Perbedaan GPT dan MBR pada Partisi Hard Disk (HDD)

Kayeols

perbedaan gpt dan mbr pada partisi hdd

Perbedaan GPT dan MBR pada Partisi Hard Disk –ย Istilah GPT dan MBR ini sering kita temui dalam dunia teknologi komputer, namun masih banyak yang tidak mengerti tentang istilah tersebut.

Mungkin anda yang sering oprek laptop, pc, maupun komputer lama, pasti anda sudah mengetahuinya. Namun bagaimana dengan orang awam yang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah bermain laptop/pc?, pastinya tidak tahu.

Nah, bagi anda yang belum tahu mengenai GPT dan MBR, pada penjelasan kali ini saya akan menerangkan kedua hal tersebut secara lengkap, simak ya!.

Perbedaan GPT dan MBR pada Partisi Hard Disk

A. Pengertian

1. MBR

MBR adalah singkatan dari Master Boot Record, yaitu tipe spesial dari boot sector ketika hard disk komputer pertama kali dilakukan partisi.

Sistem partisi ini sudah cukup lama dikenal, yakni sejak tahun 1983, dan sistem partisi ini hanya dapat men-support maksimum penyimpanan sebesar 2 TB saja.

Sedangkan seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan HDD sekarang sudah banyak yang lebih dari 2 TB, maka dari itu beberapa proses dari MBR ini sudah mulai tergantikan oleh dengan GPT .

Pada MBR terdapat suatu table partisi yang tersusun dari:

  • Primary Partition: merupakan tipe partisi utama pada hard disk yang melakukan proses booting untuk masuk ke dalam sistem operasi. Jumlah partisi primary terbatas hanya 4 saja dalam tiap-tiap harddisk.
  • Extended Partition : bagian dari partisi utama yang berfungsi untuk merangkap sebagai partisi logik. Jumlahnya hanya ada 1 di setiap hdd.
  • Logical Partition : partisi yang letakya di dalam partisi extended dan tidak dapat menjalankan proses booting serta hanya dapat menyimpan data saja. Sedangkan jumlahnya tidak terbatas pada setiap harddisk.

2. GPT

GPT adalah singkatan dari GUID Partition Table,ย yakni standar untuk layout dari tabel partisi pada hard disk, menggunakan Global Unique Identifier (GUID).

Sistem partisi ini dikembangkan oleh intel dan merupakan teknologi baru untuk menggantikan MBR karena dinilai sekarang kurang efektif.

Baca Juga :

B. Perbedaan

PembedaMBRGPT
Partisi utama4128
Kapasitas penyimpanan maksimalHanya mampu menyimpan data sebesar 2TB (Terabyte)mampu menyimpan data sebesar 9.4 ZB (Zettabyte)
Penggunaan padaSemua sistem operasi.Hanya OS tertentu, seperti windows XP 64 bit.
KinerjaMengorbankan satu partisi sebagai extended.GPT bisa mengoptimalkan semua partisi primary yang ada di dalam disk untuk bisa bekerja sama
Penyimpanan OSTempat penyimpanan mengenai sistem operasi dan partisi hanya bisa dilakukan oleh sektor utama.Sedangkan pada GPT, informasi yang sudah disimpan bisa dibackup lebih dari satu kali.
Mode BootLegacyUEFI
KeamananSektor data tidak menggunakan checksumSektor data menggunakan checksum CRC32 dan tabel partisi GUID cadangan.
Nama PartisiTersimpan pada partisiID GUID unik disertai dengan nama 36 karakter.
Dukungan MultibootKurang mumpuniBagus, dengan entri boot loader dalam partisi terpisah.

Nah, jadi itulah perbedaan gpt dan mbr lengkap dengan pengertiannya. Dengan mengetahui informasi di atas, anda yang belum tahu, pastinya sudah tahu.

Melihat kelebihan dan kelemahannya secara keseluruhan, GPT cenderung lebih unggul karena sistem terbaru. Untuk memilih, saya kembalikan kepada pribadi masing-masing.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

41 pemikiran pada “Perbedaan GPT dan MBR pada Partisi Hard Disk (HDD)”

  1. Hmm, baru tahu pengertian CTR Adsense yang sebenarnya. Tks untuk pencerahannya gan. Sukses selalu ?

  2. Thanks gan infonya,,.. mungkin nanti kalo udah daftar adsense bisa lebih tambah wawasan lagi

  3. Kalau dari pengalaman blog sYa ctr 20%an masih aman
    Diatas itu was2 minta bantu bw aja yang banyak biar turun hahahah

  4. Kalau untuk mengetahui aman tidaknya ctr itu hitungnya ctr rata2 per minggu apa per hari gan?

  5. Betul mas, kalau CTR besar bisa-bisa kena banned kalau ketahun telah terjadi kecurangan. ๐Ÿ™‚

  6. Gan kalo kita sering mengklik punya kita sendiri namun kita tidak memasukan akun google kita Apakah views tersebut dihitung balik ?

  7. Terkadang blog saya PVnya 300 – 800/ day
    tapi penghasilannya minim gan, adakah agar penghasilannya nambah?

  8. Mantap wan…,sekedar saran ae… Pokoke iklan ojo sampek nutupi artikel n memaksa utk klik iklan/close…pengunjung gag betah nkog…iki wes bagus…iklan akeh tp tertib…joos wan…

  9. Berati dibawah 10% masih angka aman ya gan?
    Kalo berkenan, mohon review dan saran nya untuk blog pemula ane gan wadagizig dot com
    Matur nuwun..

  10. Saya pakai blog safelink buatan sndri gan! Krna blog download sya kurang aman di isi adsense!! CTR per hari rata” 2-6% masih aman kan ya?

Tinggalkan komentar