oleh

4 Penyebab Pengunjung Blog Turun Secara Cepat Dan Tiba-Tiba

4 Penyebab Pengunjung Blog Turun Secara Cepat Dan Tiba-Tiba – Memiliki jumlah pengunjung atau visitor blog yang tinggi dan stabil memang diinginkan sekali oleh banyak pemilik website. Akan tetapi pastinya trafik pengunjung blog tidak akan tinggi terus dan pasti juga akan mengalami penurunan. Memang apabila website kita yang tadinya memiliki trafik yang sangat banyak, dan tiba-tiba turun drastis tentu akan membuat kita khawatir.

Perlu anda ketahui bahwa banyak sedikitnya pengunjung blog terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Entah itu faktor internal dan faktor eksternal. Jadi jika dari faktor internal yaitu bagaimana anda mengelola blog atau website dari dalam, sedangkan untuk faktor internalnya sendiri merupakan faktor dari luar.

Apabila website anda masih dinilai baru entah itu baru berumur 2 sampai 3 bulan, dan 4 bulan itu termasuk website baru saja dibuat. Serta anda tidak perlu khawatir apabila terjadi penurunan pengunjung blog secara drastis. Berbeda artinya apabila blog atau website anda tersebut sudah berumur, dan tadinya visitor bejibun tiba-tiba menurun secara drastis. Nah disitu pasti ada beberapa penyebab yang mungkin belum anda ketahui.

Namun anda jangan khawatir, di bawah ini akan diberikan beberapa uraian dan penjelasan mengenai beberapa penyebab visitor blog turund drastis. Bagaimana penasaran dengan penyebabnya? silahkan simak uraian di bawah ini.

Penyebab Pengunjung Blog Turun Secara Drastis dan Tiba-Tiba

1. Blog Anda Banyak Kata Kunci Musiman / Artikel Musiman

Mungkin diantara anda pernah membuat artikel misalnya saja yaitu kata kata ucapan selamat hari raya idul fitri , nah pastinya artikel tersebut akan ramai pada saat hari raya idul fitri dan view pun akan meroket.

Akan tetapi tiba-tiba setelah hari raya idul fitri sudah lewat, visitor menjadi anjlok dan bahkan sampai tidak ada pengunjung. Nah itulah yang disebut artikel ataupun kata kunci musiman. Maka tak heran jika visitor anda tiba-tiba anjlok dan turun secara drastis.

Maka dari itu jika tidak ingin visitor atupun pengunjung anda turun drastis maka buatlah artikel dengan kata kunci abadi atau keyword abadi. Misalnya saja cara mengatasi batuk, nah pasti setiap harinya ada saja orang yang batuk. Bagaimana paham bukan?.

2. Penyebab Pengunjung Blog Turun Akibat Perubahan Algorithma Google

Algoritma Google

Penyebab yang paling umum dan jarang diketahui oleh banyak orang yaitu penyebab visitor turun dikarenakan algoritma google sedang update. Sering kali kita jumpai, padahal kita update artikel dan setting blog sedemikian rupa seperti tiap harinya, tiba-tiba visitor anjlok dan turun.  Padahal kita sudah berupaya membuat artikel seo friendly dan serp mungkin, namun yaitu karena ada update algoritma semua jadi down.

Pada intinya algoritma google sendiri mengalami update atau pembaharuan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan dari google. Selain itu tiap update an algoritma pun juga berbeda. Misalnya pada tahun 2015 lalu, dimana para blogger harus mengubah template menjadi mobile friendly, agar visitor kembali dan naik lagi.

3. Terkena Penalty Google

Mungkin diantara anda tiba-tiba visitor tidak ada sama sekali dan turun secara drastis dan anjlok pol, coba anca koreksi diri apakah ada kesalahan?. Entah itu membuat artikel dengan copas, spin artikel, plagiat, agc dan masih banyak lainya. Jika anda melakukan hal-hal tersebut maka tak heran terkena penalty google dan pengunjung pada hilang entah kemana.

Biasanya si pemilik artikel akan melaporkan situs anda apabila benar benar sama, dan di take down oleh DMCA . Selain itu google kini juga sudah pintar, situs anda apabila melakukan beberapa pelanggaran, maka kemungkinan besar situs anda terkena Deindex.

Baca Juga : Perbedaan Link Dofollow Dan Nofollow Yang Wajib Anda Ketahui!.

4. Optimasi Seo Berlebihan

berlebihan

Penyebab visitor blog turun secara drastis yang terakhir mungkin dikarenakan anda melakukan optimasi seo berlebihan. Entah itu secara seo off page dan seo on page. Jika anda terlalu banyak mengoptimasinya, walaupun niatnya agar website anda meroket viewnya dan semakin populer, akan tetapi jika berlebihan maka tidak bagus.

Ada pepatah kata hal-hal yang berlebihan itu tidak bagus, maka dari itu jangan sampai berlebihan. Karena jika berlebihan website anda bisa dianggap spam atau webspam.

Jadi itulah mengenai penyebab visitor blog turun, semoa dengan membaca artikel ini, anda semakin mengerti mengenai cara merawat blog yang baik dan bisa membuat pengunjung betah di blog anda. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *