7 Tips Menentukan Nama Domain untuk Website Anda

Kayeols

Tips Menentukan Nama Domain untuk Website Anda – Nama domain adalah salah satu hal yang paling dasar untuk membuat sebuah web. Apapun itu, untuk membangun website harus memikirkan nama domain dengan benar. Karena jika tidak, hal tersebut akan berdampak buruk ke depan bisnis yang akan dijalankan.

Mengapa banyak para blogger yang gagal?, karena salah satunya mereka tidak bisa memilih nama domain yang tepat. Percaya atau tidak ini faktanya, mereka asal-asalan membuat blog/website, mereka juga masih belum memiliki tekad yang bulat.

Bagi anda yang bingung menentukan nama domain website yang baik dan benar untuk jangka panjang, berikut beberapa tips untuk anda!.

Tips Menentukan Nama Domain untuk Website Anda

1. Jangan Menggunakan Tanda Hubung (-)

tanda hubung domain

Nama domain kurang profesional menurut saya jika menggunakan tanda hubung. Biasanya, nama seperti ini dianggap spam atau bahkan phising.

Baca Juga:  2 Cara Menghilangkan Titik Hitam Pada Blog Paling Mudah

Lihat, online shop yang terkenal mereka tidak pernah menggunakan tanda hubung dalam nama domainnya. Meskipun terdiri dari 2 kata, mereka lebih memilih langsung menyambung katanya tanpa tanda hubung (-).

2. Menggunakan Kata yang Mudah Diingat

Alangkah lebih baik jika nama domain untuk website ini memilih kata-kata yang familiar yang mudah orang lain ingat. Namun, sesuaikan dengan bisnis apa yang akan kamu jalankan, ya!

Misalnya, anda suka dengan sepak bola dan ingin memasarkan produk seperti jual beli peralatan sepak bola. Nah, anda bisa mencari nama domain seperti GaleriBola.Com, BolaShop.Com, dan Sport.Com.

Baca Juga:  5 Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Paling Lengkap

Baca Juga :

3. Jangan Menggunakan Nama Sendiri

nama pribadi

Tips menentukan nama domain selanjutnya adalah jangan menggunakan nama diri sendiri. Hal ini karena akan lebih sulit menarik perhatian seseorang meskipun cepat terkenalnya.

Misalnya, nama saya wawan agusti. Jika dibuat nama domain bisnis akan menjadi Wawanagusti.com, tentu akan kurang memikat konsumen. Walaupun kata tersebut mudah diingat oleh semua orang.

4. Menggunakan Nama Kota

Kebetulan saya berasal dari Jombang, Jawa Timur yang terkenal dengan Kota Santri. Jadi, ini akan lebih menarik lagi jika nama domain yang saya buat mewakili kota jombang.

Misalnya, bernama KotaSantri.com, “TempatSantri.com, dan SantriOlshop.com. Nama domain seperti ini cocok bagi anda yang ingin membuat blog travel.

5. Menggunakan Domain .com

domain com

Mengapa sih dari tadi saya selalu membuat contoh nama domain dengan eksistensi .com?. Begini, menurut riset yang saya baca di ranking alexa bahwa domain .com menjadi urutan 10 besar disana yang sukses.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Praktis Lengkap

Dimana ekstensi domain ini sangat populer di berbagai kalangan. Dan sudah terbukti para perusahaan startup yang sukses dan onlineshop juga menggunakan ekstensi domain tersebut.

6. Selipkan Kata Kunci jika Memungkinkan

Untuk poin ini, contohnya jika anda ingin membuat website seputar android, anda bisa memilih nama domain seperti androidphone.com, jika anda ingin membuat website travel, nama domain yang cocok seperti jogjatravel.com, dan contoh lainnya.

7. Pilih Nama Domain Sependek Mungkin

Yang perlu anda ingat, jangan pernah memilih nama domain yang panjang, karena itu buruk dan susah diingat. Pilih domain dengan nama yang pendek, agar bisa anda jadikan brand dan memiliki kata kunci terkait bisnis anda.

Memang sulit untuk mencari domain seperti ini, namun anda akan tetap bisa menemukannya jika anda bisa melihat peluang.

Nah, jadi itulah beberapa tips menentukan nama domain untuk website dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika anda memiliki pendapat lainnya tentang memilih nama domain, tulis di bawah ya!.

Sekian artikel ini, dan terima kasih!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

2 pemikiran pada “7 Tips Menentukan Nama Domain untuk Website Anda”

  1. Saya mempertahankan domain .ID yang pernah saya beli 2 tahun yang lalu gara2 blog ini menggunakan domain .ID wkwkwk… menurut saya kalo mau target pengunjung indonesia bagusnya pake .ID ya mas seperti blog ini….

Tinggalkan komentar