oleh

6 Penyebab Website Lambat Diakses, Pemilik Website Wajib Tau!!

6 Penyebab Website Lambat Diakses, Pemilik Website Wajib Tau!! – Website yang lambat ketika diakses memang sangat menyebalkan, baik bagi pemilik web maupun pengunjungnya. Website yang lambat diakses ini biasa disebut overload. Ada banyak hal yang menjadi penyebab website lambat diakses.

Hal ini bisa dsebabkan karena faktor internal seperti masalah dari website itu sendiri maupun masalah eksternal lainnya. Jika hal ini sudah terjadi maka akan menghambat pekerjaan Anda dan yang lebih parah pengunjung enggan mengunjungi website Anda karena loading yang terlalu lama.

Oleh karenanya mengetahui penyebab website lambat diakses atau overload penting untuk diketahui. Hal ini berguna bagi Anda agar dapat meminimalisir terjadinya overload pada website Anda. Sebab performa sebuah website dilihat dari seberapa ringan atau cepat website tersebut diakses.

Pada umumnya web yang ringan adalah yang mudah diakses dan dapat dibuka secara lengkap dalam hitungn detik. Adapun web yang sulit diakses dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Penyebab Website Lambat Diakses

1. Salah Memilih Layanan Hosting

Cepat tidaknya sebuah web diakses tergantung pada layanan hosting yang digunakan. kesalahan dalam memilih layanan hosting dapat menyebabkan web menjadi sulit diakses. Hosting itu sendiri merupakan space hardisk yang ada di alam omputer server untuk menyimpan database. Layaknya hardisk pada komputer, hosting juga memiliki kapasitas yang bisa dipilih sesuai yang Anda butuhkan.

Pemilihan spesifikasi yang tidak sesuai dengan penggunaan maka bisa menyebabkan web menjadi sulit untuk diakses. Hubungan yang cukup kuat antara layanan hosting dengan akses ke website inilah yang mengharuskan Anda memilih hosting yang tepat ketika membuat sebuah web.

2. Salah Memilih Tema Website

wrong choice

Tema memang dipakai untuk mempercantik tampilan sebuah web. Keberadaan tema dalam sebuah web sangat penting. Namun terkadang pemilihan tema yang salah justru menjadi penyebab website lambat diakses. Hal ini bisa disebabkan karena tema yang dipilih terlalu banyak memiliki widget, javascript dan fitur-fitur lain yang memberatkan sehingga web menjadi sulit diakses.

3. Penyebab Website Lambat Diakses Karena Terlalu Banyak Plugin

Pada CMS seperti WordPress, plugin memang menjadi prioritas yang dibuat pihak ketiga agar tools website menjadi lebih lengkap. Ada banyak plugin yang tersedia seperti akismet, goggle sitemaps, advanced admin menus, all in one SEO Pack, M-v Slider dan masih banyak jenis plugin lainnya. Setiap plugin memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda sesuai dengan yang kita butuhkan.

Namun banyaknya plugin yang terinstal dapat memakan ruang CPU Server. Ketika ruang CPU Server ini penuh maka akan membuat kinerja web menjadi sangat lambat bahkan sulit dijalankan. Untuk menghindari hal ini maka sebaiknya batasi penggunaan plugin yang terinstal di dalam website Anda.

4. Ukuran Gambar Tidak Dikompres

not compressed image

Ukuran gambar dalam web yang terlalu besar bisa menjadi penyebab website lambat diakses. Apalagi jika jumlah gambar yang berukuran besar terlalu banyak, maka hal ini bisa memperlambat kinerja website. Agar website tetap bekerja optimal dan mudh diakses maka sebaiknya lakukan kompress terlebih dahulu sebelum memasukan ke dalam website Anda.

Baca Juga : Penyebab Website Terkena Hack, Wajib Admin Web Ketahui!!!.

5. Penyebab Website Lambat Diakses Karena Trafik Pengunjung Tinggi

Tak hanya faktor dari dalam seperti yang telah disebutkan diatas, faktor dari luar seperti jumlah pengunjung web yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan web sulit diakses. Jumlah pengunjung yang tinggi dalam satu waktu yang sama menyebabkan website menjadi sulit untuk dibuka. Ini sering terjadi pada website-website yang memungkinkan diakses dalam satu waktu yang sama seperti web pendaftaran CPNS dan lain-lain.

6. Koneksi Internet Yang Buruk

internet lemot

Faktor dari luar lainnya yang menyebabkan web menjadi sulit diakses yaitu koneksi internet. Untuk mengkses sebuah website memang dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Apabila koneksi internet Anda tidak stabil maka bisa saja hal itu yang menyebabkan Anda kesulitan untuk membuka website.

Maka jika website yang ingin Anda kunjungi sulit untuk diakses sebaiknya jangan panic terlebih dahulu. Pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil agar akses masuk web menjadi mudah.

Itulah beberapa penyebab website lambat diakses. Pada dasarnya penyebab web yang sulit diakses bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Penyebab faktor internal yaitu dari komponen pendukung website itu sendiri.

Sedangkan dari eksternl atau dari luar yaitu bisa berasal dari pengunjung dan koneksi internet yang buruk. Dengan mengetahui penyebab web sulit diakses maka sudah seharusnya Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi pada website Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *