lain sebagainya.

24. ICO

ICO atau Initial Coin Offering adalah penawaran koin kripto terawal sebelum dipasarkan secara bebas. Dengan kata lain, ICO ialah konsep populer yang diterapkan para developer atau perusahaan start up untuk mendanai proyek-proyek coin crypto berbasis blockchain.

25. Peer to peer

Merupakan interaksi antara dua pihak atau lebih yang terdesentralisasi. Simpelnya, peserta jaringan peer-to-peer ini berurusan langsung satu sama lain melalui titik mediasi, tanpa perantara.

26. Order Book

Order book merupakan istilah daftar harga jual dan harga beli yang tersedia di market kripto saat ini.

27. Faucet

Merupakan istilah sebagai jasa penyedia bitcoin gratis dalam waktu tertentu. Misalnya freebitcoin

28. Hash

Merupakan sebuah proses matematis yang dapat mengambil sejumlah variabel data dengan menghasilkan output yang lebih pendek. Fungsi hashing sebenarnya untuk memecahkan soaln matematika sulit, sehingga jika ingin mengetahui apa input aslinya maka melihat outputnya terlebih dahulu.

29. Scrypt

Merupakan sebuah proof of work alternatif khusus untuk SHA-256 yang dirancang untuk penambangan menggunakan CPU dan GPU.

30. SHA-256

Merupakan fungsi kriptografi yang digunakan sebagai dasar dari sistem Proof of work.

31. Airdrop:

Koin atau Token yang didistribusikan secara gratis dengan syarat harus menyelesaikan tugas-tugas tertentu, misalnya follow

32. Token

Representasi dari aset digital, yang biasanya berada di atas blockchain lain. Token pada dasarnya dapat mewakili setiap aset yang dapat dipertukarkan dan dapat diperdagangkan, mulai dari komoditas hingga poin loyalitas hingga mata uang crypto lainnya.

Itulah istilah-istilah dalam trading bitcoin dan kripto yang sering dibahas. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, jika ada yang kurang, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *